Jenis Suspensi Mobil Yang Terbaik Terbaru 2023

Jenis Suspensi Mobil Yang Terbaik

Cakramotor11.com, Jenis Suspensi Mobil Yang Terbaik – Coba bayangin bosque kalau mobil itu gak ada suspensinya, buset pasti bokong sama badan langsung terasa sakit ya. Pasalnya suspensi itu penting banget untuk kendaraan baik motor maupun juga untuk mobil. Kita juga tidak bisa memprediksi kondisi jalan akan baik atau buruk, bahkan mobil terbaik pun atau mobil mewah para sultan tetap butuh yang namanya suspensi.

Suspensi mobil merupakan salah satu komponen di kendaraan untuk meredam getaran saat kendaraan bergerak dan dia menentukan kenyamanan berkendara. Suspensi ini pun punya peran penting dalam kenyamanan si pengemudi dalam berkendara, terutama saat melewati jalan yang tidak rata, suspense ini memiliki andil besar, dengan adanya suspensi yang baik akan membuat mobil enak dikendarai.

Jenis Suspensi Mobil Yang Bagus:

  • Suspensi MacPherson Strut.

suspensi macpherson strutMengenal jenis suspensi itu tidak susah bosque, karena pada dasarnya sistem suspensi itu mirip dan punya fungsi utama yang sama. Suspensi mobil yang satu ini emang diambil dari nama si penemu yaitu Earle MacPherson, kamu perlu tahu bosque, suspensi ini merupakan salah satu suspense yang paling banyak dipakai oleh produsen mobil. Alasannya kebanyakan sama, yaitu dari harganya yang tidak mahal serta komponennya cukup simple.

Suspensi ini banyak digunakan di mobil-mobil seperti sedan, atau juga mobil Low MPV. Konstruksinya yang ringan tapi juga cukup efektif dalam penyinpanan mesin yang jadinya cukup luas. Contoh mobil yang menggunakan jenis suspense ini adalah Avanza, Corolla, serta sebagian besar mobil sedan. Sedikit bahas kekurangannya adalah dalam penerimaan beban dirasa kurang, juga pada berubahnya dari sudut kemiringan geometri saat berbelok serta ban kurang baik dalam menempel pada aspal.

  • Suspensi Double Wishbone.

suspensi mobil terbaikSuspensi yang satu ini punya dua lengan, terdiri dari lower arm dan juga upper arm dan di mana berfungsi sebagai penopang dari sistem suspensi. Adanya desain Double Wishbone yang independent ini cukup baik dalam bergerak serta konstan. Konstruksi Double Wishbone ini cukup banyak digunakan pada mobil seperti Innova, Fortuner, Isuzu dan lainnya.

Adapun sedikit kekurangannya seperti harus punya ruang yang lebih besar daripada yang lain, ditambah lagi jika ada perbaikan seperti harus dibongkar, perlu waktu yang cukup lama seperti halnya ingin ganti shocbreker mobil.

  • Suspensi Multi Link.

multi link suspensionJenis suspense yang satu ini adalah suatu pengembangan bosque dari sistem suspense Double Wishbone tadi. Multi Link punya desain konstruksi yang cukup rumit dan disatukan dengan banyak komponen disisi kedua arm nya. Keuntungan dari suspensi ini punya daya pencengkraman yang baik dan pengendalian yang baik pula meskipun dijalanan yang kurang mulus. Kekurangannya seperti mahalnya komponen-komponen sparepart karena masih cukup jarang dipasaran.

  • Suspensi 3 Link Rigid.

suspensi 3 link

Ciri utama dari suspensi yang satu ini adalah terletak dibagian belakang mobil serta menggunakan lateral rod serta lower arm. Konstruksinya terdiri dari beberapa komponen seperti coil spring, lateral rod, lengkan torsion axle serta shock absorber. Meskipun dia banyak komponen, tetapi ukuran dari sistem pengaturan suspense ini cukup kompak.

  • Suspensi Trailing Arm.

suspensi mobil terbaik

Sistem suspensi yang satu ini kelihatannya mirip seperti 3 link rigid, dan terletak dibagian belakang. Tetapi beda pada sistem kerjanya, suspensi trailing arm ini pakai trailing arm yang sudah menyatu dimulai dari sisi kanan dan juga kirinya.

  • Suspensi Udara.

air suspension

Suspensi udara atau air suspension merupakan pengembangan teknologi serta punya sistem suspense yang cukup baik. Kita sering melihat suspense udara ini ada di mobil-mobil yang terbilang mahal seperti pada Mercedes-Benz. Sistem suspensi udara bisa dioperasikan atau diatur pakai sistem komputerisasi.

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait