Mengecas Aki Mobil, Cakramotor11.com – Aki merupakan komponen yang sangat penting dalam mobil. Tanpa aki seluruh sistem kelistrikan tidak akan berjalan, bahkan mobil anda tidak akan bisa dinyalakan. Jika aki sudah mulai lemah atau soak anda pun pasti akan bisa merasakan dampaknya saat berkendara seperti suara klakson yang mulai melemah, mobil susah dinyalakan, dan lain sebagainya.

Untuk menjaga daya aki terus kuat, anda sebenarnya hanya perlu menyalakan mobil setiap hari. Mesin mobil memiliki mekanisme untuk mengisi daya aki saat mobil menyala. Sehingga aki akan secara otomatis terisi ulang dayanya. Namun terkadang aki juga butuh untuk dicas secara manual.

mengecas aki mobil

Mengecas Aki Mobil:

Terdapat dua cara untuk mengecas aki secara manual, yaitu dengan cara fast charging dan juga slow charging. Perbedaan kedua cara pengecasan tersebut terletak pada besarnya daya charger yang digunakan.

Jika kondisi aki anda masih bagus dan belum pernah bocor atu soak, maka anda bisa melakukan pengecasan dengan fast charging. Dengan cara ini waktu yang anda butuhkan adalah sekitar 4 jam. Namun jika aki anda pernah bocor atau soak, maka anda disarankan untk mengisi aki secara slow charging.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki dengan slow charging adalah sekitar 8 jam. Jik aki anda pernah mengalami soak namun tetap mengecas aki dengan cara fast charging nantinya dikhawatirkan aki akan mengalami kerusakan yang semakin parah.

Namun anda mungkin kemudian bertanya, apakah aman mengecas mobil berkali-kali?

Mengecas aki mobil berkali-kali sebenarnya tidak masalah. Hal ini karena aki akan mengalami discharge seiring berjalannya waktu sehingga anda perlu mengecas secara manual jika dirasa aki sudah mulai melemah. Apalagi jika mobil anda jarang dinyalakan maka anda sudah pasti perlu untuk mengecas ulang aki karena aki jarang mendapat pengisian daya.

Namun jika aki mobil anda meminta untuk dicas berulang kali sebenarnya ini merupakan hal yang perlu anda waspadai. Aki yang cepat melemah meskipun dicas berulangkali bisa jadi pertanda bahwa aki tersebut sudah soak. Jika sudah begini, maka anda harus segera mengganti aki dengan yang baru.

Dengan kondisi aki yang baru, anda tak perlu lagi mengecas aki. Anda hanya perlu memastikan jika mobil anda menyala setiap hari sehingga aki akan secara otomatis terisi daya.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga aki agar tidak mudah soak dan nantinya tidak perlu anda cas berulang kali.

Hal yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan beban penggunaan aki
  2. Bersihkan aki secara berkala
  3. Panaskan mobil secara berkala
  4. Pastikan ketersediaan listrik dalam aki
  5. Lepas kabel aki saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama

Dengan 5 langkah di atas, dijamin aki mobil anda akan awet dan tidak membutuhkan cas berulang kali. Rekomendasi penggunaan aki maksimal 3 tahun penggunaan, disarankan membeli atau mengganti aki mobil dengan yang baru, Cakra Motor 11 sebagai spesialis aki dan oli mobil memberikan produk original dan garansi untuk aki mobil.

Termasuk beli online di Tokopedia kami ganti di offline bengkel kami secara gratis.

Tags:

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.