Bagikan!

6 Cara Merawat Kopling Mobil: Panduan Praktis untuk Pemula

kopling mobil

Kopling adalah salah satu komponen terpenting di sistem transmisi mobil yang harus Bosque rawat dengan baik. Soalnya, kopling ini berkaitan dengan perpindahan gigi mobil lancar atau tidak. Terus, gimana cara merawat kopling mobil yang benar?

Pertanyaan ini sering banget ditanyakan pemilik mobil kopling, terutama buat mereka yang baru pertama kali mencoba mobil kopling. Jadi, nggak heran kalau informasi seputar penggunaan kopling ini penting banget buat Bosque tahu nih. Yuk, simak artikel ini sampai akhir, ya!

6 Cara Merawat Kopling Mobil

Biar kinerja mesin mobil jadi lebih optimal, penting banget buat Bosque untuk merawat kopling dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara merawat kopling mobil yang perlu Bosque lakuin.

1. Memeriksa Volume Minyak Kopling secara Berkala

Memeriksa volume minyak pada kopling secara berkala menjadi hal pertama yang penting buat Bosque lakukan. Pasalnya minyak kopling punya peranan penting, agar sistem mesin mobil bisa bekerja dengan baik.

Artinya, Bosque nggak boleh biarkan minyak tersebut kotor atau bahkan kurang dari standarnya. Biasanya, volume minyak kopling yang tepat, selalu ada di garis MAX pada tampungan minyak.

Nggak cuma itu, Bosque juga harus periksa kondisi minyak setiap mobil menempuh jarak 10.000 km atau setidaknya lima bulan sekali.

2. Penyetelan pada Celah Kopling

Jika Bosque sering menggunakan mobil, biasanya akan terjadi perubahan kondisi celah kopling. Makanya, penting buat Bosque untuk menjaga kopling tetap ada dalam posisi yang aman. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyetelan kopling.

Penyesuaian ini bertujuan untuk memastikan transisi tenaga dari mesin jadi lebih lancar. Jadi, nantinya Bosque bisa menggunakan kopling dengan lebih nyaman.

3. Jangan Gunakan Setengah Kopling

Cara merawat kopling mobil yang berikutnya adalah jangan menggunakan setengah kopling, jika ingin kondisi mesin tetap awet. Kenapa gitu? Pasalnya, penggunaan setengah kopling yang nggak ditekan atau dilepaskan sepenuhnya, bisa buat kopling cepat aus.

Kondisi ini terjadi karena adanya gesekan terus-menerus antara clutch cover dengan kampas kopling.

4. Jangan Menerjang Banjir

Selanjutnya, agar kopling tetap dalam kondisi baik, hindari menerjang banjir. Soalnya, air banjir yang masuk ke komponen kopling bisa mencemari cairan pelumas dan merusak permukaan cakram.

Nggak cuma itu aja, air dan lumpur juga bisa bikin komponen serta baut di sekitaran kopling jadi lembap. Akibatnya, komponen tersebut pun akan rusak dan nggak bisa bekerja dengan baik.

5. Tidak Membiarkan Mobil Menganggur Terlalu Lama

Tidak membiarkan mobil menganggur terlalu lama juga jadi cara merawat kopling mobil lainnya yang harus Bosque perhatikan. Pasalnya, mobil yang dibiarkan terlalu lama justru akan membuat kondisi mesin jadi lembap dan kopling berisiko terkena korosi.

Bahkan, komponen di sekitar kopling juga rentan terkena debu dan kotoran, sehingga rawan macet saat digunakan. Makanya, jika memungkinkan, Bosque bisa menghidupkan mesin mobil secara teratur untuk menjaga komponen tetap bergerak.

6. Menyesuaikan Kecepatan dengan Ketepatan Gigi

Cara merawat kopling mobil yang terakhir adalah menyesuaikan kecepatan dengan ketepatan gigi, karena akan berpengaruh terhadap kinerja kopling.

Kalau mobil Bosque berjalan dengan kecepatan rendah, sebaiknya gunakan gigi rendah. Begitu juga ketika mobil berjalan dengan kecepatan sedang maupun tinggi.

Tata cara ini akan membantu Bosque meminimalisir tekanan dan gesekan berlebih pada kampas kopling. Dengan begitu, kopling bisa tetap sehat dan awet.

Baca juga; Komponen Kopling Mobil: Jenis, Fungsi dan Harganya

4 Tips Berkendara Menggunakan Mobil Kopling

Nggak cuma harus tahu seputar cara merawat kopling mobil dengan benar, Bosque juga perlu tahu nih, apa saja tips berkendara menggunakan mobil kopling. Pasalnya, cara mengendarai mobil kopling akan jauh berbeda dengan mobil matic. Nah, berikut adalah beberapa tips berkendara menggunakan mobil kopling yang bisa Bosque simak!

1. Menguasai Kopling

Tips pertama yang penting untuk Bosque perhatikan adalah menguasai kopling. Seperti yang diketahui, kopling adalah alat yang berfungsi memutuskan putaran mesin ke transmisi yang masih berhubungan. 

Lalu, kopling juga berfungsi untuk mengakomodir perubahan gigi, baik untuk menurunkan maupun menaikkan. Jadi, Bosque perlu tahu kapan gigi harus diturunkan dan dinaikkan. Dengan begitu, perputaran mesin mobil bisa berjalan lancar.

2. Mengenali Semua Jenis Pedal

Ada beberapa jenis pedal yang digunakan pada berbagai tipe mobil. Makanya, Bosque harus mengenal semua jenis pedal tersebut. Jadi, pedal di sebelah kiri adalah pedal untuk kopling.

Kemudian, pedal yang ada di tengah, berfungsi sebagai rem. Sementara pedal yang ada di sebelah kanan, berfungsi sebagai pedal gas atau akselerasi. Nah, Bosque harus paham dengan baik perbedaan ketiga pedal tersebut.

3. Menginjak Kopling secara Penuh

Setelah mengetahui cara merawat kopling mobil, pasti kini Bosque sudah tidak lagi menginjak kopling dengan setengah tenaga. Sebab, salah satu tips menggunakan kopling dengan benar adalah menginjaknya secara penuh. Hal ini perlu dilakukan, agar kampas rem tetap dalam kondisi baik dan tidak mengganggu komponen lainnya.

4. Menjalankan Mobil

Tips yang terakhir adalah menjalankan mobil. Jadi, saat Bosque ingin menjalankan mobil, angkat kaki yang ada di posisi kopling hingga putaran mesin menurun, lalu baru injak pedal gas secara perlahan.

Artinya, Bosque harus bisa menyeimbangkan gas dan kopling, agar tetap seirama saat menjalankan mobil.

Baca juga; Pengalaman Pertama Merawat Mobil? Simak Trik dan Tips Ini!

cakra motor 11

Lagi Cari Toko Oli dan Aki Murah? Ya, Cakram Motor 11 Aja!

Itulah cara merawat kopling mobil dan tips menggunakannya dengan benar yang wajib Bosque perhatikan. Dengan menerapkan setiap poin yang sudah dijelaskan di atas, dijamin kondisi kopling dan komponen mesin mobil lainnya akan tetap baik dan bisa bekerja optimal.

Nah, buat Bosque yang sedang mencari toko online yang menjual oli dan aki berkualitas, bisa beli langsung di Cakra Motor 11. Toko spesialis oli dan aki ini menyediakan berbagai merek dan tipe dengan harga yang terjangkau.

Nggak cuma itu, Cakra Motor 11 juga siap mengirim produk ke seluruh Indonesia. Jadi, Bosque nggak perlu repot-repot lagi datang ke toko untuk membeli oli atau aki.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait