Bagikan!

Berikut Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Mitsubishi

kapasitas oli mesin mobil mitsibushi

Dalam berkendara, apalagi jarak jauh mengharuskan Bosque periksa kondisi kesehatan mobil lebih dulu. Bosque harus pastikan bahan bakarnya dan kapasitas oli mesin mobil Mitsubishi cukup. Ini bertujuan buat meminimalisir kendala yang mungkin terjadi di jalan. 

Lalu, gimana sih caranya tahu kapasitas oli mesin Mitsubishi dan apa oli yang direkomendasikan? Yuk, cari tahu lewat artikel berikut ini!

Cara Mengetahui Kapasitas Oli Mesin Mobil Mitsubishi 

Oli mobil sudah seharusnya diganti setiap spidometer menunjukkan angka 5000 km. Sehingga bosque harus melakukan pengecekan secara berkala apakah oli mobil sudah memasuki waktu pergantian atau belum. Bosque dapat mengetahui cara mengetahui kapasitas oli mitsubishi dengan cara seperti di bawah ini: 

1. Daftar Kapasitas Oli

Hal pertama yang perlu Bosque tahu adalah masing-masing volume kapasitas oli mesin mobil Mitsubishi. Berikut daftar yang bisa jadi patokan Bosque: 

Jenis Mobil Mitsubishi Kapasitas Oli dengan Filter Kapasitas Oli tanpa Filter
Ertiga 3,4 liter 3,1 liter
Xpander 4 liter 3,6 liter
Mirage 3 liter 2,7 liter
Grandis 4,3 liter 4 liter
Kuda Diesel  6 liter 5,5 liter
Pajero Sport 4N15 7 liter 6,5 liter
Pajero Sport 4D56 6,5 liter 6,1 liter

2. Panaskan Mesin Mobil 

Kalau sudah lihat daftarnya, Bosque bisa mulai memanaskan mesin mobil dulu. Mesin mobil memang perlu Bosque panasin rutin biar mesin nggak dingin dalam waktu lama. Soalnya, hal itu bisa meningkatkan peluang kerusakan. 

Setelah Bosque manasin mobil, diamkan selama sekitar 10 menit. Tujuannya biar oli bisa kumpul kembali di dasar mesin. Nah, biar bisa tahu secara jelas sisa oli mobil tinggal seberapa, Bosque bisa parkir mobil di area yang datar. 

Baca juga; 8 Ciri-Ciri Filter Oli Mobil Bocor yang Wajib Diketahui

3. Gunakan Dipstik 

Cara selanjutnya untuk tahu kapasitas oli mesin mobil Mitsubishi adalah pakai dipstik. Buat buka dipstik, Bosque perlu pakai lap atau tisu. Jadi, kalau ada kebocoran, tangan tetap aman. Kalau sudah berhasil cabut dipstik, bersihkan ujungnya lebih dulu. 

Setelah bersih, Bosque bisa masukkan kembali dipstik dengan posisi ujung di atas. Soalnya, bagian atas dipstik yang punya penanda kapasitas oli. Setelah dimasukkan ke dalam mesin mobil, Bosque bisa lihat level oli mesin. 

Nah, level oli mobil Mitsubishi sendiri terbagi jadi 3. Apa saja? Ini jabarannya! 

1. Oli Rendah (Low)

Kalau dipstik ada di tanda low, berarti kapasitas oli kurang dan perlu ditambah. Bisa juga ini terjadi karena kebocoran, tandanya dari rembesan di sekitar mesin mobil. 

Sebelum memutuskan menambah oli, Bosque perlu cek kondisi sekitar mesin dulu. Kalau ada kebocoran, benahi dulu bagian mana yang bocor. Tujuannya biar oli yang baru nggak akan cepat habis. 

2. Oli Normal (Antara Low dan Full)

Level oli kedua, yaitu normal. Disptik bakal ada di tengah-tengah, antara low dan full. Kalau dipstik Bosque ada di penanda ini, berarti kapasitas sudah ideal atau cukup.

3. Oli berlebihan (Full)

Terakhir, kapasitas oli melebihi batas ideal atau berlebihan. Kalau lihat hal ini, Bosque harus cepat ambil tindakan perbaikan. Oli berlebihan bisa menghambat kinerja mesin karena bagian mesin terendam.

Rekomendasi Oli Mesin Mitsubishi 

Setelah tahu kapasitas oli mesin mobil Mitsubishi, Bosque penasaran nggak sih apa aja rekomendasi oli yang paling bagus dan cocok? Yuk, simak rekomendasi oli mesinnya berikut ini!

1. Total Energi Quartz 

Rekomendasi pertama adalah oli Total Energi Quartz 9000 0W20. Spesifikasinya sudah API SP, Fully Synthetic, dan ILSAC GF6A. Oli satu ini nggak bakal buat mesin mobil jadi berat dan bisa bantu Bosque lebih hemat bahan bakar.

2. Shell Rimula R5 E

Selanjutnya adalah Shell Rimula R5 E 10W40. Spesifikasinya sendiri adalah ACEA E7, CI-4, dan Synthetic. Semua mobil dengan mesin diesel bisa menggunakan oli ini, termasuk mobil dari Mitsubishi. 

3. Mitsubishi Motors Genuine Oil Mesin Bensin 

Rekomendasi oli pertama adalah Mitsubishi Motors Genuine Oil. Ini adalah oli keluaran Mitsubishi sendiri. Jadi, sudah terjamin sangat cocok untuk mobil merek Mitsubishi. Nggak cuma melumasi dan melindungi mesin, oli ini juga bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin, lho.

Baca juga; Oli Sintetik vs Mineral, Mana yang Lebih Bagus untuk Mobil?

cakra motor 11

Sudah Tahu Cara Cek Kapasitas Oli Mesin Mobil Mitsubishi?

Nah, itu dari beberapa cara buat cek kapasitas oli mesin mobil Mitsubishi dan rekomendasi yang cocok. Mulai sekarang selalu pastikan Bosque nggak sampai terlewat buat ganti oli, ya. Jadi, mesin mobil Bosque bakal tetap terlumasi dengan baik.

Selain itu, setiap mobil memang pada dasarnya punya tipe dan jenis olinya sendiri-sendiri. Kalau mau lebih pasti, Bosque bisa coba tanya ke bengkel terpercaya seperti Cakra Motor 11 yang punya banyak cabang dan sudah berpengalaman bertahun-tahun. 

Apalagi produk oli yang ada di Cakra Motor 11 sangat banyak, lho. Jadi, Bosque bisa pilih produk terbaik dan paling cocok buat mobil kesayangan. Yuk, kunjungi situs resmi Cakra Motor 11 buat dapat informasi toko online, produk, dan cabangnya!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait