Gak enak banget lagi asik jalan-jalan mesin mobil malah panas dan ngeganggu perjalanan. Sobat pernah merasakan hal ini? Kenapa mesin mobil cepat panas dan apa dampak negatifnya jika ini sering terjadi? Kita akan bahas selengkapnya disini.

Sebetulnya gini sobat, ada beberapa sih untuk faktor atau yang jadi penyebab mobil itu bisa panas. Mesin mobil menjadi cepat panas atau overheat bisa dicek pada beberapa komponennya. Jika hal ini terjadi sering, hal ini menjadi pertanda system pendinginan mobil Anda sudah bermasalah.

Cek beberapa hal yang membuat mesin mobil cepat panas:

  • Kerusakan Radiator:

Hal pertama yang mungkin saja terjadi adalah kerusakan dari radiator. Sobat perlu tahu kalau radiator memiliki fungsi untuk menjaga agar suhu mobil tetap terjaga stabil. Tetapi ketika radiator bermasalah, hal ini akan merembet pada mesin yang juga menjadi bermasalah. Tidak sampai disini sobat, kalau tidak dilakukan perawatan dengan baik, selang radiator itu bisa bogor, sehingga cairan radiator tidak tersirkulasi dengan baik. Jika hal ini sudah terjadi, sobat bisa membawa ke bengkel yang terpecaya, untuk menggantinya dan menggunakan carian cooler yang baik dan disarankan mengganti cairan collant setiap 20.000 kilometer.

  • Pakai oli yang tidak tepat.

pemakaian oli mobil tidak sesuai standarKata siapa oli mobil tidak berpengaruh terhadap cepat panasnya mesin mobil. Penggunaan oli mobil yang tidak sesuai standar bisa membuat mesin mobil cepat panas loh. Karena dengan menggunakan oli yang buruk dan tidak memiliki ketahanan terhadap panas, hal ini akan membuat oli tersebut cepat menguap. Ketika hal ini terjadi akan membuat gesekan yang keras lalu menimbulkan panas, berhati-hati jika ada penjual yang menjual murah oli di marketplace, bukan hanya tidak sesuai standar tetapi banyak juga yang menjual oli palsu!

  • Kipas pendingin rusak.

Kipas ini bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas, karena pada dasarnya kipas ini menyedot udara dingin dari luar, tetapi tidak berfungsi. Seharunya udara dari luar masuk mesin, malah tidak menyuplai angin ke mesin,jadi mobil cepat panas.

  • Kerusakan pada thermostat.

Mesin Mobil Cepat PanasIni juga sejalan dengan radiator sobat, karena memiliki fungsi yang bekerjasama dengan radiator dalam mengukur suhu dalam mobil. Thermostat merupakan fungsi vital dari radiator, ketika suhu sangat rendah, thermostat mengatur supaya air tidak meninggalkan sisi radiator. Namun ketika suhu yang cukup tinggi, thermostat mengatur agar air masuk ke sisi pendinginan mesin. Jika thermostat ini rusak, jadi gak ada suplai yang baik dari masuk dan keluarnya air dari radiator ke mesinnya.

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.