Bagikan!

Panduan Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki untuk Suzuki Owners

kapasitas oli mesin mobil suzuki

Sadarkah Bosque pentingnya ganti oli mesin mobil secara berkala? Kalau diperhatikan lebih detail, kapasitas oli mesin mobil Suzuki umumnya hampir sama, lho. Namun, Bosque perlu cek kondisi oli mobil dan pastikan jenis oli yang digunakan sudah sesuai. Gimana sih caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai biar tahu jawabannya!

Cara Mengetahui Kapasitas Oli Mobil Suzuki 

Selain tahu daftar kapasitas oli mesin mobil Suzuki, Bosque bisa lakukan pengecekan oli mobil secara rutin. Ini daftar dan cara lengkapnya!

1. Daftar Kapasitas Oli

Setiap tipe mobil pasti punya kapasitas oli mesin yang beda-beda. Tapi, beberapa tipe mobil Suzuki punya kapasitas yang hampir sama besarnya. Bosque, yuk simak daftar tipe mobil dan kapasitas oli mesin mobil Suzuki berikut!

  1. Suzuki APV 4 Liter dengan filter oli atau 3,75 Liter tanpa filter oli.
  2. Suzuki Neo Baleno 4 Liter dengan filter oli atau 3,8 Liter tanpa filter oli.
  3. Suzuki Swift 4,2 Liter dengan filter oli atau 3,8 Liter tanpa filter oli.
  4. Suzuki SX4 4 Liter dengan filter oli atau 3,7 Liter tanpa filter oli.
  5. Suzuki Grand Vitara 2000 5 Liter dengan filter oli atau 4,6 Liter tanpa filter oli.
  6. Suzuki Grand Vitara 2400 5,2 Liter dengan filter oli atau 4,8 Liter tanpa filter oli.
  7. Suzuki Carry 1.5/Furuta 4 Liter dengan filter oli atau 3,7 Liter tanpa filter oli.
  8. Suzuki Ertiga 3,4 L dengan filter atau 3,1 L tanpa filter oli.
  9. Suzuki Karimun kotak 3,5 L dengan filter oli atau 3,2 L tanpa filter oli.
  10. Suzuki New Karimun Estilo/Karimun Wagon 3,1 L dengan filter oli atau 2,9 L tanpa filter oli.
  11. Suzuki Baleno/Baleno Next-G 4 L dengan filter oli atau 3,7 L tanpa filter oli.

2. Menempatkan Mobil pada Permukaan Datar

Setelah mengetahui kapasitas oli mesin mobil Suzuki, Bosque bisa mulai mengeceknya dengan menempatkan mobil di lokasi yang permukaannya datar. Permukaan rata memang bisa berpengaruh ke keterbacaan alat ukur dipstick. Kalau posisi mobil terlalu miring, tentu hasil pengukurannya nggak bakal akurat.

3. Mematikan Mesin Mobil

Selanjutnya, Bosque harus mematikan mesin mobil dulu. Pastikan juga mesin mobil dalam kondisi hangat sampai dingin, ya. Karena, memeriksa di kondisi mesin panas bisa buat tangan terbakar.

4. Membuka Kap Mobil

Pengecekan kapasitas oli mesin mobil Suzuki juga harus Bosque lakuin sambil membuka kap mobil. Setelah itu, tarik bagian dipstick yang ada di bagian atas mesin. Pastikan Bosque sudah bersihkan dipstick biar nggak kotor, ya!

5. Memasukkan Dipstick

Setelah kap terbuka sempurna, saatnya Bosque memasukkan stik ke tangki oli beberapa saat, terus tarik kembali. Jangan lupa! Pastikan bagian ujung stik ada di atas, ya. Karena di stik ini ada tanda F yang artinya full dan E yang artinya empty.

Lebih lanjut, cara baca level oli mobil, yaitu kalau tanda oli di posisi L atau low, artinya Bosque perlu menambahkan oli mesin. Kalau tandanya ada di antara L dan F, artinya oli mesin masih normal. Terus, kalau tanda oli ada di atas F artinya terlalu penuh. Jadi, Bosque harus mengurangi oli biar mesin nggak terlalu berat.

6. Mengamati Warna Oli

Selain lihat dari volume seperti langkah sebelumnya soal kapasitas oli mesin mobil Suzuki, Bosque juga bisa lihat konsistensi pelumasnya. Caranya sederhana, kok. Cukup usap dipstick pakai lap kain. Kalau oli berwarna coklat kehitaman, artinya sudah waktunya Bosque ganti.

Baca juga; 8 Ciri-Ciri Filter Oli Mobil Bocor yang Wajib Diketahui

2 Rekomendasi Oli Mesin Suzuki

Pada dasarnya, ada tiga jenis oli yang perlu Bosque ganti berkala demi menjaga kinerja mobil. Meliputi oli mesin, gardan, dan transmisi. Nah, di antara tiga jenis tersebut, oli mesin adalah yang harus Bosque ganti paling sering. Kira-kira, apa aja yang sesuai kapasitas oli mesin mobil Suzuki? Ini rekomendasinya!

1.  ECSTAR F7000 

Jenis oli ECSTAR punya kinerja sangat baik buat mengurangi gesekan komponen mesin, membersihkan ruang mesin, dan menjaga temperatur mesin biar stabil. Kinerja mesin ini juga berdampak ke bahan bakar yang bakal lebih hemat.

Beberapa tipe mobil Suzuki punya kecocokan ke jenis oli mesin. Misalnya, mobil Suzuki Carry lama menggunakan ECSTAR F7000 SAE 10W-40 SL. Sama seperti tipe mobil Suzuki Karimun Estilo, Escudo XL-7, APV, Katana, Caribbean, dan lainnya.

2. ECSTAR F9000 

Jenis mobil Suzuki yang cocok pakai oli ECSTAR F9000 adalah mobil keluaran terbaru. Misalnya, Carry PU yang bisa pakai oli ECSTAR F9000 5W-30 SN/GF-5. Ada pula tipe mobil Suzuki lain, yaitu All New Ertiga, Ertiga Type 2, Swift Sport, All New Swift, Jimny, dan S-Cross.

Baca juga; Oli Sintetik vs Mineral, Mana yang Lebih Bagus untuk Mobil?

cakra motor 11

Sudah Tahu Kapasitas Oli Mesin Mobil Suzuki?

Kalau sudah tahu kapasitas oli mesin mobil Suzuki, Bosque bisa beli produknya di Cakra Motor 11. Bosque bahkan bisa memilih jenis oli mesin seperti apa yang paling cocok dan sesuai kebutuhan karena pilihannya sangat beragam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, datang ke Cakra Motor 11 dan dapat produk terbaik segera!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait