Ciri-ciri Filter Udara Mobil Harus Diganti, Cakramotor11.com – Emang sih betul pabrikan mobil menciptakan filter udara atau air filter itu bisa untuk dibersihin tapi mbok yo tahu batas dong!

Filter udara itu sama seperti filter bensin yang pernah kita bahas artikelnya disini “CEK DULU YUK GEJALA KERUSAKAN FUEL FILTER INI”. Fungsinya memang seperti sama namun tempatnya saja yang berbeda. Kalau oli mobil saja ada jangka waktu dan perlu diganti, sama seperti halnya filter udara jangan dipaksa digunakan terus tanpa diganti! Nanti bisa ambyar deh.

Ciri-Ciri Filter Udara Mobil Harus Diganti

Fungsi utama dari si filter udara itu memang menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruangan silinder. Kalau filter udara mobil kita terlalu kotor dan tidak dibersihkan, akan berdampak pada kekuatan atau tenaga mobil kita loh, bukannya bertambah malah berkurang. Filter udara itu bisa dibersihkan ya sobat, namun jika sudah ada beberapa tanda yang tidak bisa dihilangkan, maka satu-satunya cara adalah diganti.

Meskipun mekanik bengkel kita punya senjata ampuh berupa angin bertekanan tinggi, tetapi jika sudah ada kerak yang sulit dibersihkan penggantian sangat disarankan ya sobat. Kita catat yuk kapan waktunya filter udara mobil perlu diganti.

Ciri-Ciri Filter Udara Mobil Harus Diganti:

  • Berdasarkan jarak tempuh.

Mirip-mirip lah seperti oli mobil ya sobat, pabrikan pembuat filter udara memiliki ukuran standar kekuatan dari produk filter udaranya. Disarankan Ketika sudah menempuh jarak sekitar 32.000 km sampai 40.000 km filter udara perlu diganti. Tetapi kalau ingin lebih aman dan tarikan tetap gak ada masalah, ganti di jarak tempuh maksimal 24.000 km ya sobat.

  • Ketika tarikan mobil kurang enak.

Udah nginjek gas agak dalem dan udah ganti oli di Cakra Motor 11 kok tarikan mobil masih kurang ya. Bisa jadi filter udaranya nih sobat, coba di cek dan diganti ya jika sudah tidak memungkinkan. Ketika di cek dan sangat kotor lalu ada kerak yang tidak bisa dibersihkan, maka saat yang tepat ya sobat untuk ganti filter udara mobilnya.

  • Bensin jadi lebih boros dan timbul asap pada knalpot mobil.

Tanda-tanda filter udara mobil harus diganti selanjutnya adalah adanya asap halus yang keluar dari lubang knalpot mobil kita ya sobat. Disamping itu juga biasanya dirasakan juga bensin jadi lebih boros. Konsumsi bahan bakar lebih besar juga bisa dikarenakan filter udara mobil perlu diganti dan sudah banyak kotoran yang menempel. Ruang pembakaran tidak baik dan pembakaran tidak sempurna serta asupan udara kurang pada ruang bakar bisa menimbulkan borosnya bahan bakar.

Beli filter udara di Cakra Motor 11 dan langsung dapatkan cashbacknya di Tokopedia, klik disini

 

Video Review Cakra Motor 11

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.