Mengatasi Mobil Matic Kehilangan Tenaga

Mengatasi Mobil Matic Kehilangan Tenaga

Mobil matic jadi pilihan yang paling banyak dipilih oleh para mereka yang menginginkan kemudahan dalam berkendara. Sobat Cakra Motor 11 salah satunya yang suka berkendara dengan mobil matic? Tetapi tahu kah sobat, kalau bisa saja mobil dengan transmisi matic itu memiliki kendala dalam penyaluran tenaga, terutama dalam tenaga ketika menghadapi jalanan yang menanjak.

mengatasi mobil matic kehilangan tenaga di tanjakan

Jalanan ke puncak seperti yang kita ketahui memiliki jalanan yang menanjak, puncak jadi tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal dari Jakarta dan sekitarnya. Dan kita juga sama-sama memahami bahwa menggunakan mobil transmisi manual itu asik dibawa dalam jalanan menanjak dan boleh dibilang bersahabat ketika dibawa dalam keadaan menanjak.

Mobil matic pun sebetulnya asik kok sobat, sangat asik malah, tetapi sering ditemui pengendara mobil matic yang melewati tanjakan tetap menaruh tuas transmisi mobilnya pada posisi D (Drive). Oke betul sobat kalau melewati tanjakan yang tidak terlalu tajam atau landau bisa menggunakan mode D, tetapi kalau tanjakan yang tergolong curam, bukannya tenaga maksimal yang Anda peroleh, mahalan tenaga yang lambat yang Anda dapatkan.

Coba bayangkan lagi asik berkendara untuk wisata, mobil matic Anda malah abis tenaganya pas nanjak. Bisa-bisa panik nih, panik gak? Panik lah, bahaya bisa tertahan ditengah tanjakan kalau begini.

Mobil matic yang dilengkapi dengan low gear seperti mode D1 atau juga L bisa digunakan pada tanjakan yang terbilang terjal. Ketika mode ini digunakan, mobil bisa mendapat sokongan torsi dan tenaga maksimal dalam tanjakan. Namun ketika sudah mulai dirasa mobil mulai kehabisan tenaga, segeralah turunkan tuas transmisi ke gigi rendah secara bertahap ya.

Artinya kalau perpindahan ke gigi yang lebih rendah bisa dilakukan satu demi satu dan pada putaran mesin sudah turun. Jadi, kita bisa menurunkan dulu gigi transmisi dari D ke D3, jika masih kurang tenaganya, bisa pindahkan lagi ke transmisi ke 2, jika sudah mulai berkurang lagi, pindahkan ke gigi terendahnya di L (Low) atau gigi 1.

transmisi mobil matic

Perlu sobat keteahui cara mengatasi mobil matic kehilangan tenaga ini perlu dipahami, terutama bagi pemilik mobil transmisi matic pemula. Mudahnya begini sobat, dengan memindahkan posisi rendah dengan bertahap ketika mobil mulai berkurang tenaganya dalam jalanan menanjak adalah membuat girboks memberikan torsi puncak yang membuat mobil matic ini bisa lebih baik dalam melewati tanjakan. Dengan perlahan tapi pasti mobil matic Anda akan bisa melewati jalanan menanjak itu, jadi seperti itu ya sobat untuk mengatasi mobil matic kehilangan tenaga dalam tanjakan.

Rawat mobil matic Anda dengan maksimal dengan memberikan oli terbaik untuk mobil matic Anda. Beli oli mobil matic di Cakra Motor 11 dijamin 100% asli, klik disini. 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait