Bagikan!

Viskositas Oli dan Kinerja Mesin – Apa Hubungannya?

viskositas oli mobil

kenapa wajib ganti oli mobil sebelum mudik

Pelumas atau oli punya peran yang penting banget untuk performa kendaraan kita, Bosque. Oli berperan sebagai pelindung mesin kendaraan kita dari karat dan juga bisa menjaga suhu mesin. Nah, salah satu faktor yang Bosque harus perhatiin tiap ganti oli adalah viskositas oli. Sebenarnya, apa itu viskositas oli? Apa pengaruhnya ke mesin? 

Daripada penasaran, yuk langsung aja kita bahas!

Apa Itu Viskositas Oli?

Simpelnya, viskositas oli bisa Bosque artikan sebagai tingkat kekentalan oli. Tingkat kekentalan oli ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu kekentalan tetap (single-grade) dan kekentalan dinamis (multi-grade).

Apa bedanya single-grade sama multi-grade?

Oli dengan kekentalan tetap (single-grade) punya nilai kekentalan yang tetap. Artinya, kalau mesin suhunya dingin ataupun panas, kekentalan oli gak akan berubah, Bosque! Biasanya, oli single-grade ini sering dipake di mesin 2-stroke.

Nah, beda lagi dengan oli kekentalan dinamis atau multi-grade. Suhu mesin benar-benar ngaruh terhadap kekentalan oli ini. Oli multi-grade biasanya adalah bagian komposisi oli mesin.

Tingkat kekentalan oli bisa Bosque cari tahu lewat angka yang tertera di botol kemasan oli. Makin besar angkanya, makin kental olinya. Kalau makin kecil angkanya, ya olinya makin encer.

Biar gampang, kita pake contoh aja ya, Bosque!

Misal, Bosque beli oli yang ada kode “SAE 10W – 30”. Nah, arti kode itu adalah oli yang Bosque beli punya tingkat kekentalan sebesar 10 pada musim dingin dan bisa sampai 30 saat mesin suhunya 100°C.

Terus, huruf (W) itu artinya apa? Huruf (W) itu adalah singkatan dari Winter , kata bahasa Inggris yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah musim dingin.

Apa Hubungannya Viskositas Oli dengan Suhu Dingin?

Nah di sini pentingnya Bosque ngerti tentang tingkat kekentalan oli. Makin encer olinya, makin susah oli buat membeku di musim dingin. Info ini penting banget buat pengendara yang tinggal di tempat yang ada suhu dinginnya ,kaya di Eropa dan Amerika.

Buat kita yang tinggalnya di wilayah tropis, olinya beda lagi, Bosque. Kalau buat kita, oli yang bagus itu adalah oli yang tingkat kekentalannya lebih tinggi daripada yang oli yang orang Eropa ataupun Amerika butuhin buat kendaraan di musim dingin.

Kalau Bosque pilih sembarang oli dan gak merhatiin kodenya, ada risiko Bosque pilih oli yang terlalu encer. Akibatnya, oli kesusahan untuk lubrikasi mesin dengan benar dan kinerja mesin jadi gak maksimal. Sayang banget, ‘kan?

Lebih parahnya lagi, memilih oli yang gak tepat bisa bikin mesin lebih cepat rusak, Bosque. Oli yang terlalu encer lambat laun akan bikin mesin kendaraan Bosque lebih cepat aus.

Sedangkan, kalau pake oli yang terlalu kental, itu bisa bikin kinerja mesin kendaraan Bosque jadi gak maksimal. Kenapa? Soalnya, viskositas oli yang terlalu kental bisa bikin tekanan pada mesin lebih tinggi. Nah, kondisi itu yang bikin kerja mesin lebih berat dan terhambat.

Cara Membaca Viskositas Oli Mobil

SAE ini adalah suatu singkatan dari Society of Automotive Engineers, dan SAE ini juga disandingkan pada spesifikasi oli mobil sobat. Jika dengan contoh spesifikasi SAE 10W-40 cara membacanya adalah, tingkat viskositas oli mobil itu atau tingkat kekentalannya di angka 10 ketika “W” atau Winter, dan 40 dalam kondisi panas.

Apa Oli yang Terbaik?

Pertanyaannya sekarang, oli apa yang lebih baik buat mesin mobil atau motor yang Bosque punya? Oli yang kental apa yang cair?Jawabannya, tergantung mesin kendaraannya, Bosque!

Selain suhu kendaraan, ternyata ada satu hal lain yang perlu Bosque perhatiin untuk milih tingkat kekentalan oli buat kendaraan. Misalnya nih kalo Bosque punya mobil baru, Bosque bisa pake oli yang lebih cair aja.

Pasalnya, gesekan yang terjadi di dalam komponen mesin mobil barunya Bosque masih tergolong rendah. Ini dia penyebab kenapa oli yang lebih cair atau encer bagus buat mesin kendaraan yang baru.

Beda cerita kalau kendaraan yang Bosque punya udah lumayan berumur. Kendaraan yang umurnya udah lama lebih bagus pake oli kental karena komponen mesinnya sudah lebih tua akibat dipakai terus-menerus.

Kalo Bosque mau cari tau secara detail soal oli yang cocok buat kendaraan, caranya gampang, kok

Bosque tinggal cek anjuran dan persyaratan mesinnya. Bosque juga bisa cek deh di buku manual kendaraan (manual book). Atau, tanya ke orang yang ahli di bidangnya, contohnya mekanik kendaraan.

Sayangi Mesin Kendaraan dengan Pilih Oli yang Tepat!

Nah, sekarang Bosque udah paham kalau tingkat kekentalan atau viskositas oli itu beneran penting buat mesin kendaraan. Meskipun keliatannya sepele, memilih oli dengan tingkat kekentalan yang tepat bisa bikin kerja mesin kendaraan Bosque lebih maksimal.

Apalagi, nyari oli sekarang udah gampang banget karena ada Cakra Motor 11. Di Cakra Motor 11, koleksi olinya lengkap banget dan Bosque bisa dapetin potongan harga yang menarik banget setiap beli oli. Gak cuma itu aja, Bosque juga bisa dapetin gratis jasa konsultasi dan jasa ganti oli!

Gimana, menarik banget bukan? Buruan cek situs resmi Cakra Motor 11 dan dapetin penawaran menariknya!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait