Bagikan!

Pengalaman Pertama Merawat Mobil? Simak Trik dan Tips Ini!

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba

Memiliki mobil merupakan suatu impian bagi kebanyakan orang. Berpergian dengan nyaman dan aman tidak kehujanan maupun kepanasan, berkendara dengan lintas jalur yang memiliki jarak dekat hingga jauh sekalipun sampai  ke luar kota. Tetapi kenyamanan dari mobil yang kita pergunakan sangat sia-sia jika tidak dirawat dengan baik, perlu banyak hal yang harus kamu ketahui dalam merawat mobil, apalagi jika mobil itu adalah mobil pertamamu.

Manfaat dari merawat mobil sangatlah banyak, selain karena penggunaan mobil dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang, harga mobil mengalami penurunan serta kenaikan. Mobil-mobil antik yang dirawat dengan baik membuat harga jual melonjak, terlebih lagi jika usia mobil tersebut sudah berumur namun mesin tetap dalam kondisi yang prima. Jika suatu hari kamu berkeinginan mengganti mobilmu dan menjual mobil yang lama tidak perlu khawatir, karena melakukan perawatan mobil dengan sangat baik, sehingga harga jual dari mobil tersebut tidak terlalu mengalami penurunan.

Apa saja yang perlu kamu lakukan dalam merawat mobil? 

Memilih Bahan Bakar yang Sesuai

isi tangki mobil penuh

Suatu yang baik belum tentu sesuai, maka pilihlah yang sesuai, karena tentu akan menjadi yang terbaik. Seperti halnya memilih bahan bakar untuk mobilmu, pilihlah jenis bahan bakar yang sesuai dengan mobil yang kamu miliki.

Sering kali menggunakan alasan hemat dengan memutuskan menggunakan bahan bakar yang lebih murah, padahal hal tersebut bisa berdampak kerusakan mesin dikemudian hari dan mengakibatkan pengeluaran yang bertambah. Bukan menghemat, justru membuat pengeluaran membengkak. Oleh karena itu, penting pula saat membeli mobil dan mempertimbangkan biaya perawatannya.

Mengganti Oli

sae oli mesin diesel

Merawat mobil tidak hanya sekedar melakukan pengisian bahan bakar saja, tetapi perlu juga merawat serta mengganti yang rusak. Seperti mengganti oli beserta komponen penyaring yang berfungsi menjaga keawetan mesinnya.

Fungsi oli sebenarnya sangatlah banyak, oli memiliki peranan penting agar tidak terjadi gesekan antara komponen lainnya pada mesin. Oli pada kendaraan juga berfungsi menjadi pendingin mesin dan untuk para pengguna mobil baru diharpkan untuk tidak telat mengganti oli mesin, dengan melihat anjuran yang diberikan pada buku manual yang tertera.

Penggantian Aki Secara Berskala

gimana caranya jumper aki mobil

Seberapa penting aki pada mesin mobil? Mobil yang berbahan bakar bensin pada proses pembakarannya dibantu oleh aki. Lalu kemana hasil pembakaran tersebut? Hasil pembakaran akan menjadi sebuah tenaga dan membuat mesin bergerak.

Aki juga berfungsi menyimpan listrik yang dibutuhkan untuk audio system di mobil serta lampu pada bagian interior mobil. Karena fungsinya yang banyak, aki juga perlu diganti kurang lebih dua sampai tiga tahun.

Memeriksa Rem Mobil

Tentunya kamu sudah mengetahui apa fungsi rem bagi kendaraan, tanpa adannya rem maka mobil tidak akan bisa berhenti dengan sempurna.

Pengecekan rem secara berskala dapat membantu stabilitas mobil dengan baik, jadi sering-seringlah untuk melakukan pengecekan secara rutin. Pengecekan rem pada mobil baru dapat disesuaikan dengan jadwal service pertama yang dilakukan.

Mengisi Air Radiator

isi air radiator

Air radiator atau sering disebut coolant berfungsi sebagai pendingin bagi mesin mobil yang memanas, sehingga dengan memastikan jumlah air cukup maka tidak membuat mesin ngebul atau sampai berasap akibat kepanasan.

Perawatan yang optimal untuk mobilmu tentu tidak akan sia-sia, membuat nyaman, aman dan keselamatan yang begitu penting untuk kamu dapatkan. Sudahkah kamu merawat mobilmu?

cakra motor 11

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait