Bagikan!

Tips Membeli Mobil Bekas

tips membeli mobil bekas

Menggunakan mobil sebagai kendaraan untuk berkegiatan sehari-harinya memanglah sangat mengasyikkan, namun harga mobil tidaklah murah. Masing-masing merk memiliki harga yang bervariasi, dari harga yang standart, menengah, hingga harga yang dapat menguras kocek kamu bosque.

Jika kamu membutuhkan mobil dalam waktu yang dekat ini, namun budget yang kamu miliki masih dikatakan jauh dari jangkauan dan rata-rata mobil yang diinginkan, tidak ada salahnya untuk mencoba beralih membeli mobil bekas. Citra dari mobil bekas memang sering dianggap buruk, karena masalah kualitas dan takut tertipu dengan tampilan yang apik namun mesin yang tidak memadai. 

Tetapi jika teliti dalam memilah dan memilih mobil bekas, Bosque bagai menemukan mutiara di dalam cangkangnya. Harga yang murah namun kualitas masih sangat luar biasa. Oleh karena itu, simak baik baik tips membeli mobil bekas berikut ini.

  • Menyesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki 
sesuaikan dana saat beli mobil bekas
Sesuaikan Dana Pribadi Saat Beli Mobil

Dalam membeli mobil yang bertipe matic maupun manual, paling penting untuk menentukan dengan budget yang dimiliki. Karena harga adalah penentu bagi kamu yang akan membeli mobil dan sudah merasa cocok. 

Bahkan skema pembayaran bisa dibayangkan dari jauh-jauh hari, semisal bosque memilih untuk membeli mobil bekas over kredit. Tentunya pembelian over kredit atas keputusan bersama dan secara terang-terangan terbuka, yang artinya tidak boleh sedikitpun ditutup-tutupi. Membeli mobil bekas secara kredit jangan disembarang tempat, pilih orang atau badan yang terpercaya bisa cek kredit mobil bekas terbaik, seperti di professional service kredit mobil bekas Audrey Halim.

  • Melakukan Survei Secara Langsung
Survei ke dealer mobil bekas, photo by lombokpost.jawapos.com

Sebelum terlaksananya transaksi jual beli, survei secara langsung membuat bosque tidak mudah tertipu. Apalagi jika bosque membeli mobil bekas dari salah satu ecommerce atau toko online, segera tentukan pertemuan sebelum harga deal dan proses transaksi berlangsung.

Survei secara langsung juga membuat kita tau kualitas mesin dan peforma yang dimiliki mobil tersebut, dan kamu pun bisa melakukan test drive.

  • Siapa Penjual Pada Proses Transaksi

Saat proses transaksi biasanya akan banyak pihak terlibat, supaya tidak terjadi kesalah pahamanan yang menimbulkan uang tidak sampai pada sang penjual (pemilik asli), sangat dianjurkan untuk  bisa tau siapa pemilik asli mobil tersebut, sehingga proses pembayaran atau transaksi bisa dilakukan langsung tanpa perantara.

Bahkan identitas dari penjual mobil juga patut kamu ketahui, sebab membuat bosque memiliki banyak informasi terkait penggunaan mobil sebelumnya. Bahkan alasan mobil tersebut dijual juga bisa bosque ketahui.

  • Melakukan Pengecekan Kondisi Eksterior Mobil
pengecekan mobil bekas
Pengecekan Mobil Bekas, photo by Detik.com

Penjual sudah cocok dan sudah mengetahui latar belakang dari mobil tersebut, selanjutnya bisa melakukan pengecekan mobil. Pengecekan mobil dapat dilakukan dengan memulai pada komponen-komponen sebagai berikut.

– Body Mobil

Komponen mobil berupa body masih pada tahap yang bagus, tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Perhatikanlah dengan teliti agar tau pada bagian mana yang terdapat modifikasi mobil, dari melakukan pengecekan jadi tau mobil tersebut terdapat lecet atau baret bahkan bekas tabrakan kecelakaan.

– Mesin Mobil

Buka kap mesin mobil dan jangan lupakan untuk menyalakan mesin mobil, dengarkan suara  mesin mobil 5 sampai 10 menit, jika suara tidak tersendat dan bagus maka mobil tidak mengalami kendala.

– Aki Mobil

Aki mobil menjadi salah satu yang penting dalam bagian mobil, jika aki soak maka dapat mempengaruhi beberapa hal seperti sulitnya menstarter mobil, lampu yang redup, hingga suara klakson yang tidak nyaring atau terdengar pudar.

Untuk bagian komponen lainnya seperti ban maupun kampas rem, bisa melakukan pengecekan dengan fleksibel.

  • Menggunakan jasa inspeksi mobil bekas.

Saat ini udah gak susah bosque kalau mau beli mobil bekas, kenapa, kita bisa menggunakan jasa atau layanan inspeksi mobil bekas. Dengan biaya tidak sampai 400rb kita bisa tahu mobil yang akan kita beli ini ada kekurangan di mana saja, layak atau tidak kita beli, akan ada report digital yang akan di kirim setelah pengecekan mobil oleh tim profesional ini.

  • Asuransi Mobil

Jika bosque membeli mobil secara over kredit, terkait asuransi bisa bosque pertanyakan pada pihak pemilik sebelumnya. Hal ini tergantung dari Anda memilih mobil bekas dengan proses apa. Bosque bisa juga membuat asuransi demi keselamatan dan untuk keperluan mobil dalam waktu jangka panjang.

Kesimpulan dan rekomendasi Bang Ori:

Jangan lupa ganti semua cairan dari mulai oli mobil sampai minyak rem ketika sudah mendapatkan mobil bekas yang kamu inginkan bosque. Langsung bawa ke toko oli mobil terbaik Cakra Motor 11 untuk melakukan ganti oli mobil serta aki mobil pada kendaraan yang baru kamu beli itu.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait