Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor, Cakramotor11.com – Kerusakan pada komponen mobil memang sangat menyebalkan, namun aki tekor bisa menjadi yang paling mengganggu. Aki merupakan komponen mobil yang sangat penting karena menyuplai tegangan listrik ke seluruh komponen mobil. Bahkan tanpa aki, mobil anda sudah pasti tidak bisa dinyalakan. Maka dari itu, saat aki mengalami masalah seperti aki tekor, mobil sudah pasti sudah untuk dinyalakan.

Sebelum mengatasi aki mobil yang tekor, anda perlu memahami penyebab terjadinya aki tekor terlebih dahulu. Karena jika anda tidak tahu penyebab aki tekor, maka kesalahan yang sama akan dilakukan kembali dan menyebabkan aki mobil anda tekor lagi. Untuk itulah memahami penyebab aki tekor sangat penting sehingga anda bisa menjaga kondisi aki mobil selalu dalam kondisi prima.

Penyebab Aki Tekor

Ada 4 hal yang menyebabkan aki tekor yaitu umur pemakaian aki, alternator rusak, mobil lama tidak digunakan, dan aksesoris elektronik berlebihan. Kita akan membahasnya satu persatu.

  • Umur pemakaian aki

Tidak ada barang yang benar-benar awet, termasuk juga aki mobil yang memiliki usia pakai. Umumnya usia aki mobil bisa bertahan hingga bertahun-tahun jika dirawat dengan baik. Akan tetapi jika usia aki sudah tua, maka aki tekor tak bisa dihindarkan.

  • Alternator rusak

Alternator yang rusak menyebabkan aki tidak mendapatkan suplai listrik kembali saat mobil dinyalakan. Aki yang menyuplai listrik ke seluruh kendaraan tanpa dukungan alternator dapat menyebabkan turunnya kapasitas yang dimiliki sehingga mengakibatkan aki menjadi tekor dan mesin mobil tidak dapat dinyalakan.

  • Mobil lama tidak digunakan

Membiarkan mesin mobil tidak menyala dalam waktu yang lama dapat berpotensi membuat aki tekor. Hal ini karena aki akan melakukan pengisian daya saat mobil menyala. Jika mobil lama tidak dinyalakan, aki tidak akan mendapat tenaga listrik dan lama kelamaan aki akan tekor. Itulah mengapa sangat penting untuk memanaskan mobil setiap hari dengan rutin.

  • Aksesoris elektronik berlebihan

Anda mungkin sangat suka memodifikasi mobil dan memasang banyak aksesoris tambahan di dalam mobil seperti speaker, lampu, dan lain sebagainya. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kapasitas aki, tentu saja aki akan menjadi tekor. Karena bagaimanapun, listrik tersebut diambil dari daya aki. Maka jika ingin menambah aksesoris yang membutuhkan tegangan listrik, anda perlu mempertimbangkan kapasitas aki mobil anda.

Mengatasi aki mobil yang tekor

Anda bisa mengatasi aki mobil yang tekor dengan 2 cara yaitu menggunakan jumper aki dan juga mendorong mobil.

CARA MENGATASI AKI MOBIL TEKOR

Cara yang paling aman dan mudah dalam melakukan jumper aki adalah dengan menggunakan kabel jumper. Penggunaan kabel khusus jumper berfungsi untuk meminimalisir terjadinya korsleting mengingat arus listrik yang digunakan untuk memutar dinamo starter mobil cukup besar sehingga membutuhkan daya yang kuat.

Setelah kabel jumper siap, hal selanjutnya yang dibutuhkan adalah aki dengan kondisi bagus dari kendaraan lain sebagai donor. Dalam memilih kendaraan lain yang digunakan untuk jumper, sebaiknya perhatikan juga kapasitas mesin kendaraan donor memiliki kapasitas yang sama atau bahkan lebih besar sehingga dapat mengangkat daya pada mobil yang akinya tekor.

Pada kondisi mesin mobil mati, sambungkan kabel jumper dari aki mobil anda dengan aki pendonor. Pastikan kedua mobil dalam posisi gigi N pada mobil transmisi manual dan gigi P pada mobil matic. Kutub positif yang biasanya berwarna merah harus tersambung dengan kutub positif, begtu juga dengan kutub negatif yang berwarna hitam harus tersambung dengan kutub negatif. Setelah itu nyalakan kedua mobil. Biarkan mobil anda menyala lebih lama agar aki bisa mengisi daya.

Cara kedua yaitu dengan mendorong mobil. Pastikan posisi gigi berada di gigi 3 atau 4 sehingga saat didorong mobil tidak terasa berat. Dorong sejauh 5 hingga 10 meter sambbil coba hidupkan mobil anda. Jika sudah menyala, biarkan mobil menyala lebih lama tanpa dimatikan terlebih dahulu.

Itu dia beberapa hal yang bisa anda perhatikan mengenai aki mobil yang tekor. Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun aki masih tidak bisa menyala, kemungkinannya adalah kerusakan yang terjadi lebih parah dan bukan karena aki tekor. Jika hal ini terjadi, maka yang bisa anda lakukan adalah mengganti aki mobil dengan yang baru. Namun pastikan anda bertanya pada teknisi mobil terlebih dahulu untuk memastikan.

Beli aki mobil di Cakra Motor 11, manfaatkan promo di Tokopedia kami dan gratis jasa ganti di bengkel offline kami.

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.