Bagikan!

Waspada! Ini 5 Warna Oli yang Bikin Kendaraan Cepat Rusak

warna oli

Seperti yang kamu tahu, oli sangat penting untuk melindungi kendaraan. Warna oli juga bisa kasih petunjuk tentang kondisi mesin. Kadang-kadang, ada beberapa kendaraan yang punya oli warna merah, putih, atau hitam.

Nah, ternyata warna-warna itu bisa memengaruhi performa mesin. Biar kendaraan kamu tetap terawat dan tahan lama, penting untuk tahu arti warna oli yang sering kita lihat. Ayo, simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut!

5 Macam Warna Oli pada Kendaraan

Warna oli menjadi standar utama yang penting buat ngukur seberapa efektif oli dalam kerja mesin mobil. Oli ini bukan cuma buat pelumasan, tapi juga buat pendinginan. Yuk, simak warna-warna oli mobil yang perlu kamu perhatikan!

1. Putih

Oli yang berubah warna jadi putih bisa menandakan adanya tanda masalah serius. Biasanya, oli jadi putih karena tercampur cairan pendingin. Kadang juga bisa terjadi kalau ada air yang masuk ke dalam oli. Cek mesin segera supaya nggak ada kerusakan lebih parah.

2. Merah

Warna merah pada oli biasanya jadi tanda bahwa sudah waktunya ganti oli. Tapi, ada juga beberapa oli baru yang berwarna merah sejak awal. Bedanya adalah oli baru yang berwarna merah terlihat lebih jernih.

Tapi, kalau pada awalnya oli tidak berwarna merah, lalu tiba-tiba berubah menjadi oli warna merah, maka kamu perlu curiga. Sebab, perubahan warna pada cairan pelumas mobil bisa terjadi karena penggunaan kendaraan yang sudah lama.

Baca juga; 8 Tingkat Kekentalan Oli yang Perlu Kamu Ketahui!

3. Hitam

Warna oli lainnya yang harus diwaspadai adalah berwarna hitam. Sebab, ada kalanya oli warna hitam mengindikasikan ada kesalahan pada mesin. Apalagi, jika baru mengganti oli, lalu bulan berikutnya berubah menjadi hitam pekat, maka kamu perlu cek bagian filter-nya.

Selain itu, oli yang berubah menghitam disebabkan akibat terkena zat panas atau emisi dari kerak sisa pembakaran. Dampaknya adalah daya pelumasan oli menurun dan mesin kendaraan lebih cepat aus. Oleh karena itu, jangan anggap remeh oli yang berubah menjadi hitam, ya. Sebab, tidak jarang pula kendaraan cepat rusak akibat oli menjadi hitam.

4. Coklat

Selain itu, kalau oli kendaraan kamu tiba-tiba berubah jadi coklat kemerahan atau ada karat, itu bisa jadi tanda ada logam yang masuk. Kontaminasi seperti itu harus kamu perhatikan, jadi sebaiknya segera cek dan ganti oli supaya enggak makin parah.

5. Biru

Warna terakhir yang bisa jadi indikasi kerusakan pada kendaraan adalah biru atau hijau. Biasanya, oli yang berwarna biru atau hijau itu sudah terkena kontaminasi cairan pendingin. Kontaminasi tersebut bisa berasal dari kebocoran sistem pendingin, sehingga tercampur ke cairan oli.

Baca juga; 10 Rekomendasi Filter Oli Mobil yang Bagus & Cara Memilihnya

3 Alasan Oli Mesin Harus Diganti

Merawat kendaraan itu penting supaya kendaraan kamu bisa tahan lama. Salah satunya dengan rutin ganti oli. Yuk, simak beberapa alasan kenapa kamu harus rajin ganti oli!

1. Oli Sebagai Pelumas yang Efektif

Fungsi oli mesin yang utama adalah sebagai pelumas mesin. Saat kendaraan kamu beroperasi, mesin-mesin akan bergerak dengan kecepatan tinggi dan bisa menyebabkan gesekan, sehingga berpotensi terjadinya kerusakan.

Nah, oli yang masih baru bisa bantu mengurangi gesekan itu dan bikin mesin tetap lancar. Tapi, seiring waktu, oli bakal mulai turun kualitasnya. Makanya, kamu perlu ganti oli secara berkala dan mengerti arti warna oli juga.

2. Sebagai Pendingin Mesin

Mesin-mesin yang beroperasi pasti akan menghasilkan panas yang tinggi. Oli berperan dalam meredam suhu panas dengan cara mengalirkannya ke dalam filter oli. Dengan begitu, panas dipindahkan kembali ke mesin dan melakukan pendinginan ulang.

Nah, kalau warna oli berubah atau ada kontaminasi bahan lain menandakan oli kotor. Akibatnya adalah efisiensi pendinginan oli berkurang, sehingga mesin bisa lebih cepat aus.

3. Menghilangkan Kerak Mesin

Kalau kamu sering pakai kendaraan, kotoran, debu, dan partikel lainnya bisa menempel dan bikin mesin kotor. Kalau sudah menumpuk, bisa jadi kerak di dalam mesin. Biasanya, ini bikin oli yang awalnya merah bening jadi keruh.

Dengan ganti oli secara rutin, kamu bisa bersihin kerak tersebut, jadi oli tetap bersih dan kendaraan tetap bisa dipakai dengan optimal.

Baca juga; Rekomendasi Oli Honda Jazz Berdasarkan Viskositasnya

Apa Warna Oli yang Masih Bagus?

Umumnya, warna oli yang masih baru diganti adalah kuning cerah. Oli yang berwarna kuning menandakan tidak ada partikel atau kontaminasi yang masuk. Tapi, sebenarnya, oli tidak memiliki warna asli. Sebab, warna yang ada dalam minyak pelumas ini tergantung pada tambahan pewarna.

Oli yang bagus biasanya berwarna kuning muda atau warna lain yang cerah atau bening. Dengan begitu, jika ada perubahan warna, kamu bisa langsung mengganti oli dan memperbaiki mesin.

Sementara itu, kalau oli sudah berubah jadi hitam atau putih, berarti waktunya untuk servis. Ganti oli secara rutin itu penting supaya kendaraan tetap dalam kondisi optimal.

Prosedur Penggantian Oli Mesin

Penggantian oli mesin jadi salah satu aspek penting dalam perawatan kendaraan bermotor. Pasalnya, banyak orang yang malas untuk pergi ke bengkel. Maka dari itu, simak prosedur berikut agar kamu bisa mengganti oli mesin di rumah.

  1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin.
  2. Lepaskan penutup dan keringkan oli yang lama.
  3. Mulai penggantian filter oli mesin.
  4. Isi oli yang baru.
  5. Periksa kebocoran.
  6. Bersihkan dan tutup kembali oli mesin.

Baca juga; Rekomendasi Oli Mesin Mobil Mitsubishi Outlander Sport

Sudah Tahu Warna Oli yang Aman untuk Berkendara?

Itulah lima warna oli harus kamu perhatikan. Jangan tunggu sampai terlambat, mending cek oli kamu sekarang, masih layak pakai atau nggak. Warna bening atau jernih menjadi pilihan utama untuk oli yang aman dan bagus.

Selain oli warna merah atau oli warna hitam, ada juga oli coklat dan biru yang bisa kamu hindari. Sebab, oli tersebut sudah terkontaminasi oleh partikel debu, kotoran, ataupun logam.

Biasanya, banyak orang yang mengganti oli dengan oli yang tidak original. Otomatis, perubahan warna oli terlampau sering, sehingga harus sering pergi ke bengkel. Padahal, ada Cakra Motor 11 yang menyediakan oli dijamin original dengan harga miring.

Selain oli, Cakra Motor 11 juga menyediakan berbagai komponen pengendara lainnya seperti aki mobil, kuras matic, maupun home service. Dengan pelayanan yang ramah, Bosque akan terus ganti oli di Cakra Motor 11.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait