Bagikan!

3 Cara Melihat Ampere Aki Mobil Paling Mudah!

ganti aki mobil

Aki menjadi komponen penting dalam rangkain listrik pada kendaraan, salah satunya mobil. Poin penting yang perlu diketahui diantaranya besaran ampere yang ada pada aki. Cara melihat ampere aki mobil sebenarnya sangat mudah Bosque!

Untuk menghindari kerugian jangka panjang perlu adanya pemeriksaan terhadap besaran aki dengan beban pada mobil. Gimana sih caranya? Ayo, ikuti penjelasan artikel berikut buat tahu jawabannya!

Sekilas Tentang Ampere Aki

Ampere aki pada mobil menjadi informasi penting yang perlu diketahui nih, sebelum membeli mobil. Beban listrik yang besar pada aki seharusnya sesuai dengan kekuatan aki.

Namun, terdapat beberapa kondisi yang membuat aki mobil sudah tidak memenuhi kekuatan yang diperlukan. Nah, kondisi inilah yang bikin aliran listrik pada mobil tidak lancar.

Akibatnya, saat mobil berada dalam kondisi menyala apalagi ditambahkan dengan penggunaan AC, mobil tersebut akan langsung mati atau tetap menyala namun tidak maksimal.

Oleh karena itu, cara melihat ampere aki mobil yang tepat menjadi tips bagi para pengguna kendaraan bermotor utamanya mobil sebagai langkah awal perawatan. 

Apabila nilai ampere aki kecil sedangkan beban pada mobil membutuhkan daya yang besar, daya listriknya pun cepat menurun.

Baca juga; 5 Ciri Aki Mobil Lemah, Penyebab, dan Cara Mudah Mengatasinya

3 Cara Melihat Ampere Aki Mobil

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan nih untuk mengetahui besaran ampere pada aki mobil. Gimana sih caranya? Yuk, simak 3 cara berikut ini!

1. Cek Bodi Aki Mobil

Umumnya, produk aki yang dikeluarkan oleh berbagai macam pabrik memiliki spesifikasi yang tertulis pada bagian bodinya. Nah, spesifikasi tersebut bisa menjadi referensi untuk mengetahui besaran ampere sekaligus daya listrik aki tersebut.

Keterangan itu biasanya sejajar dengan keterangan tegangan aki yang memiliki satuan Volt. Biasanya, satuan yang digunakan untuk ampere adalah Ah misalnya 50 Ah atau 65 Ah.

2. Cek Kode Aki Mobil

Apabila tidak tertera pada bodi aki, cara melihat ampere aki juga cukup mudah Bosque. Hanya dengan melihat bagian tutup yang ada di bagian atas bodi.

Pada bagian itu, biasanya terdapat tutup sel,  merk, dan kode. Nah, kode inilah yang biasanya ditulis dengan warna putih atau tanpa warna dan bisa dijadikan patokan untuk melihat kekuatan aki.

Sampai saat ini, gaya penulisan kode pada aki mengacu pada European Type Number (ETN) dan Japan Industrial Standard (JIS). Penulisan kode gaya ETN berupa kode angka seperti 76531 yang artinya nilai ampere pada aki adalah 65 Ah.

Berbeda dengan penulisan kode gaya JIS, yang berupa kombinasi angka dan huruf seperti 55C20F. Nah, cara pembacaan kode JIS adalah dua angka pertama sebagai nilai ampere aki yang artinya adalah 55 Ah.

3. Gunakan Amperemeter

Penggunaan amperemeter menjadi cara melihat ampere aki mobil paling mudah, apabila tidak terdapat kode dan informasi lain mengenai nilai ampere aki. Pada alat tersebut, Bosque bisa menempelkan bagian probe positif dan negatif pada aki.

Setelah itu, culup tunggu jarum menunjukkan angka yang stabil pada alat dan hasil pengukuran ampere dapat terlihat. 

Selain itu, Bosque juga bisa menggunakan alat ini untuk memeriksa apakah komponen aki mobil memerlukan pengisian daya ulang atau tidak.

Baca juga; Masa Pakai Aki Mobil: Apakah Penting untuk Diketahui?

4 Cara Memilih Aki Mobil Berdasarkan Ampere

Tidak hanya mengetahui kekuatan aki, tetapi cara untuk memilih aki mobil pun perlu Bosque tahu nih! Yuk, cari tahu caranya pada uraian berikut!

1. Cek Kekuatan Aki Mobil

Langkah awal untuk memilih aki tentunya Bosque perlu mengetahui kekuatan komponen tersebut. Apabila Bosque membeli mobil baru, bagian aki menjadi hal penting untuk diketahui spesifikasinya nih.

2. Perhatikan Spesifikasi Mobil

Langkah kedua, menyesuaikan kekuatan aki dengan beban pada mobil. Bosque bisa melihat spesifikasi mobil dan kebutuhan daya yang diperlukan. Cara ini juga menghindari adanya kekuatan aki yang kecil.

Kalau kekuatan aki kecil, dapat mempercepat kerusakan aki. Bahkan, komponen mobil lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa selalu cek spesifikasi produk, ya!

3. Hindari Aki Bekas

Apabila hanya memerlukan komponen aki baru untuk mobil, hindari pembelian aki bekas. Pada kenyataannya, Bosque tidak akan tahu apakah terdapat permasalahan atau tidak pada aki tersebut. Jadi, lebih baik beli aki baru saja ya, Bosque!

4. Pilih Aki dengan Ampere Lebih Besar

Jangan sampai salah pilih komponen aki yang diperlukan oleh mobil, nih! Maka dari itu, lebih baik memilih jenis aki dengan nilai ampere dan daya yang lebih besar untuk mobil.

Cara ini juga bertujuan untuk menghindari adanya ketidakmampuan aki dalam menjalankan fungsinya. Meskipun demikian, komponen tersebut harus tetap dirawat secara rutin ya, Bosque! Supaya tetap awet dan tahan lama.

cakra motor 11

Sudah Pahamkan dengan Cara Melihat Ampere Aki Mobil?

Banyaknya jenis aki untuk kendaraan, utamanya kendaraan roda empat menjadi keuntungan bagi para pengguna mobil, nih! Pastinya Bosque sudah pahamkan mengenai cara melihat ampere aki mobil?

Nah, kalau Bosque butuh aki berkualitas yang harganya bersaing, Cakra Motor 11 jadi solusi yang tepat. Tersedia berbagai produk aki mobil hingga oli terbaik. Pastinya kebutuhan mobil Bosque bisa terpenuhi dengan harga terjangkau. Yuk, check out kebutuhan mobil di Cakra Motor 11 sekarang, Bosque!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait