Bagikan!

3 Cara Menentukan Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota yang Ideal    

Kapasitas mesin mobil toyota

Setiap tipe mobil pasti memiliki kapasitas oli yang berbeda-beda, termasuk kapasitas oli mesin mobil Toyota. Oleh sebab itu, sebelum Bosque membeli mobil Toyota dalam kondisi baru maupun bekas, sebaiknya Bosque cek terlebih dahulu bagian mesinnya, termasuk kapasitas tangki oli. 

Jadi, Bosque bisa mengetahui tipe mobil apa aja yang memiliki kapasitas tangki oli berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Lantas, bagaimana caranya mengecek kapasitas tangki oli di mobil Toyota? Yuk, cek tips selengkapnya berikut ini! 

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota 

Sebelum terlanjur membeli oli, sebaiknya Bosque cek dulu kapasitas oli untuk masing-masing mobil Toyota. Sebagai gambaran, Bosque bisa membandingkan kapasitas oli mobil Toyota melalui tabel berikut ini! 

No.   Tipe Mobil Toyota  Kapasitas Oli (Tanpa Filter)  Kapasitas Oli (Filter) 
Toyota Land Cruiser 9 liter 9,3 liter
Toyota New Yaris  3,1 liter  3,3 liter
New Avanza  3,1 liter  3,3 liter 
Toyota New Calya 3,2 liter 3,5 liter
Toyota New Kijang Innova  6,4 liter 6,6 liter 

Cara Menentukan Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota 

Oli merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam mobil. Itu sebabnya, Bosque harus memastikan kapasitas tangki oli di mobil Bosque agar ukuran oli yang dibeli tepat. Nah, berikut adalah cara-cara menentukan kapasitas tangki oli di mobil Toyota! 

1. Parkirkan Mobil di Permukaan yang Rata 

Carilah tempat dengan permukaan yang rata untuk memarkirkan mobil Toyota Bosque. Cara ini perlu dilakukan agar tangki oli yang Bosque ukur hasilnya valid. 

Bayangkan jika Bosque memarkir mobil di area dengan permukaan yang miring. Maka, kapasitas oli mesin mobil Toyota yang ada di tangki akan bertumpu di satu sisi saja dan membuat hasil pengukurannya tidak akurat. 

2. Pastikan Mesin dalam Kondisi Mati 

Para pemilik mobil sering kali lupa mematikan mesin saat mau mengecek kapasitas tangki oli. Padahal, mengecek tangki oli dalam kondisi mesin nyala sangat berbahaya, karena bisa memicu ledakan dan kebakaran.   

Maka dari itu, Bosque harus berhati-hati setiap kali mau mengecek tangki dan isi oli. Matikan mesin mobil saat melakukan pengecekan tangki oli. Cara ini disinyalir lebih aman dan tidak membahayakan. 

3. Cek Level Indikator Kapasitas Oli 

Berikutnya, coba cek level indikator kapasitas oli mesin mobil Toyota Bosque. Saat pengecekan berlangsung, biasanya akan muncul tanda semacam dua titik kecil di bagian ujung dipstick

Tanda titik di bagian atas menunjukkan volume tangki oli yang penuh atau belum. Sedangkan tanda titik di bagian bawah menunjukkan kapasitas minimum oli yang semestinya. 

Baca jauga; Panduan Lengkap: Cara Ganti Filter Oli Mobil dengan Mudah dan Tepat

Rekomendasi Oli Mesin Toyota 

Sebagai pengguna mobil Toyota, apa saja merk oli yang paling direkomendasikan? Daripada bingung, Bosque bisa cek rekomendasi oli mesin Toyota berikut ini. Yuk, simak! 

1. Amsoil Signature Series 5W30

Selanjutnya ada rekomendasi oli dari Cakra Motor 11. Ada berbagai merk oli yang masuk kategori best seller, salah satunya yaitu Amsoil Signature Series 5W30. Oli ini ampuh untuk melindungi mesin secara menyeluruh. Selain itu, oli ini tahan terhadap panas dengan suhu yang cukup tinggi.

Bahkan, Amsoil Signature Series 5W30 sudah terbukti tahan lama sehingga Bosque ga perlu lagi sering ganti oli.  Buat harganya sendiri Bosque bisa dapetin mulai dari Rp260.000,00 aja per 1 liter.

2. Oli TMO Lubricant 5W-30 SN GF-5

Kalau Bosque mencari jenis oli full sintetis dengan formulasi teknologi VVT-i, maka pilihlah oli TMO Lubricant 5W-30 SN GF-5. Oli ini mengandung Actifilm Technology – Double Protection yang akan melindungi seluruh bagian mesin mobil. Selain itu, ukuran atau kapasitas oli mesin mobil Toyota ini juga tersedia dalam bentuk 4 liter. 

3. Oli Q8 Formula Advanced Plus 10W-40 

Bagi pemilik mobil Toyota Rush, sebaiknya Bosque memakai jenis oli Q8 Formula Advanced Plus 10W-40. Oli ini memiliki formulasi tinggi yang bagus untuk melindungi mesin mobil setelah start dingin. Bahkan, pelumas ini mampu melindungi mesin mobil dari karat dan korosi. 

4. Oli TMO 0W-20 SN GF-5 

Tipe-tipe mobil Toyota modern cocok memakai oli TMO Gold ini. Selain karena warna kemasannya yang mencolok, oli ini sudah diformulasikan dengan teknologi canggih seperti VVT-i, Dual VVT-i, dan Hybrid

Sudah Tentukan Pilihan Kapasitas Oli Mesin Mobil Toyota Ideal?  

Baca juga; Berapa Liter Oli Mobil Avanza dan Spesifikasinya?

cakra motor 11

Menentukan pilihan oli terbaik untuk mobil Toyota memang tidak gampang. Butuh berbagai pertimbangan agar Bosque bisa menemukan jenis dan merk oli yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, Bosque bisa mempertimbangkan rekomendasi oli di poin sebelumnya. 

Namun, kalau Bosque mencari merk dengan kapasitas oli mesin mobil Toyota yang ideal, maka carilah oli dari Cakra Motor 11. Jenis olinya cukup variatif dan bisa Bosque sesuaikan dengan tipe mobil Toyota yang Bosque miliki. Di samping itu, harga olinya pun relatif terjangkau. 

Kalau Bosque tertarik membeli oli mobil Toyota dari Cakra Motor 11, segera kunjungi situs web dari Cakra Motor 11

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait