TIPS MEMILIH MOBIL UNTUK LEBARAN

tips membeli mobil bekas lebaran

Cakramotor11.com – Mobil menjadi alat transportasi yang aman dan nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan jarak tempuh yang cukup jauh. Penggunaan mobil ke luar kota menjadi lebih hemat, jika dibandingkan dengan penggunaan transportasi umum yang membuat kita sedikit kurang nyaman bersama dengan orang lain.

Libur lebaran kini sudah mendekati, tentu hal tersebut sudah menandakan banyaknya orang yang akan pulang ke kampung halaman. Transportasi umum seperti kereta, bus, kapal, pesawat sudah pasti akan mengalami kenaikan harga tiket dengan lonjakkan yang cukup membuat Tunjangan Hari Raya (THR) habis dengan begitu cepat.

Dalam mengantisipasi berbagai hal yang tidak memungkinkan nantinya untuk persiapan mudik lebaran, alangkah lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun, masih banyak orang yang masih bingung memilih mobil untuk kenyamanan berkendara saat mudik lebaran. Berikut ini akan tersaji berbagai tips memilih mobil untuk lebaran, yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda membeli mobil. 

 

  •  Memiliki Fitur Keamanan

 

Keamanan menjadi salah satu dari banyaknya fitur yang wajib dimiliki oleh mobil, tidak hanya untuk mobil yang digunakan dengan jarak tempuh jauh saja, tetapi memang sudah fitur utama yang harus ada pada setiap mobil.

Apalagi jika mobil digunakan untuk kebutuhan banyak orang, lebih dari satu yaitu keluarga yang kita sayangi. Fitur keamanan dapat membuat Anda dan keluarga terhindar dari resiko kecelakaan.

 

  • Bahan Bakar yang Digunakan

 

kenapa pertalite bisa boros

Tips selanjutnya adalah menjatuhkan pilihan pada mobil yang irit penggunaan bahan bakar, meskipun tidak semua mobil memiliki teknologi tersebut. Namun, kini sudah ada beberapa mobil yang menerapkan sistem seperti Cruise Control, Auto Start-Stop, dan Indikator sistem untuk menghemat Anda dalam penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

  • Kapasitas dan Bagasi yang Besar

 

blind spot kaca belakang mobil
Sumber: Carsworld

Barang bawaan saat sedang mudik tentu sangat banyak, belum lagi dengan oleh-oleh yang dibawa setelah pulang mudik. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang memiliki  kapasitas ruang dan bagasi yang dapat memuat barang bawaan Anda dengan aman di dalam mobil.

 

  • Kenyamanan Tempat Duduk 

 

Kenyamanan tempat duduk yang digunakan saat pulang mudik nanti, akan membuat kondisi badan terasa nyaman dan tidak akan terasa pegal-pegal. Ditambah dengan fitur pendukung lainnya seperti AC, TV, dan radio yang semakin menambah kenyamanan Anda dalam perjalanan menuju kampong halaman. 

 

  • Ukuran Mobil

 

Mobil yang digunakan tidak hanya tampilan saja yang menarik, tetapi juga harus memiliki ukuran yang besar, minimal cukup untuk menampung penumpang dan juga barang bawaan di dalam mobil. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwasannya mobil harus memiliki kapasitas yang cukup untuk keamanan.

 

  • Kinerja Mesin yang Baik

 

kenapa wajib ganti oli mobil sebelum mudik

Mesin dengan peforma yang kuat dan tangguh akan membawa Anda dan keluarga dengan perjalanan yang aman, namun jangan lupa untuk melakukan service atau pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan (berangkat).

Dengan mesin yang kuat, mobil pada mesin juga tidak akan cepat panas. Tetapi pada perjalanan mudik yang menempuk jarak cukup jauh, sangat dianjurkan untuk melakukan pemberhentian di rest area setiap 2 jam sekali dengan maksimal waktu 30 menit. 

Istirahat dianjurkan saat perjalanan mudik berguna untuk mendinginkan mesin kendaraan dan juga membuat para pengemudi serta penumpangnya bisa beristirahat sebentar memulihkan tenaga, seperti tidur dan mengisi perut. Bisa juga pemberhentian pada rest area untuk ke toilet dan menunaikan ibadah.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait