Bagikan!

Rekomendasi Oli Mobil Suzuki Ertiga

oli mobil suzuki ertiga

Oli Mobil Suzuki Ertiga – Di jalanan tentu Anda sering melihat mobil Suzuki Ertiga berlalu lalang. Ini adalah mobil MPV yang sangat populer di kalangan keluarga Indonesia, diproduksi pabrikan Jepang, Suzuki, sejak tahun 2012. Nama Ertiga istimewa karena sebagian diadaptasi dari bahasa Indonesia; Er (dari huruf R) memiliki arti row (baris) dan Tiga yang berarti angka tiga; artinya mobil ini mempunyai tiga baris di kabinnya dengan kapasitas tujuh orang penumpang dewasa seperti MPV (Multi-Purpose Vehicle).

Dalam artikel kali ini kita akan sedikit menyinggung sejarah perkembangan Suzuki Ertiga sebelum membahas rekomendasi oli dan tips memilih oli yang baik untuk mobil Suzuki Ertiga. Langsung saja kita simak bersama yuk!

Perkembangan Suzuki Ertiga

oli mobil suzuki ertiga
Sumber : Suzuki.co.id

Seperti semua mobil lainnya, Suzuki Ertiga juga berevolusi dari waktu ke waktu. Suzuki Ertiga lahir dalam bentuk mobil konsep bernama R-III yang dipamerkan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, kemudian ditampilkan ke perdana secara global di ajang Auto Expo 2012 di New Delhi pada awal Januari 2012 dengan nama resmi Suzuki Ertiga.

Di Indonesia, Suzuki Ertiga ditawarkan dalam tiga varian, yaitu GA sebagai varian termurah, GL sebagai varian menengah, dan GX varian termahal. Sayangnya, ketiga varian Ertiga ini hanya mengusung transmisi manual lima percepatan dan tak memiliki AC double blower. Banyak kalangan berpendapat andai kala itu Suzuki Ertiga sudah menggunakan transmisi otomatis alias matic, maka penjualannya pasti akan jauh lebih meningkat.

Meski begitu, Suzuki Ertiga ternyata mampu memberikan tantangan sengit untuk mobil MPV yang sudah lama berjaya di Indonesia, Toyota Avanza. Banyak pemilik Avanza yang menjual mobilnya dan berpindah ke Ertiga menurut pengakuan para pedagang mobil bekas. Konon penyebabnya adalah karena mereka merasa fitur keselamatan Ertiga lebih komplit daripada Avanza, salah satunya adalah fitur kunci immobilizer, sementara Avanza masih menggunakan sistem remote alarm yang sudah mulai ketinggalan zaman.

Suzuki kemudian bergerak cepat dengan memperkenalkan varian Ertiga bertransmisi otomatis dengan AC double blower untuk tipe GL dan GX. Transmisi matic ala Ertiga ini masih konvensional dengan empat percepatan. Dan untuk membedakan antara Ertiga yang sudah punya AC double blower dan yang belum, Suzuki memberi sentuhan krom pada grilnya.

Tiga tahun kemudian, Suzuki Ertiga mulai melakukan perombakan alias facelift. Gril, velg, dan lampu belakang dibuat dengan dipasangi tambahan reflektor. Namun sayangnya bagian kabin tidak ada perubahan. Suzuki Ertiga lantas melahirkan varian baru bernama Suzuki Ertiga Dreza yang menjadi Ertiga termahal dan termewah. Mesin dan desain secara keseluruhan mengalai perubahan signifikan.

Tak berhenti sampai situ, Suzuki Ertiga lalu meluncurkan varian Ertiga bermesin diesel berkapasitas 1.248 cc dengan sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle from Suzuki) yang mempunyai tenaga sebesar 88 dk, tapi torsinya mencapai 200 Nm! Eksterior dan interior Ertiga biasa dengan Ertiga diesel sama saja, hanya beda emblem saja. Hanya ada satu varian Ertiga diesel dan bertransmisi manual lima percepatan.

Suzuki lantas memperkenalkan All New Ertiga di ajang Indonesia international Motor Show (IIMS) 2018. Tampilannya lebih stylish dan mewah dengan tambahan beberapa fitur di berbagai sisi bodi. Dimensinya lebih besar, mesinnya ditingkatkan, dan interiornya juga dirancang semakin berkelas. All New Ertiga juga lebih irit bahan bakar meski mesinnya bertenaga besar. All New Ertiga mendapat respons yang cukup baik dari masyarakat Indonesia.

 

Baca Juga : Toko Oli Tanjung Duren Yang Recommended

 

Rekomendasi Oli Mobil Suzuki Ertiga

oli mobil suzuki ertiga
Klik Gambar Untuk Membeli dan Klaim Gratis Ongkir 100%

Suzuki Ertiga membutuhkan oli yang berkualitas dan bisa beberapa macam, seperti SAE 0W, 5W, 10W, 15W sampai 40W. Panduan tentang tentang oli Ertiga ini bisa dibaca dari buku manual (panduan) dari pabrikan mobil. Anda juga bisa bertanya pada mekanik dari bengkel kepercayaan Anda.

Yang pasti, pilihlah oli asli Suzuki untuk mobil Suzuki Ertiga karena ini adalah yang paling direkomendasikan oleh pihak pabrikan Suzuki. Anda juga bisa mencoba merk lain, tapi pastikan Anda sudah mengetahui resikonya. Dan rekomendasi oli terbaik untuk Suzuki Ertiga adalah:

No Oli Mobil Suzuki Ertiga Harga
1 SUZUKI GENUINE OIL 10W40 6X4LT (4L) Rp. 300.000
2 SUZUKI GENUINE OIL 5W30 6X4LT (4L) Rp. 300.000
3 SUZUKI GENUINE OIL FULL SYNTHETIC 5W30 6X4LT (4L) Rp. 400.000

Oli yang bagus adalah oli yang tepat, artinya sesuai dengan spesifikasi mesin. Misalnya, All New Suzuki Ertiga 2017 disarankan memakai oli SGO 0W-20 sesuai buku pedoman.

Memelihara oli sebenarnya tidaklah susah dan bisa dilakukan semua orang, caranya cukup lakukan servis mobil berkala, patuhi rekomendasi pabrikan mobil, ikuti spesifikasi oli yang disarankan di buku manual dan di kap mesin mobil. Pilih oli yang sesuai spesifikasi, tidak perlu berlebihan, tapi juga jangan sampai di bawahnya.

Para pemilik Suzuki Ertiga wajib mengikuti jadwal rutin servis berkala agar performa mesin kendaraan mereka tetap prima. Pasalnya, sebagus apapun oli yang dipakai bila perawatan jarang dilakukan maka performa mobil akan tetap mengecewakan. Anda bisa melakukan servis berkala ini di bengkel Suzuki atau di bengkel umum yang sudah terpercaya, seperti Cakra Motor 11.

Selalu teliti oli yang akan Anda beli. Jangan sampai tertipu membeli oli palsu yang banyak beredar, terutama di tempat-tempat yang tidak jelas. Oli palsu dibandrol lebih murah dari oli asli pada umumnya, jadi jangan mudah tergiur dengan harga murah. Selalu beli oli dari tempat-tempat terpercaya yang hanya menjual produk-produk ori.

Beli Oli? Langsung ke Cakra Motor 11!

oli mobil suzuki ertigaCakra Motor 11 adalah spesialis aki dan oli mobil yang sudah dipercaya banyak orang selama 30 tahun lebih. Mereka membuka cabang di lima tempat di Jabodetabek dan melayani pelanggan dari daerah lain melalui toko resminya di Tokopedia. Cakra Motor 11 menyediakan bermacam tipe dan merk aki serta oli yang dijamin keasliannya.

Cakra Motor 11 memberikan layanan maksimal kepada para pelanggannya. Jika aki Anda soak atau bermasalah atau Anda ingin ganti oli, langsung saja datang ke alamat bengkel Cakra Motor 11 yang tertera di bawah situs ini. Anda tak akan kecewa karena mereka emiliki staf yang ramah dan berpengalaman sehingga pengerjaan servis mobil Anda bisa dilakukan dengan cepat.

Bila Anda ingin menanyakan ketersediaan produk tertentu atau ingin berkonsultasi dari jarak jauh, Anda bisa menelepon mereka. Dan bila Anda malas keluar rumah, Cakra Motor 11 memberikan layanan antar di area Jakarta, Depok, dan Tangerang. Untuk pemesan via Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11), Cakra Motor 11 memberikan fasilitas gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Menarik sekali kan? Ayo segera bawa mobil Anda ke Cakra Motor 11. Untuk informasi lengkap tentang produk atau bagi anda yang ingin berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait