Bagikan!

Berapa Liter Oli Mobil Avanza dan Spesifikasinya?

oli shell helix untuk mobil avanza 2021

Berapa liter oli mobil Avanza? Bagi pengguna Avanza, pastinya pertanyaan ini harus bisa dijawab. Ini karena setiap mobil punya kapasitas oli yang berbeda-beda, termasuk untuk Toyota Avanza. 

Jika mengetahui kapasitas oli yang direkomendasikan pabrik, Bosque bisa mengisi oli secara tepat. Alhasil, oli tersebut mampu memberikan performanya secara maksimal untuk mesin.

Sekilas tentang Toyota Avanza

Avanza merupakan salah satu mobil paling laris dari Toyota. Itulah mengapa mobil ini juga dinamakan mobil sejuta umat karena memang harganya cukup terjangkau. Avanza termasuk kategori low-MPV (Multi-Purpose Vehicle) dan sekarang sudah lebih dari 30 negara yang masyarakatnya menjadi pengguna mobil tersebut.

Spesifikasi Mesin

Adapun mesin yang dipakai New Avanza 1.3 G dan 1.3 E yaitu mesin 4 silinder, 1.300 cc dan pakai teknologi Dual VVT-i. Lalu tenaga yang dihasilkan pun sama yaitu 96, PS per 6.000 RPM dan torsi maksimalnya 120 Kgm per 4.200 RPM.

Berapa Liter Oli Mobil Avanza?

Waktu Bosque melakukan penggantian oli, pastinya harus paham dulu spesifikasi dari kapasitas oli mesin Avanza. Tujuannya agar Bosque gak sampai salah dalam menentukan pelumas yang tepat.

Khusus Toyota New Avanza punya kapasitas oli mencapai 3,1 liter (kalau gak pakai filter) dan 3,3 liter (pakai filter). Kapasitas tersebut untuk mobil Avanza dengan kode mesin 1NR-VE. Namun agar lebih jelas, Bosque bisa datang langsung ke bengkel atau cek buku manual untuk mendapatkan informasi tersebut.

Tips Memilih Oli dari Cakra Motor

Waktu ganti oli, Bosque perlu memperhatikan beberapa tips berikut biar gak salah pilih. Jadi setelah tahu berapa liter oli mobil Avanza, Bosque juga perlu tahu nih tips memilihnya.

1. Baca Buku Manual untuk Mobil Avanza

Tips pertama waktu memilih oli yaitu perhatikan buku manual atau manual book. Di situ sudah tertera jelas tentang spesifikasi pelumas yang memang sesuai dengan kendaraan Bosque. 

Pelajari buku tersebut biar Bosque tahu spesifikasi oli mesin yang sesuai. Gak ada salahnya juga untuk berdiskusi dengan pihak bengkel terpercaya terkait masalah ini.

2. Cek Viskositas

Perlu Bosque perhatikan, kode Society of Automotive Engineer alias kode SAE jadi parameter pertama waktu ingin memilih oli mesin. SAE adalah kode yang menunjukkan tingkat kekentalan oli. Silakan cek berapa tingkat kekentalan oli yang tepat untuk mobil Avanza Bosque.

3. Pelajari API Service

Berikutnya silahkan pelajari American Petroleum Institute atau API. Ini merupakan institusi yang tugasnya mengatur penetapan kualitas oli agar sesuai dengan spesifikasi mesin.

Ingat, jangan sampai Bosque memilih oli yang malah API Service-nya lebih rendah dari yang diharuskan. Akibatnya ketahanan mesin pun menurun dan berpotensi mengalami masalah.

3. Lakukan Penggantian di Bengkel Terpercaya

Gak kalah penting, lakukan penggantian oli mesin di bengkel terpercaya seperti Cakra Motor 11. Mengapa? Karena mobil Bosque akan berada di tangan orang-orang berpengalaman. Selain itu, oli yang Bosque dapatkan juga 100% asli.

cakra motor 11

Rekomendasi Oli Mobil Avanza

Selain tentang berapa liter oli mobil Avanza, Bosque juga mesti paham oli apa yang recommended untuk mobil tersebut. Berikut pembahasan selengkapnya!

1. Shell Helix HX7 5W-40

Rekomendasi yang pertama yaitu Shell Helix HX7. Ini merupakan pelumas yang memang sudah terbukti cocok untuk Avanza, baik keluaran lama atau baru. Menggunakan pelumas ini terbukti mampu menjaga performa mesin dan suara mesin pun terasa lebih halus.

Menariknya lagi, oli Shell Helix HX7 juga punya teknologi bernama Flexi Molecule. Sebuah teknologi yang hadir untuk memberikan perlindungan mesin meski pelumas tersebut sudah kembali ke bak penampungan.

2. PTT Lubricants Performa Synthetic 5W-30

Selanjutnya ada oli PTT Lubricant Performa yang dirancang khusus baik untuk mobil berbahan bensin maupun solar. Pelumas ini mempunyai teknologi DI SYN Protect yang berperan untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil meski di kondisi ekstrem.

Menggunakan PTT Lubricant juga menjadi salah satu solusi untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan kebersihan mesin tetap terjaga. Selain cocok untuk Avanza (2016-up), PTT Lubricant Performa Synthetic juga bisa Bosque gunakan untuk Toyota Alphard (2015-up), Innova (2015-up), Vellfire (2015-up), Yaris (2014-up), dan lain-lain.

3. Total Quartz 10W-40

Selanjutnya ada Total Quartz 10W-40 yang merupakan oli dengan spesifikasi paling tinggi di kelasnya. Pelumas ini memang recommended untuk semua mesin bensin baik multi-valve, direct-injection, maupun turbo chargers. Oli ini mampu memberikan proteksi mesin dari kondisi apapun selama perjalanan.

Menggunakan Total Quartz 10W-40 bakal memberikan rasa nyaman saat berkendara. Bahkan untuk kondisi stop & go pun gak ada masalah. Selain itu, oli tersebut juga mampu melindungi mesin secara maksimal serta menetralisir asam korosif yang berasal dari pembakaran bensin.

4. Top 1 HP Sport 10W-40

Berikutnya ada Top1 yang memang menjadi salah satu oli terbaik di kelasnya. Oli ini efektif menjaga kestabilan mesin. Selain itu, dengan viskositas yang baik dan teknologi Xtra Clean Additives membuat oli tersebut semakin unggul dan dapat memberikan perlindungan maksimal untuk segala kondisi.

Sudah Tahu Berapa Liter Oli Mobil Avanza?

Itulah penjelasan mengenai berapa liter oli mobil Avanza. Oli tentu jadi komponen untuk mobil yang gak bisa sembarang pilih. Jadi kalau Bosque butuh oli bensin berkualitas, bisa beli langsung di Cakra Motor 11. Di sini, banyak pilihan oli lengkap dari berbagai merek. 

Pastinya oli di Cakra Motor 11 100% asli. Harganya pun dijamin sesuai kualitas. Untuk pemesanan, Bosque bisa langsung cek website Cakra Motor 11.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait