Bagikan!

Bagaimana Cara Ganti Aki Mobil Tanpa Ribet? Ini Solusinya

ganti aki mobil

Ganti Aki MobilBagaimana cara ganti aki mobil di rumah? Aki mobil adalah salah satu komponen terpenting yang wajib anda jaga kualitasnya. Penggunaan aki mobil yang tidak baik bisa mengakibatkan aki tidak mampu menjalankan tugasnya secara maksimal. Akibatnya, mobil yang anda kendarai juga tidak senyaman seperti pada waktu kondisi aki mobil baik-baik saja. Untuk kerusakan aki mobil ringan, mungkin anda tinggal membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Namun ketika kerusakan aki mobil sudah parah, pilihan terakhir adalah dengan mengganti aki mobil. Harga aki mobil saat ini memang bervariasi, tergantung merk dan tipe yang anda cari. Meskipun begitu, kesemua harga yang ditawarkan tentunya tidak bisa dikatakan murah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kondisi aki agar selalu baik sehingga tidak menimbulkan berbagai masalah yang tidak diinginkan.

Langkah-Langkah Ganti Aki Mobil

ganti aki mobilSeperti yang telah kami sebutkan bahwa ketika kondisi aki sudah tidak mungkin diperbaiki lagi, maka opsi terakhir adalah dengan menggantinya. Mengganti oli mobil pun tidak bisa anda lakukan sembarangan. Ada beberapa langkah-langkah yang harus anda ikuti agar proses pergantian aki berlangsung dengan baik. Ketika anda salah memasang aki, mobil anda sudah tentu tidak bisa menyala dan dikhawatirkan aki baru anda bisa mengalami masalah.

Namun jangan khawatir karena kami akan menjelaskan bagaimana cara ganti aki mobil yang benar. Cara-cara yang akan kami bagikan cukup mudah anda terapkan. Anda pun bisa menggantinya di rumah sehingga tanpa perlu mengantri di bengkel. Selain itu, anda juga bisa lebih hemat karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya pergantian aki.

1. Matikan mesin

Langkah pertama yang sekaligus sebagai langkah dasar adalah anda harus mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa kontak dalam posisi OFF. Ketika sudah anda matikan, jangan buru-buru langsung mengganti aki. Anda perlu memberikan waktu mobil anda untuk benar-benar mati sekitar 1 sampai dengan 2 menit. Hal ini bertujuan agar semua komponen listrik dalam mobil benar-benar tidak menyala.

Selain itu, memberikan jeda juga bermanfaat untuk menghindarkan mobil dari kerusakan ECU. Sekedar informasi bahwa ECU adalah otak mobil. Fungsinya mengatur semua jalannya sistem mobi. ECU berperan dalam menerima semua perintah dari pengguna yang berasal dari sensor. Jadi, jangan lupa memberikan jangka waktu terlebih dahulu. Anda bisa menunggunya sambil menyiapkan peralatan untuk ganti aki mobil.

2. Buka kap lalu lepaskan terminal negatif

Ketika sudah melewati 2 menit, maka sekarang anda sudah bisa mulai melakukan pergantian aki. Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu dengan membuka kap mobil. Mungkin setiap mobil memiliki cara membuka kapnya sendiri-sendiri. Jika anda bingung cara membukanya, anda bisa mempelajarinya melalui buku manual. Di situ sudah tertera informasi tentang bagaimana cara membuka kap mobil.

Setelah kapnya anda buka, maka tugas anda selanjutnya adalah melepaskan terminal negatif. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Melepaskan terminal negatif bermaksud agar tidak sampai ada percikap api. Anda harus melonggarkan baut terminal tersebut dengan kunci pas. Ukuran bautnya biasanya antara 8 sampai 10 mm. Ketika terminal negatif sudah anda lepaskan, maka lakukan hal yang sama untuk terminal positif.

Caranya pun juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan kunci pas. Ingat, lepaskan terminal negatif terlebih dahulu baru disusul terminal positif. Jangan sampai tertukar karena meskipun terkesan sederhana, namun sangat penting anda ikuti.

3. Cabut aki

Cara ganti aki mobil selanjutnya adalah mencabut aki. Anda bisa mencabut aki degnan catatan keduanya terminalnya sudah benar-benar anda lepas. Anda juga harus hati-hati pada saat mengangkat aki dari dudukannya. Hal ini karena beratnya yang mencapai 20 kg. Jika anda merasa aki tersebut terlalu berat untuk anda, maka anda bisa meminta tolong orang lain.

Jangan memaksakan mengangkat aki sementara anda tahu anda tidak kuat. Jika sampai anda mengangkatnya dan malah aki tersebut jatuh ke mesin mobil, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Untuk itu, penting meminta bantuan saudara, teman, atau bisa tetangga anda.

 

Baca juga : Oli Fastron Mobil, Pilihan Terbaik Untuk Segala Jenis Mobil

 

4. Bersihkan dudukan aki dan kabel terminal

Setelah anda selesai mengangkat aki, maka langkah yang harus anda lakukan selanjutnya yakni dengan membersihkan kabel terminal. Jangan lupa untuk membersihkan tempat dudukan aki. Untuk pembersihannya bisa menggunakan sikat gigi dan juga baking soda. Lalu bagaimana jika masih sulit dibersihkan? Anda bisa menggunakan sikat kawat. Dengan begitu, karat yang menempel bisa terangkat.

Tips yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan. Pastikan bahwa baking soda dan juga korosi sudah anda cuci sampai bersih. Kemudian anda harus mengeringkan dudukan dan juga terminal aki sampai benar-benar kering. Pastikan tidak ada kandungan air yang tersisa. Tips lainnya, anda juga dapat melumasi terminal aki menggunakan jeli petroleum. Tujuannya agar proses pemasangannya lebih lancar.

5. Memasang aki baru

Jika keempat cara di atas telah anda lakukan dengan baik, maka cara ganti oli yang kelima adalah proses pemasangan aki baru. Sebelum anda memasang aki, anda harus memastikan bahwa aki mobil yang anda beli benar-benar sesuai kebutuhan mobil anda. Pastikan ukurannya juga pas dengan tempat dudukan aki. Selanjtunya, anda harus memasang terminal positif dan diikuti oleh pemasangan terminal negatif.

Berbeda dengan ketika melepaskan terminal, yang diawali dengan terminal negatif. Hal penting yang harus anda perhatikan, ketika proses pemasangan aki, psatikan posisi kutub tidak terbalik. Lalu bagaimana jika sampai terbalik? Akibatnya bisa menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan maupun ECU. Jika ECU rusak, maka anda akan dihadapkan masalah baru dan tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Sekedar informasi, ketika proses penggantian aki selesai, terkadang beberapa mobil memerlukan reset ECU. Jika anda menemukan permasalahan pada power window, central lock, takometer, dan lain-lain, itu tandanya ECU perlu anda reset. Untuk meresetnya perlu and bawa ke bengkel resmi. Jangan membawa ke sembarang bengkel agar hasil reset ECU tidak mengecewakan.

Itulah beberapa informasi penting tentang bagaimana cara ganti aki mobil yang benar. Selain memahami cara mengganti aki mobil, anda juga harus tahu tips memilih aki mobil. Jangan sampai salah memilih aki karena bisa berpengaruh terhadap kenyamanan ketika berkendara.

Tips Memilih Aki Mobil

ganti aki mobilPastikan anda membeli aki mobil di tempat resmi. Jangan tergiur oleh harga murah yang ditawarkan oleh toko tertentu sementara anda tidak mengetahui kualitas dari toko tersebut.

  • Anda harus membeli aki mobil yang sesuai spesifikasi mobil anda. Jika bingung, anda bisa tanyakan kepada penjual aki untuk memilihkan aki terbaik.
  • Tentukan apakah anda ingin membeli aki basah atau kering. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tinggal memilih sesuai selera.
  • Anda juga harus memilih merk aki mobil terbaik dan kualitasnya sudah terkenal dimana-mana.
  • Kapasitas aki juga menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan.

Cakra Motor 11, Toko Aki Mobil Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Anda bisa mendapatkan Aki Mobil di bengkel Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli Aki mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11) . Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Bagi yang ingin menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan aki atau oli mobil, bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 087777796334. Kapan ganti aki mobil yang tepat, konsultasikan segera kondisi aki mobil bosque di Cakra Motor 11.

 

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait