Bagikan!

5 Ciri Aki Mobil Lemah, Penyebab, dan Cara Mudah Mengatasinya

cara memperbaiki aki kering

Bosque pasti tahu kalau aki adalah bagian penting dari kelistrikan mobil buat nyalain mesin dan semua perangkat elektronik mobil. Tapi, seperti komponen mesin lainnya, aki punya masa pakai dan bisa melemah. Maka dari itu, artikel ini bakal bahas ciri aki mobil lemah, penyebab, dan cara mengatasinya yang harus Bosque pahami. 

5 Ciri Aki Mobil Lemah

Karena aki seperti nyawa dari mobil, Bosque wajib tahu bagaimana ciri aki mobil lemah. Jadi, Bosque juga bisa tahu kapan harus ganti aki tepat waktu. Setidaknya Bosque wajib tahu beberapa cirinya berikut ini.

1. Mobil Susah Nyala dari Biasanya

Waktu mobil kesayangan Bosque tiba-tiba sulit di starter atau bahkan nggak bisa nyala sama sekali, bisa jadi aki sedang melemah. Mesin yang susah nyala bisa terjadi karena suntikan listrik dari aki yang terus melemah. Jadi, mesin mobil bakal punya suara berputar lambat.

2. Suara Klakson Kurang Nendang

Ciri lainnya yang mungkin terjadi sewaktu aki mobil melemah adalah suara klakson kurang nyaring atau bahkan nggak bersuara sama sekali. Walaupun kondisi itu bisa terjadi karena komponen klakson yang memang rusak, tapi kalau terjadi secara tiba-tiba ya ada kemungkinan besar karena aki mobil lemah.

3. Lampu Indikator Menyala

Buat jenis mobil modern yang sudah pakai mekanisme sensor, ciri aki mobil lemah akan kelihatan dari lampu indikator aki yang menyala. Nah, kalau sensor indikator aki ini nyala, bisa jadi bikin kinerja sistem audio dan perangkat elektronik lainnya di dalam mobil nggak berfungsi normal.

4. Muncul Aroma Aneh Mirip Kabel Terbakar

Ada kalanya saat aki nggak berfungsi dengan semestinya, Bosque bakal mencium aroma aneh dari bagian mesin. Kondisi ini bisa terjadi karena mesin mobil bekerja terlalu berat tanpa bantuan aki yang sehat. Bahkan, terkadang aki yang lemah sering kali menimbulkan bau asam atau muncul tanda-tanda korosi di terminal aki.

5. Lampu Redup

Nggak cuma suara klakson yang melemah, tapi lampu mobil bakal mulai redup dengan sendirinya kalau aki sedang lemah. Mau itu lampu depan, lampu rem, lampu sein, atau bahkan lampu dalam kabin mobil. Kalau Bosque biarin kondisi ini, mobil bakal nggak layak pakai, terutama pas Bosque pakai mobil di malam hari.

5 Penyebab Aki Mobil Lemah

Dari beberapa ciri aki mobil lemah di atas, sebenarnya ada beberapa penyebab yang jadi alasan utama kenapa aki lemah. Ini penjelasannya!

1. Aki Sudah Usang

Pada dasarnya, aki punya masa layak pakai, di mana kalau sudah melewati usia sekitar 2 tahun performa aki pasti bakal menurun dengan sendirinya. Jadi, kalau Bosque sudah tahu kalau aki usang, sebaiknya Bosque siapin aki cadangan di dalam bagasi mobil buat jaga-jaga kalau aki sewaktu-waktu harus diganti.

2. Overcharging atau Undercharging

Kalau mobil jarang dipakai atau sering dinaiki buat perjalanan pendek, bisa jadi aki nggak punya cukup waktu buat diisi ulang sepenuhnya. Dalam kata lain, sewaktu Bosque terlalu lama atau terlalu sebentar mengisi ulang daya listrik aki, setiap peralatan elektronik di dalam mobil bakal melemah.

3. Korsleting atau Beban Listrik Aki Berlebihan

Korsleting karena aki lembab atau kemasukan air juga bisa bikin aki mobil jadi cepat melemah atau bahkan rusak. Kalau kondisi ini terjadi, sudah pasti performa mobil juga akan melemah seperti beberapa ciri aki mobil lemah di atas. Kerusakan juga bisa terjadi ketika beban kerja aki terlalu besar karena modifikasi yang berlebihan.

4. Sistem Pengisian Aki Rusak

Komponen seperti alternator atau regulator tegangan yang rusak juga bisa bikin sistem pengisian aki nggak berfungsi dengan baik. Kondisi ini bakal buat akumulator nggak terisi secara efisien dan mesin mobil susah nyala atau mati total.

5. Bore Up Kurang 

Kalau Bosque berencana melakukan bore-up (meningkatkan volume silinder kendaraan), pastikan pilih bengkel berkualitas yang punya mekanik profesional. Karena bore-up termasuk teknik modifikasi yang cukup riskan, sehingga kalau eksekusi bore up nggak sempurna malah bisa bikin aki melemah.

4 Cara Mengatasi Aki Mobil Lemah

Kalau beberapa atau bahkan semua ciri aki mobil lemah di atas muncul di mobil kesayangan, Bosque bisa coba mengatasinya dengan tips-tips perbaikan di bawah ini.

1. Jump Start (Jumper Aki)

Cara pertama adalah lakukan jump start mobil dengan menghubungkan aki mobil yang lemah dengan aki yang sehat. Lalu, nyalakan mesin mobil yang punya aki sehat buat mendorong pengisian daya ke aki yang lemah.

2. Pengecekan Berkala

Biar ciri aki mobil lemah di atas nggak terjadi sewaktu Bosque pakai mobil di perjalanan, sebaiknya Bosque lakukan cek berkala sebelum mobil berangkat. Tujuannya untuk memastikan kondisi aki punya keadaan terbaik dan tidak cepat soak atau macet di perjalanan.

3. Rutin Panasin Mobil

Kalaupun mobil jarang dipakai, Bosque sebagai pemilik mobil jangan sampai lupa buat panasin mobil setiap hari. Bukan buat riya sama tetangga, tapi untuk memastikan suplai listrik ke aki selalu cukup dan aki jadi lebih awet.

4. Hindari Modif Berlebihan

Pemakaian aksesoris kelistrikan yang berlebihan bisa bikin beban aki lebih besar dan buat performanya turun lebih cepat, lho. Kalaupun Bosque harus memodif mobil, hitung dulu kebutuhan listrik dan kemampuan mobil, ya!

cakra motor 11

Yuk, Cegah Munculnya Ciri Aki Mobil Lemah!

Pada intinya, semakin bijak Bosque dalam memakai mobil, kemungkinan masa hidup dan performa mobil juga bakal meningkat. Selain penggunaan, perawatan juga penting. Jadi, pastikan untuk memeriksa apakah ciri aki mobil lemah di atas mulai muncul dan merawat aki mobil sesuai kebutuhan mobil.

Bosque wajib cari produk aki yang berkualitas dan terpercaya, seperti aki Amaron dari Cakra Motor 11. Selain performanya sudah terbukti sewaktu pengujian produk, aki Amaron juga direkomendasikan oleh berbagai brand besar. 

Nama besar dan jam terbang Cakra Motor 11 juga bisa jadi pertimbangan Bosque buat menjamin performa dan kesehatan mobil terus terjaga. Nggak cuma jual sparepart mobil, Cakra Motor 11 juga menyediakan berbagai layanan servis hingga modifikasi kendaraan.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait