Bagikan!

Cara Balik Nama Mobil Bekas Untuk Bosque

cara balik nama mobil bekas

Beli mobil bekas itu gak rugi kok bosque, menurut bang ori buat kamu yang pengen beli mobil bekas pasti bisa dapetin mobil yang sehat. Semua tergantung pada kondisi mobil ya bosque, namun untuk saat ini kita tidak perlu repot dalam beli mobil bekas, pasalnya ada jasa inspeksi mobil bekas yang independent kalau kita mau beli mobil bekas. Jadi dengan jasa tersebut kita bisa dengan mudah mengetahui mobil mana yang layak kita beli, dan layanan ini biasanya punya benefit lebih.

balik nama mobil bekas
Mobil Bekas Terbaik, Sumber Foto: Liputan6

Bayangkan bosque kalau kita orang awam di otomotif yaitu mobil pengen beli mobil bekas, bahaya banget bisa tertipu dan salah pilih mobil bekas. Jadi kita perlu cermat ya bosque dalam membeli mobil bekas ini. Untuk bosque yang ingin beli mobil bekas, kamu pastinya udah tau ya punya beberapa keuntungan sekaligus, cek keuntungan beli mobil bekas disini yuk.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas:

  • Mendapatkan harga lebih murah.

Semua pasti pengen dapetin mobil yang lebih murah ya bosque, kita bisa dapatkan point 1 ini loh. Jadi kalau beli mobil baru itu cukup mahal, buat kamu yang ingin beli mobil pertama namun budget yang di siapkan untuk membeli mobil tidak terlalu besar, kamu bisa membeli mobil bekas dengan harga lebih murah.

  • Bisa langsung digunakan.

Selain point satu tadi, ketika kita beli mobil bekas itu kondisinya sudah langsung kita gunakan setelah pembayaran, jadi gak nunggu “indent” lagi ya bosque.

  • Penyusutan nilai termasuk rendah.

Nah buat yang belum tahu nih, kalau keuntungan beli mobil bekas juga berpengaruh pada penyusutan harga atau depresiasi lebih kecil. Biasanya sih mobil itu bisa mengalami depresiasi mulai dari 15% sampai 25% setelah 5 tahun pembelian mobil baru. Mobil bekas harga jualnya terbilang stabil ya bosque.

Yang dilakukan setelah beli mobil bekas:

Setelah jadi beli mobil bekas kamu disarankan untuk melakukan balik nama ya bosque. Jadi sudah disarankan untuk melakukan balik nama menjadi nama kamu. Jadi kita perlu memperbaharui dokumen STNK dan juga BPKB dari pemilik lama ke pemilik baru yaitu kamu. Tapi kamu pasti bingung gimana cara balik nama mobil bekasnya?

Cara balik nama mobil bekas:

  • Datang ke kantor Samsat.

Kamu bisa datang ke kantor samsat dengan membawa semua dokumen mobil bekas yang sudah dibeli. Nanti akan dilakukan cek fisik kendaraan, isi formulir data dan penyerahan berkas, lalu penyereahan bukti cek fisik, STNK asli dan fotokopi, termasuk fotokopi BPKB, fotokopi KTP sebagai pemilik baru sampai kuitansi ke petugas.

Kamu perlu membayar beberapa tagihan administrasi, setelah bayar, kamu simpan buktinya dan juga STNK mobil dengan nama kamu akan segera diberikan oleh petugas. Jangan lupa di cek ulang ya bosque, jangan sampai ada kesalahan ketik atau penulisan nama kamu.

  • Pengurusan di Kantor Polda.

Ketika sudah melakukan pengurusan pada Samsat untuk STNK, kita akan langsung mengurus BPKB di Kantor Polda setempat sesuai alamat KTP kamu ya. Siapkan STNK asli yang sudah atas nama kamu beserta fotokopinya, fotokopi KTP kamu sebagai pemilik baru, fotokopi BPKB, fotokopi surat pengesahan cek fisik di Samsat tadi, fotokopi kuitansi pembelian sampai BPKB yang asli.

Kamu langsung aja isi formulir yang diberikan, lalu membayar biaya administrasi ke Bank yang dirujuk, simpan bukti tanda terima dan juga tinggal menunggu BPKP di loket khusus dengan menunjukkan tanda terima kamu tadi.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait