Bagikan!

Oli Sintetik vs Mineral, Mana yang Lebih Bagus untuk Mobil?

ganti oli mobil terdekat

Sudah semestinya oli mesin harus Bosque ganti minimal 3 bulan sekali. Tapi, Bosque sebagai pemilik mobil yang aware dalam perawatan mobil pasti pernah bingung memilih antara oli sintetik vs mineral. Jadi, sebenarnya mana yang lebih baik? Baca artikel ini untuk tahu perbedaan dari kedua jenis oli itu, yuk! 

6 Kelebihan Oli Sintetik

Pada dasarnya, oli sintetik adalah jenis oli yang sudah mengalami pemurnian menggunakan senyawa kimia tertentu, sehingga formulasinya lebih baik dengan fokus tertentu. Jenis ini memiliki banyak kelebihan, berikut ini penjelasannya.

1. Molekul yang Lebih Seragam

Perkembangan teknologi bikin para produsen oli sintetik vs mineral ikut berkembang dalam membuat produk berkualitas. Oli sintetik yang sudah melalui pemurnian memiliki molekul yang lebih seragam. Kondisi ini secara nggak langsung bikin performa mobil lebih stabil dan konsisten daripada menggunakan oli konvensional.

2. Kinerja Lebih Baik pada Suhu Ekstrem

Selain itu, oli sintetik cenderung punya stabilitas viskositas yang lebih baik, sehingga oli akan mempertahankan sifatnya pada suhu tinggi maupun rendah secara lebih efektif. Performa yang lebih baik akan memberi perlindungan yang baik pula pada mesin, terutama dalam penggunaan ekstrim atau dalam kondisi tertentu.

3. Kemampuan Pelumasan yang Lebih Baik

Sebenarnya, jika Bosque bandingkan oli sintetik vs mineral, kemampuan pelumasan oli sintetik akan lebih baik karena punya struktur molekul yang lebih seragam. Jenis oli ini dapat melumasi bagian-bagian mesin dengan lebih baik serta mengurangi gesekan seminimal mungkin.

4. Perlindungan Mesin yang Lebih Baik

Oli sintetik juga cenderung memberi perlindungan yang lebih baik dari keausan, oksidasi, dan penumpukan kotoran pada mesin. Jadi, secara teori oli sintetik akan lebih efektif dalam memperpanjang umur mesin mobil Bosque. Keren, ‘kan?

5. Pergantian yang Lebih Jarang

Karena kemampuannya untuk bertahan lebih lama serta kemurnian terjaga dengan lebih baik, oli sintetik punya umur pakai yang lebih panjang ketimbang oli mineral. Tak heran kalau jenis ini memungkinkan jangka waktu pergantian oli jadi lebih lama, sehingga membantu menghemat waktu dan biaya perawatan.

6. Kecocokan pada Berbagai Jenis Mesin

Terakhir, memakai oli sintetik bisa membantu pengguna awam, karena oli sintetik lebih cocok pada berbagai jenis mesin mobil. Terutama pada mesin dengan performa tinggi atau mesin-mesin yang beroperasi dalam kondisi yang ekstrem.

5 Kelebihan Oli Mineral

Jika Bosque bandingkan penggunaan oli sintetik vs mineral, sebenarnya jenis yang menggunakan bahan alami juga banyak jadi pilihan pecinta otomotif, lho. Sebab, jenis konvensional ini masih punya banyak keunggulan sebagai berikut.

1. Produksi Lebih Sederhana

Berhubung oli mineral menggunakan bahan alami tanpa tambahan proses pemurnian yang rumit, oli mineral termasuk jenis oli yang produksinya lebih sederhana. Sehingga, proses produksi juga lebih cepat dan ketersediaan lebih banyak dari jenis oli sintetik.

2. Ketersediaan Lebih Banyak 

Oli mineral umumnya lebih mudah Bosque temukan di toko suku cadang atau bengkel karena masih menggunakan bahan dan pengolahan yang lebih mudah. Kondisi ini bikin oli mineral lebih mudah didapatkan oleh konsumen secara umum, sehingga penyebarannya juga lebih luas.

3. Performa Masih Bertanggung Jawab

Meskipun oli yang paling unggul dalam beberapa aspek diantara oli sintetik vs mineral adalah oli sintetik, oli mineral masih bisa memberi perlindungan yang memadai untuk mesin kendaraan. Oli ini tetap mampu melumasi komponen-komponen mesin dan memberi perlindungan dasar terhadap keausan.

4. Cocok untuk Penggunaan Standar

Untuk kendaraan dengan pemakaian standar, oli mineral sering kali sudah cukup baik. Jika kendaraan digunakan dalam kondisi normal dan tidak mengalami beban berat atau kondisi ekstrem, oli mineral jadi pilihan yang paling bijak.

5. Harga Lebih Terjangkau

Oli mineral umumnya lebih ekonomis daripada oli sintetik, karena banyak aspek yang lebih rendah daripada jenis lainnya. Harganya cenderung lebih murah, sehingga bisa jadi pilihan yang lebih terjangkau untuk pemilik kendaraan dengan budget perawatan yang terbatas.

cakra motor 11

Alasan Memilih yang Terbaik Antara Oli Sintetik vs Mineral 

Secara keseluruhan, setiap jenis oli sintetik vs mineral punya kelebihan dan fokus yang berbeda, sehingga akan ada alasan tersendiri untuk Bosque saat memilih jenis oli saat waktunya penggantian. Inilah beberapa alasan yang bisa Bosque pertimbangkan saat memilih jenis oli.

1. Alasan Memilih Oli Sintetik

Karena menggunakan teknologi dan proses pemurnian yang lebih rumit, produk oli sintetik selalu memiliki produk yang lebih berkualitas. Fokusnya sendiri adalah untuk para pengguna mobil dengan mobilitas atau operasional yang ekstrim, seperti perjalanan jauh antar kota atau mobil angkut.

Pelumasan yang lebih baik bikin performa mesin juga meningkat, sehingga umur mesin jadi lebih panjang. Walau butuh modal yang lebih besar, tapi pengeluaran Bosque seimbang dengan interval penggantian yang tinggi. 

2. Alasan Memilih Oli Mineral

Jika Bosque bandingkan oli sintetik vs mineral, sebenarnya oli yang lebih simpel punya kecocokan lebih tinggi untuk penggunaan normal. Apalagi penggunaan normal memang harus menekan pengeluaran untuk mobil. Sehingga, oli mineral akan jadi pilihan yang lebih baik untuk Bosque.

Mana yang Terbaik Antara Oli Sintetik vs Mineral?

Dari penjelasan di atas, sekarang Bosque tahu kalau oli yang terbaik untuk mobil adalah oli yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan pribadi. Tapi, selama memilih oli sintetik vs mineral, pastikan Bosque sudah tahu tempat beli produk terbaik dari brand yang terpercaya. 

Seperti halnya produk dari Cakra Motor 11 yang pasti berkualitas terbaik dengan harga yang pas di kantong. Misalnya saja oli Shell Helix ECO PLUS yang dijual seharga Rp80.000,00 aja. Kami juga ready banyak jenis oli lain yang dijamin original dan siap kirim.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait