Pernah lihat kode oli yang diawali dengan angka dan digabung dengan huruf “W”? Sobat Cakra Motor 11 perlu tahu nih kalau angka di ujung kode oli tersebut adalah kode yang penting loh. Pasalnya kode itu menentukan sesuai atau tidaknya nih suatu pelumas dengan mesin mobil yang kita pakai sehari-hari. Jadi, sekarang sobat tahu nih setelah membaca artikel dari admin, kalau oli itu punya spesifikasi bukan Cuma sekedar pelumas mesin saja.

Viskositas Oli Mobil:

viskositas oli mobil itu adalah suatu nilai yang diberikan oleh asosiasi engineer di dunia untuk menentukan nilai dari kekentalan pelumas atau oli. Nah nilai ini di ukur dari angka, jadi semakin besar angka yang ada di ujung sebelum huruf W itu menunjukkan semakin kental oli tersebut. Cakra Motor 11 akan menjelaskan kalau Viskositas Oli Mobil ini perlu diketahui ya sobat, agar cocok nih digunakan pada mesin mobil kita, dan sesuai dengan umur dari mobil atau mesin mobil kita. Viskositas oli mobil yang terlalu besar tidak cocok digunakan untuk mobil baru ya sobat yang kurang dari 3 tahun, pasalnya viskositas pada oli mobil ini terbilang sangat kental. Contoh viskositas pada oli mobil dengan angka 10W, nah oli ini tergolong oli yang kental dan cocok diberikan untuk mesin mobil di atas 5 tahun.

Kenapa begitu? Jelas karena viskositas oli mobil yang lebih rendah cocok untuk mobil baru karena komponen mesinnya masih sangat kuat dan ketat antara satu dengan komponen lainnya. Jadi oli yang encer dan tidak besar viskositas oli mobilnya akan tidak memberatkan mesin ketika bekerja. Dengan adanya pelumas mesin dan sobat mengetahui arti dari spesifikasi, mobil juga akan jadi lebih awet.

Oli atau pelumas mobil merupakan darah dari mobil, dengan banyak manfaat yang Anda dapatkan. Oli mobil bisa melumasi mesin hingga mencegah karat dan juga menjaga suhu mesin agar tidak overheat atau mesin mobil menjadi panas.

Cara Membaca Viskositas Oli Mobil

SAE ini adalah suatu singkatan dari Society of Automotive Engineers, dan SAE ini juga disandingkan pada spesifikasi oli mobil sobat. Jika dengan contoh spesifikasi SAE 10W-40 cara membacanya adalah, tingkat viskositas oli mobil itu atau tingkat kekentalannya di angka 10 ketika “W” atau Winter, dan 40 dalam kondisi panas.

 

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.