Kekentalan Oli Untuk Mobil Tua, Cakra Motor 11 – Sobat punya mobil tua? atau malah baru saja beli mobil yang sudah tua? Tidak masalah ya sobat, hanya saja Anda perlu memperhatikan dengan baik kebutuhan pemicu jantung sehatnya yaitu oli mesin mobil. Oli mesin mobil ibarat darah mobil itu sendiri, kalau darah tidak baik, maka kualitas mobil jadi tidak baik pula.

Jika sobat sudah merasa perawatan sudah terbaik pada mobil tua yang Anda miliki, namun, yang Namanya mobil sudah masuk umur tua, pasti sudah ada komponen mesin yang sudah mulai aus. Dan hal ini bisa membuat jarak antar tiap komponen mesin mobil tua Anda. Ketika sobat tahu hal ini sudah terjadi, pelebaran jarak antar komponen ini membutuhkan oli mobil tua yang cocok dan bisa mengimbangi jarak tersebut.

Tingkat Kekentalan Oli Untuk Mobil TuaKetika komponen mesin mobil sudah mulai berjarak, perlu adanya keseimbangan antara jarak dengan oli mesin. Hal ini bertujuan agar oli tidak masuk ke adalam ruang bakar mesin dengan mudah, oli untuk mobil tua harus bisa menempel dengan baik serta melumasi dan menghindari gesekan dari logam.

Bedanya kekentalan oli untuk mobil tua itu bagaimana min? Tentu pada oli mobil yang masih muda punya tingkat kekentalan oli yang lebih rendah atau encer, hal ini perlu admin tegaskan karena komponen mesin dan logam pada oli mobil muda masih sangat sempurna dan tidak ada keausan. Justru oli mobil dengan tingkat kekentalan tinggi atau lebih kental cocok diterapkan untuk mobil tua di atas 10 tahun lebih.

Tips Memilih Oli Untuk Mobil Tua

  • Sesuaikan dengan karakter mobil.

Pasti jadi PR berat kalau sobat membeli mobil sudah terbilang tua, lebih dari 10 tahun, tentu karena jenis mobil akan sangat berbeda karakternya. Dimana mobil yang sudah tua memiliki perawatan yang lebih sering daripada mobil muda. Mengenali karakter mobil yang kita miliki jadi sangat penting, pelajari buku manualnya jika masih ada atau juga bisa konsultasikan pada senior mekanik untuk mencari oli terbaik untuk mobil tua Anda.

  • Kekentalan oli yang cocok.

Jika sobat belum tahu apa itu viskositas oli atau kekentalan oli mobil, Anda bisa membaca di artikel kami disini. Memiliki kekentalan oli mobil disesuaikan pada umurnya, kalau sudah terbilang tua perlu diperhatikan teliti. Dalam mengukur tingkat kekentalan itu ada pada SAE nya, dimana ketika semakin besar angkanya, maka semakin kental oli mobil tersebut. Kode SAE oli mesin mobil bisa dilihat dengan mudah pada label botol oli.

Kita ambil contoh jika kodenya 10W-40, bisa diartikan tingkat kekentalan oli saat winter atau dingin hingga cuaca bersalju adalah 10, pada saat cuaca panas dan wilayah tropis kekentalan olinya ada di angka 40.

  • Perhatikan jenis bahan dasar oli.

Secara umum, oli mobil memiliki bahan dasar sintetis dan juga mineral. Untuk penggunaan oli tentu juga disesuaikan pada umur mobil Anda. Kalau bahan dasar sintetis itu umum digunakan pada mobil-mobil berusia muda. Namun sebaliknya, jika mobil lebih tua menggunakan oli mineral. Oli sinstetis memiliki campuran bahan kimia, dan oli sintetis bersifat aditif, kalau oli mineral adalah hasil dari ekstraksi minyak bumi alami.

Kembali bertanya, lalu mana oli yang cocok untuk mobil tua? Tentu oli yang cocok adalah oli berbahan dasar mineral, karena keunggulan oli mineral untuk oli punya kemampuan penautan komponen logam yang sudah berumur, selain itu, oli ini terbilang cukup murah loh sobat.

Kini Anda sudah mengetahui rekomendasi oli mana yang cocok untuk mobil tua Anda. Bagikan artikel ini ke komunitas otomotif Anda dan tetap beli oli mobil di Cakra Motor 11 100% ori..!

Beli oli di marketplace resmi kami, dan dapatkan gratis biaya jasa penggantian oli mobil di lebih dari 5 bengkel offline kami, klik disini.

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.