Oli Gardan Mobil – Oli gardan adalah oli transmisi yang membantu mempermudah pergantian gigi pada mobil. Dalam dunia otomotif, istilah oli gardan sudah terdengar familiar. Namun, istilah gardan akan terdengar asing bagi sebagian orang yang baru saja terjun ke dalam dunia otomotif. Biar kamu nggak bingung, yuk simak penjelasan dan cari tahu lebih dalam soal oli gardan lewat artikel ini.

Gardan dan Fungsi Oli Gardan Mobil

Tahu nggak sih kamu saat membelokan mobil, kecepatan roda kanan dan roda kiri harus berbeda? Nah, komponen yang mengatur kecepatan roda saat mobil berbelok ini adalah gardan. Kalau nggak ada gardan, yang terjadi adalah roda kiri dan roda kanan akan berputar dengan kecepatan yang sama.

Saat mobil berbelok ke kiri, maka roda kiri akan berputar lebih sedikit dibandingkan roda sebalah kanan. Begitu pula sebaliknya. Komponen gardan ini akan berjalan kalau dia sudah dilumuri oli gardan yang membantu melumasi permukaan kontak gigi gardan dan memberikan efek dingin. Seperti oli mobil, oli gardan ini juga penting banget loh. Kok bisa?

Yep, karena gardan punya gigi yang selalu bergesekan satu sama lain sehingga oli gardan berfungsi untuk melumasi bagian transmisi otomatis pada mobil. Cairan oli gardan ini akan membantu memperhalus gesekan antar komponen mesin yang ada pada mobil. Dengan gesekan yang halus ini, maka si mobil nggak akan mengeluarkan suara berisik saat dikendarai.

 

Baca Juga : Pahami Fungsi Oli Mobil dan Penggunaannya

 

Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Gardan Mobil

Oli Gardan Mobil

Kalau kamu lagi mengendarai mobil dengan kencang lalu terdengar suara dengungan, ini menandakan volume oli gardan sedikit.  Kalau oli gardan nyaris habis, maka akibatnya gardan ini bisa panas kemudian memuai dan berakhir macet. Selain karena sering dipakai, kamu juga perlu tahu penyebab oli gardan bisa habis nih, misalnya karena baut pengurasnya kurang kencang atau seal-nya bocor.

Oli gardan harus dan wajib diganti secara berkala. Umumnya kendaraan mobil harus mengganti oli gardan sekali dalam 1 hingga 2 tahun atau bahkan setiap 40 ribu kilometer. Namun, hal ini belum bisa menjadi patokan yang pasti karena tergantung jenis mobil yang kamu kendarai.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu nih tanda-tanda saatnya mengganti oli gardan.

1. Suara mesin yang mendengung

Pernah dengar surara dengung dari bawah mobil? Kalau kamu makin ngebut, maka suara dengungannya akan makin kencang. Kalau pernah, ini alarm buat kamu untuk segera ganti oli gardan. Suara ini muncul karena final gear mesin yang nggak dilumasi dengan baik oleh oli.

2. Kendaraan yang bergetar

Saat kamu menyetir dan berada pada jalanan yang menurun dan mobil tiba-tiba bergetar, ini menandakan oli gardan sudah nggak layak dipakai. Hal ini bisa terjadi karena gardan menahan beban mobil tapi nggak bekerja dengan maksimal karena pelumasannya yang nggak sempurna.

3. Muncul suara ketika berbelok

Sebagai komponen yang penting saat mobil berbelok, maka gardan akan bekerja efektif ketika mobil tengah berbelok. Kalau kamu mendengar suara antara roda gigi yang bersinggungan, sudah jelas kalau oli gardanmu sudah nggak baik dan nggak layak pakai.

4. Oli gardan yang terkontaminasi

Nggak Cuma udara yang bisa terkontaminasi! Oli gardan di dalam mobil pun bisa terkontaminasi juga karena sering digunakan sehingga encer dan terkontaminasi. Nah, saatnya kamu mengganti oli gardan yang udah nggak layak pakai ini dengan yang baru.

 

Masih ingat soal kode SAE di artikel Pahami Fungsi Oli Mobil dan Penggunaannya? Oli gardan juga punya spesifikasinya loh. Umumnya kamu bisa gunakan oli gardan yang menunjukkan SAE 90 hingga SAE 140, tergantung spesifikasi dari pabrik produsennya.

 

Dampak Terlambat Mengganti Oli Gardan Mobil

Oli Gardan Mobil

Apakah ada dampak kalau kamu terlambat atau bahkan lupa mengganti oli gardan? Tentu saja ada! Oli akan mengental dan membuat gardan menjadi berat untuk berputar. Akibatnya, tenaga mobil akan lebih berat dari sebelumnya dan membuat mobil memakan bahan bakar berlebihan alias boros bensin. Dalam kondisi ini, biasanya produksi asap kendaraan mobil bisa mengeluarkan asap hitam dari knalpotnya. Hiii, nggak mau kan mobil kerenmu mengeluarkan asap ngebul yang hitam??

Eits, nggak hanya itu aja! Komponen dalam transmisi akan kena kerusakan fatal akibat dari gesekan yang terjadi sangat kasar karena kekentalan oli gardan yang juga berkurang.

Kamu nggak mau kan mengalami hal ini? Jangan lupa untuk rutin ganti oli gardan ya!

Secara garis besar, oli gardan sama pentingnya dengan oli mobil untuk menjaga mesin kendaraan di dalamnya. Bedanya, oli gardan akan menimbulkan kenyamanan saat berkendara, karena kalau kamu mengganti oli gardan secara berkala, kendaraanmu akan bebas suara dengungan, getaran, dan pastinya asap kendaraanmu nggak akan ngebul hitam.

Cakra Motor 11, Pusatnya Oli Mobil Di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk membeli Oli Gardan Mobil salah satu tempat terbaiknya yaitu di Cakra Motor 11, dengan jaringan bengkel yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, anda akan lebih mudah dalam bertransaksi dengan Cakra Motor 11. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.