Bagikan!

CARA CEK PAJAK MOBIL SECARA ONLINE

CARA CEK PAJAK MOBIL SECARA ONLINE

Pajak mobil yang hanya dibayarkan satu kali dalam setahun seringnya terlupakan. Jika pembayaran pajak mobil terlambat tentu saja akan dikenakan denda. Untuk itu sebaiknya pembayaran pajak dilakukan sebelum mendekati batas akhir pembayaran.

Untuk besaran pajak yang harus dibayarkan, anda bisa memeriksanya dengan mudah melalui berbagai cara. Cara cek pajak mobil bisa dilakukan secara online melalui website dan aplikasi atau bisa juga dilakukan melalui SMS.

Berikut ini cara untuk cek pajak mobil anda melalui berbagai cara online yang tersedia

  1. Cek Pajak Online melalui website

cara cek pajak mobil dan motor

Untuk mengetahui besaran pajak yang harus anda bayar sangat mudah dilakukan melalui website yang telah disediakan oleh SAMSAT. Anda hanya perlu mempersiapkan data mulai dari nomor plat kendaraan, nomor seri, dan terakhir adalah nomor rangka kendaraan. Jika data-data tersebut sudah anda persiapkan maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka browser di ponsel ataupun laptop
  • Buka link E-Samsat.
  • Masukan seluruh data yang sudah anda persiapkan di awal pada kolom formulir yang tersedia di halaman website Pilih kode plat, masukan nomor plat, masukan nomor seri dan nomor rangka, dan terakhir pilih provinsi kendaraan tersebut terdaftar.
  • Langkah terakhir, anda hanya perlu menekan tombol “CEK SEKARANG”

Jika semua sudah anda lakukan maka akan muncul detail pajak yang perlu anda bayarkan dan juga batas akhir pembayaran pajak tersebut.

  1. Cek Pajak Online Melalui Aplikasi

CARA CEK PAJAK MOBIL SECARA ONLINECara kedua yang bisa dilakukan untuk cek pajak secara online adalah dengan menggunakan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional). Untuk melakukan ini  tentunya anda membutuhkan smartphone baik itu Android maupun iOS. Berikut cara untuk cek pajak mobil melalui aplikasi smartphone:

  • Buka Google Play Store pada ponsel Android anda. Jika anda menggunakan ponsel berbasis iOS, maka anda perlu membuka App Store.
  • Setelah itu cari aplikasi SIGNAL dan install aplikasi tersebut
  • Jika sudah ter-install, selanjutnya anda harus mendaftarkan diri anda pada aplikasi tersebut. Masukan nomor KTP, Nama sesuai KTP, alamat email, nomor handphone, dan terakhir masukan kata sandi.
  • Setelah itu anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memfoto KTP anda dan juga melakukan foto wajah
  • Jika sudah, maka anda bisa melakukan pengecekan pajak mobil

Selain bisa digunakan untuk cek pajak mobil, aplikasi SIGNAL juga bisa digunakan untuk membayar pajak secara online. Tak perlu khawatir masalah pengesahan karena nantinya anda akan mendapatkan pengesahan elektronik untuk STNK. Aplikasi SIGNAL juga menyediakan berbagai informasi terbaru yang berkaitan dengan perpajakan kendaraan bermotor dan info lainya. Pastinya aplikasi ini akan sangat memudahkan urusan anda.

  1. Cek Pajak Online Melalui SMS

Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk cek pajak mobil anda adalah dengan menggunakan layanan SMS. Untuk melakukan ini pastikan anda memiliki pulsa dan sudah menyiapkan beberapa data yang diperlukan seperti nomor plat kendaraan, nomor seri, dan terakhir adalah nomor rangka kendaraan. Jika seluruh data tersebut sudah anda siapkan maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Ketik: Info (spasi) nomor polisi (garismiring) kode plat nomor (garis miring) kode seri plat (garis miring) warna motor. Contoh: INFO G/1234/EM/HITAM
  • Kirim SMS tersebut ke nomor 08112119211
  • Jika sudah terkirim anda hanya perlu menunggu balasan SMS tersebut berupa kode bayar, info kendaraan, dan juga besaran nominal yang harus dibayar

Itu dia berbagai cara yang bisa anda gunakan untuk cek pajak mobil secara online. Jika anda sibuk dengan pekerjaan sehari-hari maka cara di atas tentunya akan sangat membantu anda untuk tetap taat administrasi. Sehingga d

Artikel Terbaru

Artikel Terkait