Bagikan!

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusi Mengatasinya

ventilator ac mobil

Air conditioner atau AC berfungsi sebagai pengontrol suhu di dalam ruangan, termasuk di kabin mobil. Keberadaan AC di dalam mobil ini akan meningkatkan kenyamanan saat berkendara, khususnya saat musim panas.

Sama seperti mesin, AC di dalam mobil juga bisa mengalami masalah, seperti tidak dingin atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Lantas, apa penyebab AC mobil tidak dingin? Simak rangkuman artikel berikut ini!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin beserta Solusinya

Berhentinya fungsi kinerja AC di dalam mobil dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut 10 penyebab AC di dalam mobil tidak dingin yang perlu Bosque ketahui.

1. Kompresor Mobil Rusak

Penyebab pertama adalah kompresor mobil yang mengalami kerusakan. Perlu Bosque ketahui, kompresor bertanggung jawab untuk mengkompresikan freon atau refrigerant AC mobil.

Jika AC tiba-tiba tidak dingin, bisa saja kompresor mengalami kebocoran atau terdapat komponen lain yang gagal beroperasi, sehingga kompresor tidak berfungsi dengan baik.

Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah mengganti kompresor mobil secepat mungkin dengan kompresor yang berkualitas.

2. Kurangnya Kadar Freon

AC mobil yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh kurangnya kadar freon pada sistem AC. Freon adalah komponen pada mobil yang berwujud senyawa kimia dan berfungsi menyerap panas dari udara.

Jika kadar freon berkurang, maka hal tersebut bisa mengganggu kinerja AC di dalam mobil. Bosque bisa mengatasi penyebab AC mobil tidak dingin tersebut dengan mengisi freon secara teratur dan sesuai dengan takaran.

3. Belt Kompresor Putus

Belt kompresor bekerja untuk menggerakkan kompresor AC, sehingga bisa menghasilkan udara yang dingin. Nah, jika belt kompresor mengalami masalah seperti putus, maka kompresor tidak bisa bekerja dengan baik.

Solusi yang bisa Bosque lakukan adalah mengganti belt kompresor yang sudah rusak. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi belt kompresor.

Baca juga; Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

4. Tekanan Udara

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah tekanan udara yang kurang tepat. Kelembaban yang cukup tinggi di dalam mobil bisa mengurangi kinerja AC. Solusinya adalah mengurangi kelembaban atau tekanan udara di dalam mobil menggunakan pengering udara pada AC.

5. Kipas AC Tidak Berfungsi

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik juga menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil tidak dingin. Sebab, komponen satu ini bekerja untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Jika kipas pada AC tidak berfungsi, maka udara dingin tidak menyebar secara merata.

Bosque bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara memperbaiki kipas AC atau menggantinya dengan produk yang baru.

6. Filter Kabin Kotor

Seperti namanya, filter di dalam kabin mobil berfungsi sebagai penyaring udara dari luar yang masuk ke dalam kabin mobil. Jika filter kabin kotor karena debu yang menumpuk, maka sirkulasi udara di dalam mobil tidak berjalan lancar dan menurunkan kinerja AC.

Agar filter kabin tetap bersih, Bosque harus rutin membersihkan atau mengganti filter kabin secara teratur.

7. Thermostat Mengalami Gangguan

Penyebab lainnya adalah gangguan pada thermostat, yaitu salah satu komponen AC mobil yang bekerja mengatur sirkulasi cairan pendingin dari radiator dan mencegah mesin overheat.

Jika komponen penting ini mengalami gangguan, kinerja AC bisa mengalami penurunan dan sirkulasi udara dalam kabin mobil menjadi tidak dingin.

Solusi tepat untuk mengatasi gangguan pada thermostat adalah memperbaiki atau menggantinya secepat mungkin.

8. Pendingin Evaporator Tersumbat

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah terjadi penyumbatan pada pendingin evaporator, yaitu komponen penting pada AC yang bekerja menyerap udara panas, lalu mengubahnya menjadi udara dingin.

Jika komponen satu ini mengalami masalah seperti tersumbat, udara panas dalam kabin mobil tidak akan terserap dengan baik. Solusi yang bisa Bosque lakukan adalah rutin membersihkan evaporator dari debu dan kotoran.

9. Terjadi Kerusakan pada Komponen Elektrikal

Komponen elektrikal memiliki peran penting, salah satunya mempermudah kinerja AC mengalirkan udara dingin secara merata ke dalam kabin mobil.

Jika komponen elektrikal pada AC mengalami masalah atau kerusakan, AC tidak akan bisa mengalirkan udara dingin dengan optimal. Komponen elektrikal yang sering mengalami masalah adalah relay atau kabel terputus.

Tidak perlu khawatir, Bosque bisa memperbaiki komponen elektrikal AC yang rusak tersebut atau menggantinya dengan komponen yang baru.

Baca juga; 5 Rekomendasi Merk Filter AC Mobil yang Bagus

10. Celah Centerpiece Terlalu Lebar

Penyebab AC mobil tidak dingin terakhir adalah adanya celah terlalu lebar pada centerpiece

Perlu Bosque ketahui dulu, magnetic clutch atau kopling pada kompresor AC berfungsi sebagai penghubung putaran mesin. Jika kopling magnet ini mengalami masalah, seperti tidak bisa menarik centerpiece atau armature assembly dengan baik, maka bisa menimbulkan overheat pada kompresor mobil.

Ketika terjadi celah yang lebar pada centerpiece saat AC hidup, biasanya akan timbul bunyi dan mengalami selip. Nah, ketika kompresor mengalami overheat, maka sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik karena udara yang keluar dari AC tidak dingin.

Bosque bisa mencegah masalah tersebut dengan memeriksa komponen AC secara rutin. Jika sudah mengalami kerusakan, segeralah untuk memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru agar AC kembali berfungsi dengan optimal.

Jangan Lupa Rawat AC secara Rutin agar Berfungsi Optimal!

AC mobil memiliki peran penting dalam memberikan kenyaman saat berkendara. Jika komponen satu ini mengalami masalah, maka kenyamanan saat berkendara di cuaca yang panas akan sangat terganggu.

Ada banyak penyebab AC mobil tidak dingin, salah satunya adalah kerusakan pada komponen-komponen di dalam AC. Agar AC tetap bekerja optimal, Bosque bisa memeriksa dan melakukan perawatan secara rutin.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait