Bagikan!

5 Penyebab Aki Mobil Tekor Padahal Baru!

penyebab aki tekor padahal baru

Aki mobil termasuk komponen penting dalam kendaraan, terutama mobil. Kalau aki tekor, mobil bakal susah distarter, lho. Kok bisa? Karena fungsi utama aki adalah ajadi sumber energi yang menyuplai energi listrik ke semua sistem dan komponen mobil. Lantas, apa sih penyebab aki mobil tekor padahal baru

Pemicunya memang nggak melulu soal aki Bosque. Kondisi aki masih baru sekalipun juga bisa mengalami mogok fungsi. Jadi, sangat disayangkan kalau harus beli baru lagi, apalagi harga aki mobil nggak bisa dibilang murah. Mau tahu penyebabnya? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Pentingnya Aki Mobil

Aki mobil (ACCU) adalah salah satu komponen penting sebagai sumber daya listrik untuk menghidupkan mesin kendaraan. Selain itu, aki akan beri daya buat komponen elektronik lain. Contohnya AC, lampu, dan radio. Jadi, peran aki nggak bisa diabaikan pengguna mobil. 

Apabila komponen aki bermasalah, risikonya mesin mobil nggak bakal bisa hidup. Soalnya, aki bakal jadi penggerak motor starter, tentu aliran energi aki akan mengalir ke sistem starter. Jadi, kalau mobil susah distarter, coba periksa lagi aki dan konektor penghubungnya. 

5 Alasan Aki Mobil Tekor Padahal Baru

Aki mobil yang baru ternyata juga bisa mendapat masalah, lho. Terus, apa aja sih penyebab aki mobil tekor padahal baru? Ini beberapa di antaranya!

1. Busi Aus dan Kotor

Mobil Bosque susah distarter? Ternyata busi aus dan kotor bisa jadi penyebab aki mobil tekor padahal baru, lho. Pasalnya, busi komponen penting waktu proses pembakaran dalam sistem mobil. Kalau busi aus dan kotor, kinerja pembakaran mesin nggak bisa maksimal.

Hasilnya, percikan api mulai menurun, mobil pun sulit buat nyala. Busi kotor bisa disebabkan karena buruknya kualitas bahan bakar yang Bosque pakai. Kalau kemampuan busi melemah, sebaiknya Bosque persiapkan diri untuk mengganti busi yang layak pakai.

2. Kabel dan Koil Tidak Berfungsi

Indikasi aki mobil mudah tekor bisa karena kabel dan koil nggak berfungsi. Akibat pemasangan kabel yang nggak benar, aliran listrik bisa terhenti. Bahkan, bisa terjadi korsleting yang membahayakan pengguna, lho. Jadi, Bosque sebaiknya fokus buat perbaikan kabel sistemnya.

Koil termasuk komponen menggandakan tenaga arus listrik dengan jumlah sangat besar menuju aki. Hasil percikan api pada busi termasuk upaya koil memutuskan aliran listrik secara tiba-tiba. Kalau terjadi kondisi mobil susah distarter, tenaga lemah, suhu mesin panas seketika mobil mati, berarti koil harus Bosque ganti. 

Baca juga; Cara Mengetahui Kode Produksi Aki Mobil dan Motor

3. Udara Terperangkap

Mobil Bosque bermesin diesel? Masih susah distarter padahal aki baru? Mungkin ini terjadi karena kondisi udara terperangkap dalam saluran bahan bakar mobil. Akibatnya, bahan bakar yang masuk berkurang. Jadi, proses pembakaran nggak bisa optimal dan mesin mobil jadi susah Bosque starter.

4. Masalah Bahan Bakar

Penyebab aki mobil tekor padahal masih baru lainnya adalah karena aliran bahan bakar nggak lancar. Jadi, bahan bakar nggak terdistribusi sempurna dari tangki ke mesin mobil. Kalau mobil susah distarter di kondisi dingin, berarti fuel pump melemah. Ketidaksesuaian bahan bakar juga bisa jadi penyebabnya. 

5. Dinamo Rusak

Dinamo yang rusak akan buat mobil susah distarter meski akinya masih baru. Biasanya terjadi kalau ada pemasangan aksesoris mobil yang harus pakai aki secara berlebihan.

Baca juga; Panduan Cara Melepas & Memasang Aki Mobil yang Benar

4 Tips Memasang Aki Mobil Baru

Nah, kalau sudah tahu penyebab aki mobil tekor padahal baru, berikut tips pemasangan aki mobil baru yang bisa Bosque ikuti:

1. Lepaskan Aki Lama 

Pertama, matikan mesin mobil. Lalu, lepas aki dengan buka kap mobil. Lepaskan kabel, klem, baut kutub negatif dan positif biar nggak konslet. Setelah itu, angkat aki tegak lurus, agar cairan di dalamnya nggak tumpah. Lalu, perhatikan kabel dan klem aki. Kalau kelihatannya berkarat, maka bersihkan dulu.

2. Pasang Aki Tegak Lurus 

Letakkan aki secara tegak lurus. Lalu, pasang kabel positif ke terminal positif, begitupun kabel negatif. Tujuannya biar terhindar dari percikan api di kutub positif.

3. Pasang Kabel Positif dan Negatif 

Perhatikan pemasangan kabel positif dan negatif. Soalnya, meski pemasangan sudah benar masih ada kemungkinan percikan api muncul. Tapi, Bosque nggak perlu khawatir. Soalnya, kalau kepala kaki sudah terpasang, percikan bakal berhenti.

4. Pengecekan Kabel dan Klem 

Cek kabel dan klem terpasang dengan benar. Kalau keduanya ada yang kendor, otomatis mobil nggak bakal menyala. Selesai, aki terpasang dengan baik, coba nyalakan mesin mobil. 

Baca juga; 7 Rekomendasi Toko Aki Mobil Terdekat dan Terpercaya

promo pelanggan baru cakra motor 11

Sudah Tahu Penyebab Aki Mobil Tekor Padahal Baru?

Setelah tahu penyebab aki mobil tekor padahal baru dan tipsnya. Jangan cemas, Bosque! Bosque tinggal cari tahu dulu penyebabnya. Nah, kalau mau pasang aki mobil baru, coba cek aja Cakra Motor 11. Sebagai bengkel berpengalaman, ada banyak banget pilihan jenis aki berkualitas dan bisa Bosque pilih sesuai kebutuhan.

Cakra Motor 11 memang jadi bengkel spesialis aki dan oli yang sudah berdiri sejak 1990. Cabangnya juga sudah banyak tersebar. Karena memprioritaskan kepuasan pelanggan, produknya sudah terjamin berkualitas dengan pelayanan terbaik. Nggak perlu ragu-ragu! Yuk, beli aki di Cakra Motor 11 sekarang!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait