Bagikan!

Honda Enthusiasts, Perhatikan Ini! Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda Terbaru

kapasitas oli mobil honda

Kalo Bosque punya mobil Honda, berarti wajib banget nih ganti oli secara berkala biar mesin nggak rusak. Nah, waktu ganti oli mesin mobil, Bosque harus tahu dulu kapasitas oli mesin mobil Honda yang dimiliki. Soalnya kapasitas oli mesin mobil Honda ini bervariasi banget tergantung model dan tahun pembuatan mobil, Bosque!

Jadi, Bosque perlu tahu cara mengukur kapasitas oli mobil Honda dan rekomendasi olinya biar Bosque nggak salah pilih. Kalo Bosque mau tahu, yuk baca tulisan ini sampai habis!

Cara Mengukur Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda

Mengukur kapasitas oli mobil Honda nggak melulu harus di bengkel, Bosque! Ada cara lebih mudah dan bisa Bosque praktikan sendiri. Mau tahu? Nah, berikut ini langkah-langkah mengukur kapasitas oli mesin mobil Honda yang bisa Bosque coba.

1.  Parkirkan Mobil

Sebelum mengecek kapasitas oli mobil Honda, Bosque harus parkirkan mobil di atas tanah dengan permukaan rata dulu. Kalau mesin mobil Bosque sempat nyala, segera matikan dan tunggu sampai 10 menit. Tujuannya biar oli dan mesin mobil mendingin. 

2. Buka Kap Mesin

Jangan lupa buat siapkan kain sebelum buka kap mobil, Bosque! Ini demi keamanan tangan agar terhindar dari rasa panas. Setelah kap kebuka, tarik dipstik yang ada di dalam dan bersihkan ujungnya pakai kain lap tadi. 

Perlu Bosque ingat, waktu membersihkan dipstik, Bosque harus posisikan ujung dipstik di atas biar tahu level oli di mesin. Pada ujung dipstik ada dua tanda, yakni F (penuh) dan E (kosong). Jadi, Bosque nggak bakal kebingungan.

3. Kembalikan Dipstik

Cara mengecek kapasitas oli mesin mobil Honda selanjutnya adalah mengembalikan dipstik. Setelah Bosque bersihkan dipstik, masukkan kembali dipstik dalam mesin mobil. Terus, tarik lagi buat melihat level oli. Nah di sini, Bosque bisa cek sampai mana oli membasahi dipstik. 

Nah, level oli sendiri digolongkan jadi tiga bagian. Apa saja sih? Ini penjelasannya Bosque!

a) Oli Rendah

Kalo tanda oli dari mobil Bosque ada di bawah tulisan low, artinya Bosque kudu isi oli mobil lagi, nih. Soalnya, kapasitas oli mobil yang kurang bisa terjadi karena kebocoran atau rembesan oli di sekitar mesin.

b) Normal

Waktu kondisi oli mobil Bosque di tengah-tengah tulisan low dan full. Nah, ini tandanya mobil Bosque punya kapasitas cukup, alias ideal. Jadi, Bosque nggak perlu khawatir soal pengisian ulang.

c) Oli Berlebihan

Kalau tanda oli mobil ada di atas tulisan full, tandanya kapasitas oli mobil terlalu banyak, Bosque! Bosque juga harus hati-hati, karena oli mesin yang terlalu banyak bisa bikin kinerja mesin mobil jadi berat. Ini karena poros mesin terendam oli.

Baca juga; 6 Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil, Dijamin Efektif!

4. Kapasitas Oli Setiap Mobil Honda

Bosque sudah tahu kalau kapasitas oli mesin mobil Honda beda, kan? Nah, selain tahu level dipstik, ini daftar kapasitas oli mobil Honda dengan filter dan tanpa filter.

Jenis Mobil Honda Tanpa Filter Dengan Filter
Honda Stream  3.5 liter 3.8 liter
Honda Civic ES 3.6 liter 4 liter
Honda City Vtec GD8 3 liter
Honda CR-V Gen.4 4 liter 4.2 liter
Honda BR-V 3.4 liter 3.6 liter
Honda HR-V 1.5 3.4 liter 3.8 liter
Honda HR-V 1.8 3.4 liter 3.8 liter
Honda New Accord 3.6 liter 3.8 liter
Honda Freed 3.4 liter 3.6 liter
Honda Mobilio 3.4 liter 3.6 liter
Honda Jazz GE8 3.1 liter 3.3 liter
Honda Brio Satya 3.2 liter 3.5 – 3.8 liter

Rekomendasi Oli Mesin Honda

Setelah tahu cara cek kapasitas oli mesin mobil Honda, berikut beberapa rekomendasi oli mesin mobil Honda yang bisa menjadi pilihan Bosque!

1. Oli Eneos 10W 30

Oli Eneos ini oke banget, Bosque! Kekentalannya 10W 40, spesifikasinya API SN. Harganya sekitar Rp380.000,00 untuk ukuran 4 liter. Mampu membuat pengalaman berkendara lebih  nyaman dan melindungi gesekan secara optimal.

2. Oli Shell Helix

Ada juga Oli Shell Helix. Harganya sekitar Rp315.000,00 buat ukuran 4 liter. Punya fitur active cleansing technology dan kekentalannya 10W 40 dengan spesifikasi API SN. Bagus banget buat berbagai jenis mobil Honda.

3. Honda Genuine Part E Pro Blue

Terus ada pula Honda Genuine Part E Pro Blue. Harganya sekitar Rp460.000,00 buat ukuran 4 liter. Kekentalannya 5W 30, pakai bahan base oli fully synthetic. Jadi, kinerjanya optimal buat melumasi mobil. Bisa Bosque buat berbagai jenis Honda, mulai dari Brio, Jazz, Civic, Accord, sampai CRZ.

Baca juga; Panduan Lengkap: Cara Ganti Filter Oli Mobil dengan Mudah dan Tepat

cakra motor 11

Sudah Tau Cara Ukur Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda?

Sekarang, Bosque nggak perlu lagi ribet pergi ke bengkel buat ukur kapasitas oli mesin mobil Honda. Tapi, Bosque tetap harus selektif pilih oli mobil biar sesuai kebutuhan. Nah, kalo mau cari tempat beli oli terpercaya dengan layanan terbaik, Bosque bisa pilih Cakra Motor 11

Nggak cuma buat oli Honda, ada banyak pilihan oli lengkap buat Mitsubishi, oli filter BMW, dan masih banyak lagi. Produk Cakra Motor 11 juga tersedia di e-commerce, lho. Yuk, beli kebutuhan lebih mudah lewat Cakra Motor 11!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait