Bagikan!

8 Tingkat Kekentalan Oli yang Perlu Kamu Ketahui!

tingkat kekentalan oli

Kamu belum paham apa arti kekentalan oli dan apa saja tingkat kekentalan oli? Ini penting lo untuk kamu ketahui, karena sebagai pemilik kendaraan yang baik, sudah seharusnya paham akan kebutuhan mesin khususnya oli. Dengan pemilihan kekentalan oli yang tepat, performa mesin kendaraan kamu jadi lebih baik.

Kekentalan oli menjadi salah satu faktor kunci yang memengaruhi kinerja mesin kendaraan kamu. Bahkan, setiap label yang tertera pada oli, terdapat kode yang menunjukkan seberapa kental oli yang kamu beli. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kendaraan kamu? Biar lebih paham, yuk kita bahas di artikel kali ini!

Apa Arti Kekentalan Oli?

Kekentalan oli atau viskositas oli adalah nilai yang menunjukkan seberapa kental oli untuk mengalir dengan mudah pada suhu rendah (dingin) atau tinggi (panas). Viskositas ini sangat penting lho, karena bisa memengaruhi kinerja mesin kendaraan kamu.

Kalau oli yang kamu pakai terlalu kental, maka mesin bakal kesulitan untuk mempompanya, sehingga tekanan oli menjadi rendah dan menyebabkan gesekan yang tinggi antar komponen mesin. Sebaliknya, jika oli terlalu encer, maka oli nggak bisa melumasi mesin dengan baik dan akan mudah terkikis.

Kode SAE (Society of Automotive Engineers) adalah cara untuk menunjukkan tingkat kekentalan oli. Kodenya punya dua angka: yang pertama diikuti huruf “W” (Winter atau musim dingin), menunjukkan bagaimana oli mengalir saat mesin dingin. 

Angka kedua menunjukkan bagaimana oli mengalir saat mesin mencapai suhu normal. Misalnya, kalau kodenya SAE 10W-30, itu berarti kekentalannya 10 saat dingin dan 30 saat panas.

Jenis Kekentalan Oli

Oli mesin bisa mengental sendiri ketika mesin lagi dingin dan jadi encer saat dipanasin, lho. Oli yang encer gampang mengalir buat melindungi mesin saat suhu lagi dingin. Sedangkan oli yang lebih kental bakal tetep kuat buat ngelindungin mesin pas suhu lagi tinggi. Jadi, ada dua jenis kekentalan oli, yaitu:

1. Kekentalan Oli Tetap

Seperti namanya, kekentalan tetap atau single grade adalah oli yang punya nilai kekentalan yang tetap. Nilai tersebut bisa bertahan dalam kondisi apa pun, baik pada suhu tinggi maupun rendah. Biasanya, oli jenis ini dipakai di transmisi mobil.

2. Kekentalan Oli Dinamis

Kekentalan dinamis atau disebut juga sebagai multigrade adalah oli yang mempunyai nilai kekentalan berbeda saat di suhu rendah maupun suhu tinggi. Oli dengan viskositas multigrade ini biasa digunakan untuk mesin.

Baca juga; Rekomendasi Oli Honda Jazz Berdasarkan Viskositasnya

Tingkat Kekentalan Oli

Tingkat kekentalan oli pada motor dan mobil berbeda, karena spesifikasi dari kerja mesinnya juga berbeda. Berikut ini beberapa kode kekentalan oli kendaraan secara umum.

1. SAE 0W-20

Kode oli SAE 0W-20 adalah jenis oli yang encer yang membuat tarikan mesin jadi enteng. Oli ini biasanya digunakan di mesin-mesin modern yang perlu oli ringan. Kalau kamu punya mobil baru bermerk Kijang Innova bensin, Yaris, Sienta, Mitsubishi Expander, Honda Jazz dan lainnya, cocok banget pakai viskositas 0W-20.

2. SAE 5W-30

Oli dengan kode SAE 5W-30 punya kekentalan yang cair di suhu dingin dan sedikit kental di suhu panas. Oli ini cocok banget buat mobil-mobil keluaran terbaru, biasanya dari tahun 2018 ke atas. Jenis oli ini juga cocok buat mesin yang dipakai di daerah dengan suhu udara yang sering berubah-ubah.

Baca juga; Rekomendasi Oli Mesin Mobil Mitsubishi Outlander Sport

3. SAE 5W-40

Kode oli SAE 5W-40 punya viskositas yang lebih kental daripada 5W-30, utamanya saat suhu panas. Jenis oli ini aman banget digunakan untuk motor matic jenis apa pun, entah itu motor yang mesinnya besar maupun kecil karena sama-sama memberikan perlindungan yang maksimal.

4. SAE 10W-30

Oli dengan kode SAE 10W-30 punya kekentalan sedang di suhu dingin dan sedikit kental di suhu panas. Jenis oli ini cocok untuk mesin yang beroperasi di lingkungan suhu yang stabil. Bisa juga kamu pakai jika punya motor keluaran Jepang terbaru, baik untuk tipe injeksi dan karburator, atau motor matic bermesin di bawah 250 cc.

5. SAE 10W-40

Oli dengan kode SAE 10W-40 memiliki viskositas yang sedang saat suhu dingin dan lebih kental saat suhu panas. Oli ini cocok untuk mesin dengan kinerja tinggi dan kondisi beragam. Umumnya dipakai oleh mobil-mobil keluaran terbaru, termasuk untuk segmen Low MPV yang berusia 1 hingga 10 tahun.

Baca juga; 10 Rekomendasi Filter Oli Mobil yang Bagus & Cara Memilihnya

6. SAE 15W-40

Kode oli berupa SAE 15W-40 punya tingkat keenceran mencapai angka 40. Kamu juga masih bisa memakainya pada kondisi suhu hingga -15°C.

Penggunaannya untuk mesin diesel dan bensin yang beroperasi pada kondisi berat. Oli ini juga bagus untuk kendaraan berumur lima tahun ke bawah atau jarak tempuh kurang dari 100.000 km.

7. SAE 20W-40

Oli dengan kode SAE 20W-40 punya kekentalan 20 pada suhu dingin atau rendah, sedangkan kekentalan oli pada suhu tinggi adalah 40. Jenis oli ini cocok banget untuk kamu yang memiliki kendaraan bermotor roda dua 4 Tak, baik merek Honda atau Yamaha Matic berumur lebih dari 8 tahun.

8. SAE 20W-50

Oli yang punya kode SAE 20W-50 biasannya lebih kental, baik saat suhu dingin maupun panas. Biasanya untuk mesin yang beroperasi pada kondisi yang berat dan berusia tua. Termasuk mesin kendaraan yang diproduksi tahun 90-an, seperti sepeda motor 2 Tak yang butuh pelumas dengan kualifikasi kinerja tinggi.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa semakin kecil angkanya, maka semakin baik dan mudah oli akan mengalir di dalam mesin. Kode 5W-30 mengalir lebih mudah daripada 10W-30 pada suhu mesin awal hidup. Sedangkan 10W-30 mengalir lebih mudah daripada 10W-40 pada suhu mesin beroperasi normal. 

Baca juga; Rekomendasi Oli Terbaik untuk Mobil Daihatsu Terios

Saatnya Ganti Oli Mesin Kendaraan di Cakra Motor 11

Mengganti oli mesin secara berkala jadi salah satu aspek penting dalam merawat kendaraan kamu agar tetap berjalan optimal dan lebih awet. Sebab, oli berperan sebagai pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin, membersihkan kotoran, dan mendinginkannya.

Bosque bisa beli oli di Cakra Motor 11 dengan berbagai jenis tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan. Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli terlengkap yang punya 7 cabang di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Kami pastikan semua produk yang dijual adalah original dan harganya bersaing 

Nah, biar nggak salah pilih oli, Bosque bisa lihat buku manual kendaraan atau bisa berkonsultasi dengan tim kami. Kunjungi website Cakra Motor 11 yang sudah tertera kontak kami atau langsung saja datang ke cabang terdekat.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait