Bagikan!

Jenis Aki Mobil Grand Livina dan Harganya

aki mobil grand livina

Aki Mobil Grand Livina – Grand Livina adalah mobil jenis MPV yang sangat laris di Indonesia. Mobil buatan pabrikan Jepang, Nissan, ini diperkenalkan ke publik pada tahun 2006 silam oleh pembuat mobil dan rekanan Nissan di China, Dongfeng, dalam Guangzhou International Motor Show dan mulai dijual secara umum pada bulan Desember 2006.

Grand Livina di China dikenal dengan nama Grand Geniss. Mobil ini dilaunching untuk pasar Indonesia pada tanggal 5 April 2007. Kemudian pada tahun 2008 Nissan merilis Livina X-Gear yang didasarkan pada Livina biasa. Bahkan sampai saat ini mobil bekas Nissan Grand Livina masih diburu.

Pembaruan berikutnya dirilis pada tahun 2011 oleh Nissan Motor Indonesia yang lebih difokuskan pada peningkatan eksterior. Grand Livina pernah dijual ke berbagai negara, namun saat ini mobil ini hanya dijual di Indonesia.

Keunggulan Grand Livina

aki mobil grand livina
Sumber : Oto.com

Grand Livina hadir dalam empat varian, yakni 1.5 sv, 1.5 xv, 1.8 xv, dan 1.8 Ultimate. Variasi mesin ini membuat harga Livina juga bervariasi. Di Indonesia, Grand Livina bersaing ketat dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio. Grand Livina memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Bodi lebih kokoh

Grand Livina memiliki dimensi 4485 x 1700 x 1650 mm dan bobot 1.250 kg yang dibuat dari material tebal berkualitas tinggi sehingga mobil ini terlihat begitu kokoh dan gagah. Jadi tak heran bila banyak keluarga di Indonesia memilih mobil ini karena terlihat mewah sekaligus elegan.

2. Fitur mentereng

Nissan menanam berbagai macam fitur canggih di dalam kabin dan dashboard Grand Livina. Pengemudi dan penumpang akan dibuat nyaman dengan kehadiran berbagai fitur menarik ini, di antaranya tombol panel pengatur audio, Display Wide 6 inci touch screen, DVD, AM/FM, USB, serta iPhone/iPod connectivity. Penambahan fitur-fitur keren ini pastinya membuat nilai Grand Livina semakin meningkat di mata pelanggan.

3. Handling nyaman

Kelebihan lain dari Grand Livina adalah kualitas handlingnya yang nyaman dan mantap. Apapun medan yang dilaluinya, mobil ini bisa melaju mulus dan stabil tanpa kendala berarti. Kelebihan ini disebabkan oleh adanya suspensi berkualitas, yakni tipe McPherson strut, dan torsion beam.

Kualitas bantingan dari kedua suspense itu cukup empuk dan nyaman. Sisi handling ini kerap dilupakan mobil-mobil setipe lainnya, dan ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Grand Livina.

4. Irit BBM

Ketangguhan mesin Grand Livina diimbangi dengan konsumsi bahan bakarnya yang relatif lebih irit. Sebagai gambaran, untuk menempuh jarak 9-12 km dalam kota, Grand Livina hanya mengonsumsi sekitar 1 liter bensin saja. Sedangkan untuk perjalanan luar kota, 1 liter bisa dipakai untuk menempuh jarak 14 hingga 16 meter. Sangat irit dan ekonomis tentunya.

5. Transmisi manual 6 percepatan

Transmisi manual 6 percepatan dari Grand Livina disempurnakan dengan perpindahannya yang lembut. Akselerasinya menjadi lebih agresif, namun perpindahannya tetap nyaman. Sisi transmisi ini menjadi kelebihan lain dari MPV Grand Livina.

 

Baca Juga : Rekomendasi Toko Oli Mobil Bekasi Dan Sekitarnya

 

Spare Part Grand Livina

Grand Livina membutuhkan spare part berkualitas untuk menunjang kinerjanya. Pemilik mobil yang mengabaikan hal ini dipastikan akan merugi sendiri. Jadi Anda benar-benar harus paham part apa aja yang cocok dan tidak cocok untuk Grand Livina Anda. Mari kita kupas satu per satu.

1. Ban

Grand Livina membutuhkan ban dengan desain asimetris yang mengombinasikan kenyamanan berkendara dan kemampuan melaju di tengah jalanan yang basah. Desain ulir pada ban asimetris terdiri atas dua bagian, yaitu setengah bagian didesain untuk kondisi jalan basah, sementara setengah yang lain didesain untuk menjamin kenyamanan berkendara.

Adapun ban yang cocok untuk Grand Livina adalah Model 2-in-1 yang populer di kalangan pengendara mobil. Bridgestone Ecopia dianggap yang paling cocok untuk mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) seperti Grand Livina.

2. Oli

Oli juga harus dipilih dengan seksama dan sesuai dengan spesifikasi mobil. Untuk Grand Livina, oli yang tepat adalah 5W-30, terlepas apapun merknya. Kode 5W merujuk pada tingkat viskositas alias kekentalan pada suhu dingin, sementara 30 menandakan kekentalan pada suhu panas.

Bila Anda ingin tahu jenis oli yang cocok untuk mobil Anda, Anda bisa membaca informasinya dari buku manual atau bertanya langsung pada mekanik di bengkel. Ingat, selalu pilih oli berkualitas untuk melumasi mesin kendaraan Anda dan gantilah oli secara rutin.

3. Aki

Nah soal aki biasanya adalah part yang paling sering disepelekan orang. Untuk menjaga performa Grand Livina Anda tetap ampuh, Anda wajib memasang aki berkualitas dan mengecek kondisinya secara berkala. Aki yang cocok untuk Grand Livina adalah 45 Ah, namun aki ini sekarang sudah diupgrade menjadi 32 Ah karena Livina sudah menggunakan aki dengan kepala kiri.

Rekomendasi Aki Mobil Grand Livina

 

aki untuk grand livina

Aki grand livina 2022:

Soal merk, ada banyak pilihan yang cocok untuk Grand Livina. Dan merek-merek aki yang direkomendasikan untuk Grand Livina antara lain, simak aki untuk grand livina terbaik:

No. Aki Mobil Grand Livina Harga
1 GS BATTERY NS60L/55B24L Rp. 725.000
2 GS HYBRID NS60L/55B24L Rp. 750.000
3 INCOE NS60L/55B24L Rp. 600.000
4 YUASA NS60L/55B24L Rp. 725.000
5 AMARON NS60L/55B24L 45AH Rp. 925.000
6 GS MF NS60L/55B24L Rp. 880.000
7 MASSIVE NS60L/55B24L Rp. 600.000

Pastikan untuk memilih aki dari produsen-produsen aki kenamaan dan belilah aki dari tempat aki terpercaya yang memberikan garansi panjang. Bila Anda bingung menentukan aki apa yang cocok untuk mobil Anda, Anda bisa bertanya langsung pada mekanik yang menangani kendaraan Anda di bengkel kesayangan Anda.

Lalu di manakah memilih aki mobil orisinil dan terpercaya di Indonesia? Cakra Motor 11 jawabannya. Beli aki grand livina di Cakra Motor 11 bergaransi.

Cakra Motor 11, Sentra Aki Indonesia

Cakra Motor 11 sudah beroperasi selama lebih dari 30 tahun untuk melayani kebutuhan masyarakat akan part-part mobil berkualitas, khususnya aki. Cakra Motor 11 menyediakan beragam pilihan aki dari berbagai merk untuk bermacam tipe kendaraan dengan harga yang sangat terjangkau dan pastinya bergaransi.

Cakra Motor 11 membuka toko sekaligus bengkel di lima lokasi di area Jabodetabek serta toko online di Tokopedia Cakra Motor 11 yang melayani pelanggan jauh. Cakra Motor 11 memberikan penawaran bebas ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia jika Anda memesan dari Tokopedia. Dan bila Anda kebetulan berada di kawasan Jakarta, Depok, dan Tangerang, Cakra Motor 11 siap memberikan layanan pasang antar yang sangat praktis.

Bila Anda ragu-ragu untuk memilih aki, staf Cakra Motor 11 yang sangat berpengalaman siap membantu Anda. Apapun permasalahan mobil Anda, tim Cakra Motor 11 akan selalu siap memberikan perbaikan dan pelayanan maksimal sampai Anda puas. Jadi Anda tak usah ragu dan bimbang lagi, segera bawa kendaraan Anda ke Cakra Motor 11 atau order aki dari mereka via Tokopedia.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait