penyebab mesin cepat mobil panas

Kenapa Mesin Mobil Cepat Panas, Cakramotor11.com – Gak enak banget lagi asik jalan-jalan mesin mobil malah panas dan ngeganggu perjalanan. Sobat pernah merasakan hal ini?

Kenapa mesin mobil cepat panas dan apa dampak negatifnya jika ini sering terjadi? Kita akan bahas selengkapnya disini. Sebetulnya gini sobat, ada beberapa sih untuk faktor atau yang jadi penyebab mobil itu bisa cepat panas.

Mesin mobil bisa cepat panas menjadi overheat bisa dicek pada beberapa komponennya. Jika hal ini terjadi sering, hal ini menjadi pertanda system pendinginan mobil Anda sudah bermasalah.

manfaat ganti oli mobil

Membawa mobil itu gak asal kebut-kebutan, ada hal lain yang menjadi tolak ukur mobil bisa awet. Seperti penggunaan bahan bakar, penggantian oli rutin, untuk menggunakan oli juga harus berkualitas. Sebagai pemilik mobil kita perlu peka apa yang harus dilakukan untuk mobil tetap awet dan tidak terjadi overheat.

Lakukan cara mengatasi mesin mobil cepat panas dengan benar, karena ada kasus seperti air radiator penuh tapi mesin panas, simak beberapa penyebabnya.

Cek beberapa hal yang membuat mesin mobil cepat panas:

  • Kerusakan Radiator:

Hal pertama yang mungkin saja terjadi adalah kerusakan dari radiator. Sobat perlu tahu kalau radiator memiliki fungsi untuk menjaga agar suhu mobil tetap terjaga stabil.

Tetapi ketika radiator bermasalah, hal ini akan merembet pada mesin yang juga menjadi bermasalah. Kelihatannya radiator ini sepele, namun sirkulasi air radiator ini harus benar-benar baik. Apalagi kita membeli mobil bekas.

Tidak sampai disini sobat, kalau tidak dilakukan perawatan dengan baik, selang radiator itu bisa bogor, sehingga cairan radiator tidak tersirkulasi dengan baik.

Jika hal ini sudah terjadi, sobat bisa membawa ke bengkel yang terpecaya, untuk menggantinya dan menggunakan carian cooler yang baik dan disarankan mengganti cairan collant setiap 20.000 kilometer. Untuk mengakses atau melakukan pengecekan radiator disarankan secara rutin.

  • Pakai oli yang tidak tepat.

pemakaian oli mobil tidak sesuai standar

Kata siapa oli mobil tidak berpengaruh terhadap cepat panasnya mesin mobil. Penggunaan oli mobil yang tidak sesuai standar bisa membuat mesin mobil bisa cepat panas loh. Karena dengan menggunakan oli yang buruk dan tidak memiliki ketahanan terhadap panas, hal ini akan membuat oli tersebut cepat menguap.

Ketika hal ini terjadi akan membuat gesekan yang keras lalu menimbulkan panas, berhati-hati jika ada penjual yang menjual murah oli di marketplace, bukan hanya tidak sesuai standar tetapi banyak juga yang menjual oli palsu!

Untuk memberikan tenaga maksimal, diperlukan oli yang cocok untuk mesin mobil kita, dan tentunya harus asli. Bahkan banyak dari kita yang memiliki mobil tidak tahu mana oli yang baik untuk mobil.

  • Kipas pendingin rusak.

Kipas ini bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas, karena pada dasarnya kipas ini menyedot udara dingin dari luar, tetapi tidak berfungsi. Seharunya udara dari luar masuk mesin, malah tidak menyuplai angin ke mesin,jadi mobil cepat panas.

  • Kerusakan pada thermostat.

Mesin Mobil Cepat Panas

Ini juga sejalan dengan radiator sobat, karena memiliki fungsi yang bekerjasama dengan radiator dalam mengukur suhu dalam mobil. Thermostat merupakan fungsi vital dari radiator, ketika suhu sangat rendah, thermostat mengatur supaya air tidak meninggalkan sisi radiator. Namun ketika suhu yang cukup tinggi, thermostat mengatur agar air masuk ke sisi pendinginan mesin. Jika thermostat ini rusak, jadi gak ada suplai yang baik dari masuk dan keluarnya air dari radiator ke mesinnya.

Kesimpulan:

Setelah mengetahui penyebab mesin mobil cepat panas lantas sebagai pemilik kita melakukan antisipasi. Ada juga faktor lain yang menyebabkan mesin mobil bisa cepat panas karena tidak menggunakan oli mesin mobil yang sesuai. Contoh saja mobil masih baru malah menggunakan 10w-40 maka kerja mesin jadi lebih berat karena oli sangat kental. Sesuaikan mesin mobil dengan umur, oli mobil harus sesuai, dapatkan rekomendasi oli mesin mobil yang tepat di bengkel oli mobil Cakra Motor 11.

Beli oli mobil online di Cakra Motor 11 dapat banyak cashback, klik disini…

Artikel Terbaru

Artikel Terkait