Bagikan!

Berikut Jenis-Jenis Asuransi Mobil Yang Dapat Menguntungkan Kamu

jenis-jenis asuransi mobil

Tahukah anda? Ternyata ada beragam jenis-jenis asuransi mobil yang dapat anda ketahui sebelum membeli mobil. Tentu saja asuransi ini memberikan banyak manfaat di masa depan.

asuransi untuk mobil

Insurance atau yang lebih kita kenal sebagai asuransi merupakan perjanjian antara dua belah pihak yang dimana pihak satu memiliki kewajiban untuk membayar premi dan pihak lainnya berkewajiban untuk memberikan jaminan kepada pembayar premi sesuai dengan perjanjian yang berlaku.

Mengapa mobil perlu asuransi? Ternyata walaupun kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk berhati-hati tidak akan menjamin keamanan pada saat berkendara.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Selain beragam manfaat, ternyata asuransi mobil juga memiliki berbagai jenis sesuai kebutuhan dan kemampuan anda. Selain itu asuransi mobil juga terdaftar dan diawasi oleh OJK guna meningkatkan rasa percaya dan aman bagi pembayar premi. Berikut ini jenis-jenis asuransi pada mobil:

1.      Asuransi Mobil All Risk

Sama seperti namanya, asuransi ini menanggung seluruh resiko kerusakan maupun kerugian pada mobil anda. Berbagai kerusakan tersebut seperti kerusakan pada body mobil akibat tabrakan, bencana alam, dan kerusakan lainnya.

Selain itu, beberapa polis asuransi juga dapat memberikan jaminan perlindungan terhadap resiko kehilangan mobil. Jadi anda harus memastikan sebelum menggunakan jasa asuransi pilihan anda agar manfaat yang didapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan anda.

2.      Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil ini memberikan perlindungan mobil terhadap resiko kerusakan serta kehilangan yang memiliki total biaya perbaikan sebesar 75% atau sama besar dengan harga mobil sebelum mengalami kerusakan.

Jadi, jika mobil hanya mengalami kerusakan ringan tentu tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Selain itu, asuransi ini dapat ternyata dapat digunakan pada mobil bekas dan mobil baru.

3.      Asuransi Mobil Gabungan

Asuransi gabungan merupakan perpaduan antara asuransi all risk dan TLO. Dengan kata lain, anda dapat menggunakan kedua jenis asuransi ini pada satu waktu secara bersamaan. Jenis asuransi ini memiliki banyak manfaat yang dapat kita peroleh dan tentu saja sebanding dengan harga premi yang kita bayar.

4.      Asuransi Mobil Rider (Perluasan)

Asuransi mobil ini menawarkan jaminan perluasan selain menanggung resiko kerusakan dan kehilangan mobil. Jaminan perluasan tersebut memberikan berbagai premi tambahan seperti:

  • Angin topan dan banjir.
  • Tsunami dan gempa bumi.
  • Kerusuhan dan huru-hara.
  • Terorisme dan sabotase.
  • Kecelakaan diri penumpang.
  • Tanggungjawab hukum terhadap penumpang
  • Tanggungjawab hukum pihak ketiga (TPL)

5.      Asuransi Mobil Collision Coverage

Jenis asuransi mobil ini menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Jenis asuransi mobil ini juga menanggung biaya ganti rugi akibat kerusakan sesuai dengan harga mobil diasuransikan.

Manfaat Asuransi Mobil Yang Bisa Anda Dapat

Berbagai kecelakaan yang tidak diinginkan seperti bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kehilangan mobil dapat terjadi kapan dan dimana saja. Dengan adanya asuransi, maka anda mendapatkan perlindungan dari berbagai resiko tersebut sesuai dengan polis asuransi yang anda pilih.

Secara umum, berikut manfaat asuransi mobil:

  • Memberikan rasa aman bagi pemilik mobil
  • Memberikan perlindungan mobil dari berbagai resiko kecelakaan pada mobil.
  • Membantu perencanaan keuangan nasabah.
  • Salah satu bentuk investasi yang aman.
  • Memberikan perlindungan jika mobil anda dicuri.
  • Bebas dari tanggungan pihak ketiga.

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi mobil dan manfaat dari memiliki asuransi mobil tentu dapat membantu anda dalam memilih asuransi mobil yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing. Pasti kan jasa asuransi mobil yang anda pilih aman dan terjamin agar terhindar dari resiko penipuan.

Jangan lupa rawat mobil dengan oli mobil terbaik di Cakra Motor 11.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait