Bagikan!

Tips Memilih Toko Jual Aki Mobil Terpercaya

jual aki mobil

Jual Aki Mobil – Sebagai salah satu komponen paling penting dalam mobil, memilih aki tentu saja harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Jangan beli aki sembarangan karena Anda bisa menyesal belakangan. Aki berkualitas buruk juga akan berdampak buruk pada mesin dan yang pasti akan cepat tekor atau soak, membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk beli aki lagi.

Aki berfungsi menyuplai daya listrik ke berbagai komponen mesin, jadi sangat masuk akal bila aki yang tekor akan membuat mobil susah dinyalakan, klakson dan lampu tidak berfungsi baik, dan berbagai masalah lainnya akan muncul. Anda perlu memilih aki yang baik dengan mengecek beberapa hal yang akan kami bahas di bawah ini.

Tips memilih aki mobil

jual aki mobilMemilih aki mobil harus didasarkan pada bahan pertimbangan yang pasti, bukan asal tebak. Anda sebenarnya bisa mengetahui informasi tentang kebutuhan aki Anda di buku panduan mobil (manual) atau Anda bisa bertanya langsung pada mekanik di bengkel. Tapi secara umum, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui kala memilih aki.

1. Kecocokan

Yang dimaksud di sini adalah kecocokan aki dengan spesifikasi mobil Anda. Aki dan mesin mobil tidak dirancang sama. Satu aki belum tentu cocok dengan satu mesin mobil tertentu. Apapun jenis aki yang Anda pilih, entah itu basah atau kering, pastikan itu sesuai dengan spek mesin Anda. Periksalah spesifikasi mesin Anda di buku manual, lalu periksalah ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan dari aki yang Anda pilih. Pastikan keduanya cocok dan periksalah juga kapasitas aki Anda.

2. Kualitas dan ketahanan

Membeli barang apapun wajiblah mempertimbangkan kualitasnya. Soal aki, hal yang paling perlu diperhitungkan adalah soal ketahanan. Ini agar aki yang Anda pakai tidak cepat rusak yang nantinya malah akan semakin merepotkan Anda sendiri. Aki-aki terbaru dari brand kenamaan terus berupaya meningkatkan mutu akinya, jadi untuk amannya Anda sebaiknya memilih aki yang jelas brandnya, bukan yang abal-abal.

3. Garansi

Hal berikutnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah garansi, meski garansi tidak bisa dijadikan patokan utama. Garansi yang panjang akan memberikan kenyamanan dan kepastian pada pelanggan soal kualitas dan keawetan aki mereka. Kini beberapa brand kenamaan berlomba memberikan garansi panjang untuk akinya demi menarik perhatian konsumen, namun Anda tetap harus berpedoman pada kecocokan aki dengan mobil dan ketahanannya.

 

Baca Juga : Spek Dan Harga Aki Mobil Varta Silver Dinamic 60002

 

4. Aki orisinil dan baru

Di mana pun Anda membelinya, pastikan aki yang Anda beli adalah barang asli dan baru, bukan barang tiruan atau barang rekondisi (bekas). Mengeceknya butuh sedikit ketelitian. Aki rekondisi biasanya kemasannya tidak sesempurna aki baru, biasanya terdapat goresan di bodi, bodinya sudah agak menggembung, dan memiliki tampilan warna yang menghitam. Aki rekondisi juga dijual dengan harga yang murah, lebih murah dari aki asli. Jadi jangan pernah tergiur dengan aki yang harganya miring.

Tempat Jual Aki Mobil

jual aki mobilAnda sebenarnya bisa membeli aki dari mana saja. Umumnya, orang membeli aki dari tempat-tempat berikut:

1. Bengkel resmi

Ini adalah tempat paling aman untuk membeli aki orisinil karena bengkel resmi pasti hanya akan menjual barang-barang ori meski harganya sedikit di atas pasaran. Di sini Anda juga bisa melakukan servis kendaraan dan perawatan lainnya.

2. Bengkel umum / toko aki

Baik bengkel umum maupun toko aki di pinggir jalan juga menyediakan aki, namun Anda harus benar-benar jeli dalam membedakan mana bengkel/toko yang amanah, mana yang tidak. Biasanya bengkel yang sudah punya nama besar, sudah mapan selama bertahun-tahun, dan sudah punya banyak pelanggan tidak mungkin menjual barang palsu. Mereka benar-benar menjaga kepercayaan para customernya.

Untuk menilai bengkel/toko mana yang recommended, Anda bisa membaca ulasan tentang mereka di internet, bertanya pada teman atau kerabat yang sudah pernah menyerviskan mobilnya ke sana, atau Anda bisa datang langsung untuk mengujinya sendiri.

3. Toko online

Ini adalah pilihan yang lebih praktis untuk membeli oli. Ada bermacam toko online, baik itu yang berbentuk website (resmi dan tak resmi), media sosial, marketplace. dan e-commerce. Membeli sesuatu secara online sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Tapi ini tetap butuh kewaspadaan ekstra. Pastikan Anda membeli spare part dari website atau toko online yang terpercaya.

Sebisa mungkin pilihlah e-commerce yang memberikan layanan rekening bersama. Ini untuk memerangi penipuan online yang tengah marak. Artinya, setelah Anda memilih produk di suatu toko, Anda perlu membayarnya langsung secara transfer. Namun uang transferan Anda itu akan ditahan dulu oleh pihak e-commerce sampai barang pesanan Anda benar-benar dikirim dan Anda menyatakan puas dengan pesanan Anda (kualitas, kondisi, ori/palsu). Setelah Anda menyatakan barang sudah diterima dalam kondisi OK, barulah pihak e-commerce akan melepaskan uang transferan Anda ke pihak penjual. Simpel dan aman!

Beli aki online, mengapa tidak?

Saat ini hampir semua brand memiliki toko atau mall online sendiri-sendiri untuk menjangkau pasar seluas-luasnya. Demikian pula bengkel atau toko onderdil yang sudah punya nama akan membuka toko online di e-commerce tertentu. Promo dan diskon pengiriman (free ongkir) biasanya dijadikan alat untuk menarik minat pembeli.

Anda tinggal memilih produk, melakukan pemesanan (checkout), melakukan pembayaran (via transfer ATM, internet banking, mobile banking, dll), mengkonfirmasi pemesanan, dan menunggu pihak penjual mengirimkan barang Anda ke alamat rumah Anda melalui jasa kurir.

Cukup mudah untuk menilai apakah sebuah toko online di marketplace/e-commerce terpercaya atau tidak. Biasanya ada label seperti Toko Resmi atau Official Store untuk membuktikan bahwa toko tersebut adalah toko resmi. Lalu ada lencana seperti Star Seller yang menujukkan bahwa toko tersebut laris dan terpercaya. Bacalah ulasan, komentar, dan testimony orang-orang yang sudah pernah membeli barang itu di toko tersebut. Berapa nilai ratingnya. Jadikan itu semua sebagai bahan pertimbangan Anda.

Cakra Motor 11, toko online dan offline

jual aki mobil

Dan salah satu sentra aki dan oli yang bisa Anda jadikan rujukan adalah Cakra Motor 11 yang membuka lima cabang di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Kota, Jakarta Selatan, Depok, dan Tangerang. Mereka juga membuka toko resmi di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11) untuk melayani pemesanan aki/oli dan part lainnya untuk pelanggan di luar Jabodetabek.

Cakra Motor 11 adalah toko yang sudah terpercaya selama lebih dari 30 tahun sehingga Anda tak perlu waswas. Mereka kerap memberikan promo dan potongan harga bagi para pelanggan setianya. Selalu ada promo gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Anda tinggal memesan dan menunggu pesanan Anda diantar sampai rumah. Untuk menanyakan produk-produk lain atau berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait