Kapan Oli Gardan Harus Diganti

Rekomendasi Ganti Oli Gardan Mobil – Sobat Cakra Motor 11 tentu tahu kalau mobil itu bukan hanya memiliki satu pusat kendali yang membutuhkan pelumas. Meskipun oli mesin dan oli gardan sekilas mirip, tetapi berbeda sobat dan beda fungsi. Ada juga bagian lain dari mobil yang membutuhkan pelumas, yaitu gardan, sobat tahu kapan oli gardan harus diganti? Jika tidak tahu, yuk ikuti artikel dari Admin berikut ini.

Pada dasarnya mobil itu punya dua penggerak utama yaitu 2 Wheel Drive (2WD) dan 4 Wheel Drive (4WD). Persamaan dari dua penggerak ini adalah mereka sama-sama memiliki gardan yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda mobil.

Untuk penyaluran yang baik ini, dibutuhkan pelumas, dan pelumas gardan juga khusus, fungsi oli gardan terbilang penting, oli ini berperan agar proses penggerakan roda tetap baik, berikan oli gardan yang berkualitas ya sobat.

Kapan oli gardan harus diganti?

Jangan sampai rusak gardan mobil Anda baru memperhatikan pergantian olinya. Yuk cari tahu kapan oli gardan harus diganti dan pada kondisi seperti apa:

  • Oli gardan berubah warna.

Kapan waktu ganti oli gardan mobil? Oli gardan diganti ketika warnanya berubah, hal ini bisa dilihat dari tanda-tanda seperti menjadi lebih putih atau abu-abu. Kondisi warna ini menandakan kondisi oli gardan mobil Anda sudah tidak sehat dan perlu segera diganti.

Bisa juga dilihat dari perubahan tekstur yang lebih encer dari biasanya, kondisi ini terjadi karna ada kontaminasi dengan air yang masuk. Jadi jika Anda baru saja melewati banjir, lebih baik segera diganti oli gardan mobilnya.

  • Lupa kapan terakhir mengganti oli gardan mobil.

Mobil merupakan kendaraan dengan banyak elemen, dan elemen ini punya batas pakai atau umur pemakaian. Batas pemakaian ini juga berlaku untuk oli gardan, oli gardan harus diganti agar tetap berfungsi dengan baik. Beragam merk atau brand dari oli gardan memang menghiasi, tetapi sobat perlu tahu mana spesifikasi dan rata-rata umur penggunaan oli gardan.

Oli gardan sepatutnya diganti sekitar dua tahun sekali, atau 40.000 km juga bisa menjadi acuan penggantian oli gardan yang baru. Setalah mengetahui dua hal utama ini, sobat jadi tahu kapan oli gardan harus diganti. Sekarang kami berikan referensi oli gardan terbaik 2021.

kapan oli gardan harus digantiReferensi Oli Gardan Mobil:

  • CASTROL MTF GL4 80W90 1LT

Oli Gardan untuk mobl yang satu ini sudah terkenal dari merknya, dengan spesifikasi SAE 80W90, API GL-4 terbilang cocok untuk mobil bertransmisi manual.

  • IDEMITSU EXTREME MTF 1LT

Kalau pelumas yang satu ini punya spesifikasi yang sedikit lebih kental yaitu dengan SAE 85W-85, API GL-4, dan cocok untuk semua mobil manual.

  • MOBIL 1 SYNTHETIC GEAR LS 75W90 1LT

Mobil 1 juga punya oli gardan yang berkualitas, dengan spesifikasi lebih encer yaitu SAE 75W-90 dan API GL-5 dan juga cocok untuk semua mobil transmisi manual.

  • MOBIL LUBE HD 80W90 1LT

Mobil Lube juga cocok untuk semua mobil bertransmisi manual dengan detail spesifikasi SAE 80W-90, API GL-5.

  • SHELL SPIRAX S2G 80W90 1LT

Spirax paling sering direkomendasikan sebagai oli gardan mobil, dengan spesifikasi SAE 80W-90, API GL-4 membawa perputaran roda jadi bagus. Oli gardan ini juga cocok untuk semua mobil dengan transmisi manual.

  • ENOC ZENON ULTRA LSD GL5 80W90 GEAR OIL 1LT

Oli gear yang satu ini memiliki detail spesifikasi SAE 80W-90, API GL-5, MB 235.1, ZF TE-ML 02. Enoc Zenon Ultra ini juga cocok digunakan untuk semua mobil bertransmisi manual.

  • SPEEDLINE SUPER GEAR LSD GL5 75W90 12X1LT

Speedline juga tidak mau kalah, oli gardan ini juga cocok untuk semua mobil dengan transmisi manual. Detail spesifikasinya 75W-90, API GL-5.

Beli oli gardan untuk mobil kamu di Cakra Motor 11, harga mulai Rp 60.000an. Klik disini Produk dan Etalase dari Cakra Motor 11 di Tokopedia | Tokopedia

Cakra Motor 11, toko online dan offline

 

Cakra Motor 11Dan salah satu sentra aki dan oli yang bisa Anda jadikan rujukan adalah Cakra Motor 11 yang membuka lima cabang di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Kota, Jakarta Selatan, Depok, dan Tangerang. Mereka juga membuka toko resmi di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11) untuk melayani pemesanan aki/oli dan part lainnya untuk pelanggan di luar Jabodetabek.

Cakra Motor 11 adalah toko yang sudah terpercaya selama lebih dari 30 tahun sehingga Anda tak perlu waswas. Mereka kerap memberikan promo dan potongan harga bagi para pelanggan setianya. Selalu ada promo gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Anda tinggal memesan dan menunggu pesanan Anda diantar sampai rumah. Untuk menanyakan produk-produk lain atau berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait