cara ampuh menghemat bensin mobil

5 Cara Ampuh Menghemat Bensin Mobil, cakramotor11.com/blog – Siapa disini yang merasakan kenaikan bahan bakar minyak atau BBM? Jawab di kolom komentar yuk bosquee. Belum lama ini memang, ada kenaikan bahan bakar minyak contoh di Pertamina ada Pertamax yang sudah naik ke angka 12.500. Ya meskipun secara langsung bosquee gak terlalu berdampak, tetapi kita perlu tahu juga nih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar atau BBM mobil serta kendaraan kita lainnya.

5 Cara Ampun Menghemat Bensin Mobil:

Tidak sedikit dari orang-orang disekeliling bang ori dan customer Cakra Motor 11 yang sudah mulai memikirkan bagaimana caranya mengefisiensikan bahan bakar mobilnya. Selain karena kenaikan bahan bakar atau bensin untuk mobil, efisiensi bahan bakar ini perlu dilakukan karena cadangan minyak bumi itu bisa saja berkurang dan semakin mahal. Jadi mulai efisiensikan bahan bakar yuk dengan 5 cara menghemat bensin mobil berikut ini.

Cara Ampuh Menghemat Bensin Mobil:

  • Jaga tekanan pada pedal gas.
cara ampuh menghemat bensin mobil
Jangan Injak Gas Secara Mendadak

Yuk bosque kalau nginjek gas itu santai aja gak perlu kenceng-kenceng karna bukan di Sentul. Cara hemat bensin mobil yang pertama adalah menginjak pedal gas mobil dengan bertahap atau berurut, tidak boleh secara mendadak bosque. Kalau menginjak gas mobil dengan sentakan, maka keluaran atau bakaran BBM menjadi lebih besar. Pengen bisa menghemat bensin mobil ya tentu dengan cara menginjak gas dengan perlahan ya bosquee.

  • Rutin panaskan mobil sebelum bepergian.
cara mengirit bahan bakar mobil
Menyalakan Mesin Dahulu Sampai Mesin Terasa Stabil

Gini bosquee, ada salah satu cara ampuh menghemat bensin mobil yang lain adalah dengan cara memanaskan dahulu mesin mobil sebelum digunakan. Maksudnya begini, dengan kita memanaskan mesin mobil dan tidak langsung membawanya jalan ketika starter, itu akan membuat mesin stabil dan siap diajak melaju. Ketika putaran mesin sudah stabil maka konsumsi bensin mobil jadi lebih stabil pula, jangan abis di starter langsung tancap gas, bikin boros itu bosquee.

  • Sesuaikan gigi mobil saat berkendara.
menghemat bensin mobil dengan atur gigi yang benar
Oper Gigi Dengan Benar

Mesin mobil sudah disetting sedemikian rupa, misalnya gigi satu untuk sampai kecepatan 10km/jam, gigi 2 sampai maksimal 20km/jam, dan seterusnya. Kalau kita pengen mobil kita irit bensin, maka cara selanjutnya yang bisa digunakan ialah menggunakan gigi yang tepat. Jika menggunakan gigi 2 tapi sudah mencapai lebih dari 30km/jam maka membuat bensin lebih banyak terkuras. Sebaliknya, jika kita melewati tanjakan dengan gigi tinggi, seperti 4 maka akan membuat bensin jadi lebih cepat habis. Kesimpulannya adalah sesuaikan dengan ambang batas gigi mobil tersebut, jangan sampai mesin mobil meraung tinggi, akan ada dua masalah menanti.

  • Nyalakan AC dengan kecepatan yang benar.
gunakan AC dengan normal agar irit bensin
Naikkan Suhu AC Bertahap

Cara ampuh menghemat bensin mobil selanjutnya adalah naikkan kecepatan AC secara bertahap. Kita tahu banget deh kalau Jakarta dan sekitarnya itu punya suhu yang terbilang cukup panas. Seperti Tangerang, Depok dan juga Bekasi merupakan daerah penunjang Jakarta yang memiliki cuaca cukup panas. Kalau cuaca sedang panas dan kita masuk mobil pasti pengennya langsung putar kenop AC ke angka paling tinggi, biar langsung ademmm gitu. Eits, tapi, kita perlu ingat bosque, kita perlu mengatur suhu mobil dengan AC yang tepat, kalau gegabah langsung naikin ke posisi tertinggi akan membuat konsumsi BBM jadi tidak efisien.

  • Jangan rem mendadak saat kecepatan stabil.

Kita perlu mempertahankan kecepatan atau laju mobil kita, supaya bisa menghemat bensin. Jaga kecepatannya ya bosque, jangan dari pelan langsung tancap injak gas dalam, lalu juga disarankan mengemudi dengan kecepatan yang wajar, tidak boleh saat kecepatan tinggi dan menginjak rem dadakan, ini bisa membuat penggunaan bensin jadi tidak efisien.

  • Rutin ganti oli mobil.
ganti oli mobil rutin di cakra motor 11
Ganti Oli Mobil Rutin Agar Mesin Terjaga dan Irit BBM

Point ini merupakan bonus bosquee, pasalnya kita sudah mengetahui kalau mesin mobil yang tidak terawat perihal penggantian olinya, akan membuat kinerja mesin jadi berat dan berdampak buruk pada kelangsungan mesin mobil. Mesin mobil yang berat dan tidak terlumasi dengan baik bisa membuat bahan bakar menjadi tidak efisien. Rutin ganti oli bisa membuat mesin tetap sehat dan berpengaruh pada bahan bakar yang lebih efisien. Ganti oli jangan sembarangan bengkel atau tempat, ganti di Cakra Motor 11 yang #SejutaPersenOriginal.

Beli oli mobil di Tokopedia Cakra Motor 11 langsung dapat Cashback, klik disini….

Artikel Terbaru

Artikel Terkait