Bagikan!

Tips Memilih Oli untuk Mobil Honda CVT yang Benar

honda cvt

Honda CVT – Semakin pesatnya perkembangan teknologi otomotif membuat banyak pabrikan mobil yang memproduksi mobil CVT secara besar-besaran. Mobil CVT atau Continuously Variable Transmission dengan mulus melakukan perubahan gigi rasio secara efektif dan yang tak ada habisnya saat Anda mengemudi, sedangkan jenis transmisi mekanis lainnya menawarkan sejumlah rasio gigi tetap dan memiliki pergeseran yang keras di antara masing-masing. CVT juga dikenal dengan nama single-speed, shiftless, dan stepless transmission.

Dengan teknologi CVT alias transmisi otomatis yang menggunakan pulley dan sabuk baja sebagai penggerak transmisi, berkendara menjadi lebih nyaman karena perubahan gigi dilakukan secara halus dan hampir tidak terasa. Kecepatan mobil yang stabil bisa didapatkan dengan mudah, akselerasi mobil menjadi lebih mulus, dan konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit. Mobil CVT terutama cocok untuk jalanan yang selalu padat merayap.

Beberapa produsen mobil kenamaan sudah memasarkan mobil-mobil CVT, misalnya Honda Mobilio, Toyota Prius Hybrid, dan All New Camry. Mobil-mobil hybrid juga menggunakan transmisi otomatis ini karena lebih halus dan irit bahan bakar. Sebagaimana yang kita tahu, mobil-mobil Hybrid juga memakai motor elektrik bertenaga baterai, transmisi otomatis akan membantu mobil dalam berakselerasi. Salah satu mobil hybrid terbaik yang ada di Indonesia saat ini yang menerapkan sistem transmisi otomatis CVT adalah Toyota Camry Hybrid.

Oli Mobil Honda CVT (Bertransmisi Otomatis)

 

honda cvt

Klik Gambar Untuk Membeli dan Klaim Gratis Ongkir 100%

Untuk artikel kali ini, kami akan fokus pada pembahasan mobil-mobil matic keluaran Honda. Beberapa mobil andalan mereka menggunakan transmisi otomatis, seperti Mobilio dan All New Honda Jazz. Perawatan mobil matic konon lebih mahal dari mobil manual, tapi untuk jangka panjang mobil matic berteknologi CVT lebih irit bahan bakar.

Meski begitu, mobil CVT tetap membutuhkan perawatan yang baik agar semua komponen-komponennya bisa bekerja dengan maksimal. Oli transmisinya perlu diganti secara berkala agar kondisi mesin tetap baik. Yang wajib Anda perhatikan pertama kali adalah spesifikasi mobil Anda. Produsen mobil biasanya sudah mencantumkan rekomendasi pelumas yang cocok untuk mobil mereka. Itu semua ada di buku panduan mobil aias manual book.

Honda sendiri melalui HPM (Honda Prospect Motor) telah mengeluarkan dua jenis CVT fluid, masing-masing untuk mobil Honda generasi pertama onda Jazz L15A i-DSI dan VTEC dan untuk mobil Honda generasi kedua dan ketiga, yaitu Honda Mobilio dan All New Honda Jazz generasi ketiga. Anda tidak boleh sembarangan memilih oli transmisi karena spesifikasi oli-oli tersebut berbeda meski sama-sama CVT.

Merawat mobil-mobil Honda generasi terbaru seperti Mobilio dan Jazz tak susah, Anda hanya cukup mengganti oli Honda HCF-2 alias oli khusus untuk mobil CVT. Untuk waktu penggantiannya standar saja, yaitu sekitar 40.000 km jarak tempuh. Anda tidak boleh mencampurkan oli Honda ini dengan oli tipe lain atau oli dari merk lain.

 

Baca Juga : 6 Bengkel Oli Mobil Jakarta Utara Paling Recomended

 

Cakra Motor 11, Spesialisnya Oli

honda cvtAnda pasti bertanya, di mana membeli oli Honda HCF-2 yang asli dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda? Jawabannya adalah di Cakra Motor 11, sentra aki dan oli mobil yang lengkap, terpercaya, dan murah. Cakra Motor 11 adalah bengkel dengan reputasi tinggi yang berada di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Mereka menyediakan aki dan oli serta segala macam spare part kendaraan sejak 30 tahun silam.

Bila Anda tinggal jauh dari kawasan Jabodetabek tapi masih ingin membeli produk asli Cakra Motor 11 seperti oli transmisi Honda, Anda bisa memesannya di official store mereka di Tokopedia yang beralamat di https://www.tokopedia.com/cakramotor11/honda-hcf-2-mobilio-3-5lt. Cara pesannya mudah, aman, dan barang Anda akan diantar ke rumah Anda secepat-cepatnya menggunakan jasa kurir terpercaya.

Bila berbelanja di Cakra Motor 11 via Tokopedia, Anda akan mendapatkan potongan harga untuk produk-produk tertentu dan yang pasti gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Tentunya penawaran ini sangat menarik karena ongkos kirim pastinya mahal, tapi Anda tak perlu pusing memikirkannya bila berbelanja di Cakra Motor 11. Mereka siap mengirimkan pesanan Anda di mana pun Anda berada. Barangnya dijamin orisinil, ready stock, dan harganya bersahabat.

Untuk bertanya-tanya pada admin soal ketersediaan stok produk lain selain yang ada di etalase Tokopedia, Anda bisa menghubungi nomor WhatApp berikut: 0877-777-96-334. Anda juga bisa berkonsultasi dengan admin seputar kebutuhan mobil Anda. Jangan ragu karena Cakra Motor 11 adalah salah satu yang terbaik di bidang ini. Anda bisa berbelanja dengan aman di official store Cakra Motor 11 tanpa harus keluar rumah dan ngantri di bengkel.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait