Bagikan!

Cara Memilih Oli untuk Mobil MPV: Penting untuk Diketahui

Cara Memilih Oli untuk Mobil MPV

Menjaga performa kendaraan tetap maksimal menjadi hal wajib buat Bosque lakukan. Salah satunya dengan rutin mengganti oli mesin mobil MPV. Cara memilih oli untuk mobil MPV bisa Bosque terapkan untuk mendapat oli terbaik bagi mobil MPV kesayangan.

4 Cara Memilih Oli untuk Mobil MPV

Memilih oli yang tepat untuk mobil MPV tentunya tidak dapat kalian lakukan secara sembarang. Ada 4 cara agar oli yang Bosque pilih tepat dan sesuai dengan kebutuhan mobil.

1. Pahami Kebutuhan Mesin

Pertama, perhatikan kebutuhan mesin. Cara paling mudah Bosque harus mengetahui spesifikasi mesin mobil. Bosque hanya perlu membuka buku manual kendaraan. Di sana sudah tercantum secara lengkap tentang spesifikasi mobil kalian.

Lalu bagaimana, jika buku manual sudah hilang? Bosque tak perlu khawatir, di zaman yang semakin canggih ini tentunya mencari berbagai informasi di internet sudah menjadi hal biasa. Pastikan cari informasi kendaraan pada sumber-sumber yang terpercaya.

Menyesuaikan jenis oli dengan spesifikasi mobil itu menjadi hal yang tidak bisa dianggap remeh. Karena oli yang tidak sesuai, justru akan membuat performa mobil kesayangan Bosque menjadi menurun. 

2. Periksa Kode dan Kekentalan Oli

Cara memilih oli untuk mobil MPV selanjutnya, memeriksa kode dan kekentalan oli. Pada kemasan oli terdapat kode SAE (Society of Automotive Engineer) yang bisa Bosque lihat untuk memeriksa kekentalan oli.

Tahukan Bosque, setiap kode dalam kemasan oli memiliki arti yang berbeda? Misalnya kode 15W-40, huruf W pada kode tersebut berarti adalah winter atau dingin.

Sedangkan arti dari kode itu, dalam kondisi suhu dingin SAE dari oli tersebut 15 dan saat suhu panas 40.

Angka yang semakin kecil pada kode W menunjukkan oli tersebut semakin cair. Artinya, ketika berada di suhu dingin oli tidak mudah mengeras dan mampu bertahan.

Selain itu, Bosque juga perlu memperhatikan beberapa jenis mesin mobil yang dilengkapi dengan kode, seperti VVT, VVTi, dan lainnya. Mobil dengan kode tersebut sebaiknya Bosque beri oli dengan kekentalan 10W-50 atau 5W-30. 

3. Cek Bahan Dasar Oli

Pada dasarnya, bahan dasar pembuatan oli terbagi menjadi dua jenis, yakni sintetis dan mineral. Tentunya dua jenis bahan tersebut memiliki karakter berbeda.

Oli mineral jenis oli yang terbuat dari ekstrak minyak bumi alami. Jenis ini cocok untuk merawat mesin kendaraan kalian.

Sementara oli berbahan dasar sintetis, terbuat dari berbagai campuran bahan kimia. Biasanya oli jenis ini digunakan untuk mesin mobil berkekuatan turbo.

4. Pastikan Oli Bersertifikasi

Terakhir, Bosque harus perhatikan saat memilih oli yang tepat untuk mobil MPV kesayangan adalah pastikan oli tersebut telah bersertifikasi.

Beberapa sertifikasi oli seperti, API, ACEA, ILSAC dan JACO. Bosque tak perlu khawatir, jika oli yang dibeli telah memiliki sertifikasi tersebut. Karena kualitasnya sudah pasti terjamin.

Baca juga; Rekomendasi Oli Honda CR-V Terbaik untuk Performa Terunggul

4 Rekomendasi Oli untuk Mobil MPV

Setelah tahu cara memilih oli untuk mobil MPV, Bosque tak perlu bingung lagi untuk menentukan oli mana yang hendak dipilih untuk mobil kesayangan. Nah, berikut 4 rekomendasi oli terbaik untuk mobil MPV milik Bosque!.

1. Castrol Magnatec

Castrol Magnatec salah satu jenis oli mobil yang cukup terkenal akan kualitasnya. Oli ini terbuat dari bahan dasar sintetis dan molekul pintar, sehingga kemampuannya dalam mencegah penyumbatan cukup maksimal.

Bahan sintetis yang oli ini pakai dapat menempel dengan kuat dan tahan lama di atas permukaan mesin kendaraan. Selain itu, akan memberikan perlindungan lebih pada mobil kesayangan Bosque. Untuk varian harganya, dibanderol mulai harga Rp90.000,00 saja lo!

2. Motul H-Tech

Masih dengan oli berbahan dasar sintetis, Motul H-Tech merupakan oli yang dilengkapi dengan teknologi ester. Teknologi ini biasanya terdapat pada mesin pesawat.

Kelebihan dari oli ini, ketahananya yang lama dan membuat mesin mobil menjadi semakin tangguh. Untuk harganya, Bosque bisa membeli mulai dari harga Rp150.000,00 saja.

3. Shell Helix HX7

Shell Helix HX7 juga bisa menjadi pilihan Bosque yang bingung dengan cara memilih oli untuk mobil MPV kesayangan. Tidak hanya mampu melumasi mesin mobil, oli jenis ini juga bisa bertahan pada suhu rendah. 

Shell Helix HX7 dilengkapi dengan flexi molecule yang terbukti dapat menjaga dan memberikan perlindungan penuh pada mesin kendaraan. Bosque bisa mendapatkan oli ini di Cakra Motor 11 dengan harga mulai dari Rp105.000,00 saja lo!

4. Liqui Moly Top Tec

Berbasis teknologi sintetis, Liqui Moly Top Tec dapat memberikan proteksi luar biasa bagi mesin kendaraan. Bahkan, kemampuannya dapat meminimalisir konsumsi oli dan bahan bakar yang berlebih.

Penggunaan oli ini pada mobil MPV akan membuat aliran oli melumasi mesin dengan lebih cepat dan jauh lebih tahan lama. Oli ink bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp170.000,00.

Baca juga; Berapa Liter Oli Mobil Avanza dan Spesifikasinya?

cakra motor 11

Bosque Sudah Tahu Cara Memilih Oli untuk Mobil MPV?

Itulah 4 cara memilih oli untuk mobil MPV yang bisa Bosque terapkan. Selalu mengecek kondisi mesin mobil menjadi langkah penting untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal. Nah, produk rekomendasi di atas dapat Bosque temukan di Cakra Motor 11.

Untuk kualitas, Bosque tak perlu khawatir karena Cakra Motor 11 hanya menawarkan produk berkualitas terbaik dan tentunya terlengkap. Bahkan, Bosque bisa menikmati layanan ganti oli secara gratis ataupun home service. Bosque cari oli untuk mobil MPV kesayangan? Di Cakra Motor aja dong!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait