Bagikan!

Cara Merawat Transmisi Mobil Manual dan Matic

cara merawat transmisi mobil manual dan matic

Merawat Transmisi Mobil Manual dan Matic, Cakramotor11.com – Kebutuhan akan kendaraan roda empat atau mobil ini semakin tinggi, ditambah pabrikan memiliki fasilitas DP yang tidak memberatkan, ditambah lagi sudah banyak masyarakat kita yang sanggup membeli mobil. Namun, jika ditanya nih sobat, Anda lebih suka mobil transmisi manual atau matic? Jawab di kolom komentar ya.

Jika ada pertanyaa selanjutnya, biasanya muncul pertanyaan mana mobil yang lebih baik, transmisi manual atau matic, tentu balik lagi ke tujuan dan kenyamanan. Karena ada yang lebih nyaman dalam menggunakan matic karena sering melewati jalanan macet dan ada yang nyaman dalam menggunakan manual karena manual lebih bertenaga.

Memang transmisi manual itu dapat menyalurkan tenaga lebih cepat ya sobat terutama dalam tenaga awal. Barulah muncul transmisi matic yang dianggap lebih mudah dalam pengoperasian sehingga tidak cepat membuat kaki pegal ketika melewati jalanan perkotaan yang cenderung macet. Beda transmisi, beda juga cara perawatannya, begitupun treatment dalam penggunaan sehari hari agar mobil tetap awet.

Cara merawat mobil transmisi manual.

cara merawat transmisi mobil manual

Pada dasarnya untuk merawat mobil transmisi manual itu tidaklah rumit, kita perlu berfokus pada perawatan kopling mekanisnya. Pertama seperti tidak menginjak kopling dalam melakukan perpindahan gigi, lalu selanjutnya kasar dalam menekan dan melepas kopling. Hal tersebut harusnya dilakukan dengan baik dan benar, menekan kopling penuh dan melakukan perpindahan transmisi dengan lembut dan tidak kasar.

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan saat membawa mobil manual adalah jangan menekan setengah kopling saat di tanjakan karena akan mempercepat keausan di bagian kampas kopling. Serta selanjutnya jangan terus-terusan menaruh kaki di pedal kopling saat mobil berjalan, itu juga akan mempercepat keausan kopling.

Beli oli dan aki mobil dapat cashback sampai 50.000 klik disini

Disamping itu, cara merawat transmisi mobil manual juga perlu dijaga kualitas oli transmisi manualnya, agar komponen mesin tetap terjaga dengan baik. Dengan oli yang baik dan tentunya original seperti oli mobil yang di jual Cakra Motor 11, membuat mesin lebih baik dalam perpindahan gigi dan lain-lain.

Cara merawat mobil transmisi matic.

cara merawat transmisi mobil matic

Kalau transmisi matic atau otomatis itu menggunakan Toque Converter untuk menggerakkan perpindahan gigi. Fitur itu yang sebetulnya menggantikan fungsi kopling seperti di mobil transmisi manual, baru tenaga bisa teralir ke roda. Oli berkualitas menjadi fokus pada mobil transmisi matic ini, sama seperti halnya manual kok sobat, hanya saja pada mobil matic, semuanya bergerak karena adanya oli yang berkualitas agar semua komponen dalam gear box berjalan baik.

Beli oli dan aki mobil dapat cashback sampai 50.000 klik disini

Automatic Transmission Fluid atau yang sering disebut ATF adalah oli untuk mobil matic atau otomoatis. ATF ini mengalirkan oli ke semua komponen yang bergerak, termasuk ke Torque Converter dan menyalurkan tenaga hidrolik ini ke mesin dan melakukan perpindahan gigi secara otomatis. Mesin transmisi matic ini harus diberikan oli mobil yang berkualitas dan diberikan penggantian oli mesin yang rutin, serta service rutin, agar komponen dalam gear box tanpa kendala.

 

Cek Video Review Cakra Motor 11 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait