Bagikan!

Mau Tahu Kapan Ban Mobil Harus Diganti? Baca Ini

kapan ban mobil harus diganti

Kapan Ban Mobil Harus Diganti, Cakramotor11.com – Wah pasti banyak yang nanya seputar ini ya sobat, kapan ya ban mobil saya harus diganti dan gimana cara cari tahu ciri-cirinya. Bahas yuk lebih lengkap sama Cakra Motor 11 sekarang. Ban mobil memang tidak seperti oli mobil yang memiliki repetisi penggantian lebih sering, namun ban mobil itu posisinya benar-benar berada pada point penting.

Ban mobil, dia berputar, melindungi mobil dari guncangan yang masuk ke dalam mobil hingga menjaga kaki-kaki agar tidak langsung terkena guncangan keras. Begitulah ban mobil, tapi ada saja yang tidak mengetahui dan cenderung abai dalam penggantiannya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya sobat…

Kapan Ban Mobil Harus Diganti:

  • Ban mulai gundul.

ban mobil gundul

Kapan Ban Mobil Harus Diganti? Saat Ban Mulai Gundul/Tipis

Tanda atau ciri-ciri ban mobil harus diganti yang sangat mudah adalah melihat dari permukaan ban tersebut. Masih tebal atau sudah tipis ban mobil kita, jika sudah mulai gundul atau tipis, gak usah lagi nanya kapan ban mobil harus diganti, tapi cepet-cepet cari bengkel ban terdekat yah.

  • Sudah masuk dalam periode tahun tertentu.

kapan ban mobil harus diganti

Kapan Ban Mobil Harus Diganti? Saat Ban Memasuki 2-3 Tahun

Jawaban ke dua atas pertanyaan kapan ban mobil harus diganti adalah ketika memasuki waktu 2-3 tahun. Terlebih lagi jika mobil kita digunakan dalam jarak tempuh yang cukup jauh, maka dengan acuan 2 tahun atau 40.000 km – 50.000 km ini sudah boleh diganti. Hal ini dikarenakan elastisitas dari ban mobil menginjak maksimal 3 tahun itu akan berkurang, cenderung sangat keras dan tidak bisa menggigit aspal dengan lebih baik.

  • Ada luka pada ban.

tambalan pada ban mobil

Kapan Ban Mobil Harus Diganti? Saat Ban Banyak Lecet, Benjol dan Banyak Tambalan

Jawaban selanjutnya dari kapan sih ban mobil harus diganti adalah ketika ban ada luka, entah itu benjolan pada ban, ada lecet pada ban hingga ban tersebut sering sekali ditambal. Paling berbahaya adalah ban sudah sering ditambal, dengan adanya benturan benda tajam dijalan, ban biasanya akan ditambal. Namun perlu di ingat ya sobat, kekuatan ban akan berkurang seiring berjalannya waktu, apalagi sudah banyak sekali tambalan.

Cakra Motor 11 tempat beli oli dan aki mobil ORIGINAL, klik disini untuk dapat cashback pembelanjaan..

 

Video Review Cakra Motor 11

Artikel Terbaru

Artikel Terkait