penyebab suara mesin mobil kasar

Kenapa Suara Mesin Mobil Kasar, Cakramotor11.com – Gak enak banget pastinya kalau suara mesin mobil kita kasar, selain diri kita terganggu, keluarga atau temen pun akan bertanya-tanya, kenapa nih mobil? Yang ada nantinya kita bisa malu kalau lagi dalam perjalanan mobilnya berisik. Kini kita bakal bahas cara mengatasi suara mesin mobil kasar dan penyebabnya.

Sering juga ada yang merasa suara mesin mobil kasar saat rpm rendah, atau suara mesin mobil kasar saat di gas, atau bahkan suara mesin mobil kasar saat dingin mesin. Ada beberapa penyebab suara mesin mobil bisa kasar, nah kasarnya suara mesin mobil ini ada dua faktor, pertama dari faktor internal mesin, dan faktor luar, dimana diluar sisi permesinan.

Dibawah ini kita coba bahas sedikit penyebab suara mesin mobil kasar. Umumnya sih kalau perawatan mobil kurang oke, akan terjadi seperti suara mesin mobil kasar saat rpm tinggi, namun dari mana sih penyebab mesin kasar itu?

Beberapa Penyebab Suara Mesin Mobil Bisa Kasar:

  • Oli Mesin Sudah Menuruh.

penyebab suara mesin mobil bisa kasar

Penyebab suara mesin mobil jadi kasar yang pertama adalah dari bagian dalam mesin yaitu sisi pelumasnya. Kalau pelumas mesin cocok dengan karakteristik mesin, pastinya tidak akan berisik, namun kadang ada saja orang yang sudah jelas tertera oli mesin mobil ini sudah ada zat aditif dan memiliki ketahanan tertentu dalam hal waktu penggunaan, dia malah masih saja menambah zat aditif.

Maksudnya sih pengen lebih lama lagi ganti oli mobilnya, tapi, hal ini malah membuat performa oli mobil Anda menjadi menurun dan timbal jadi muncul membuat kasarnya mesin mobil. Hal ini terjadi karena sudah saatnnya oli diganti, tetapi si pemilik kendaraan masih saja berfikir bahwa oli mobilnya masih sanggup dan ternyata membuat timbul karat, timbal yang membuat komponen mesin jadi tergesek.

  • Katup Mesin Bermasalah.

katup mesin bermasalah

Ada hal selanjutnya yang membuat suara mesin mobil bisa kasar, yaitu tidak tepatnya penutup celah katup mesin mobil. Jika terlalu rapat atau juga longgar, hal ini bukannya bagus, malah membuat masalah baru pada mesin mobil, dan menjadi kasar ketika di gas dan dalam kecepatan tertentu.

Semakin berumur mobil karena penggunaan, celah ini bisa melonggar dengan sendirinya dan bisa menimbulkan bunyi seperti tergesek. Hal ini kerena katup memiliki batang yang mengenai atau tergesek dengan rocker arm mobil. Disarankan mengatur celah katup mesin antara 0,2 sampai 0,3 mm saja.

  • Timbul Dari Kompresor AC.

Jangan salah, kompresor AC mobil yang olinya sudah berkurang itu bisa menimbulkan suara yang mengganggu loh. Tidak sampai disana, kotoran juga bisa membuat sumbatan yang bisa saja membuat hal ini menjadi semakin besar, bisa dilaukan flushing untuk mengecek bagian komponennya.

Setelah mengetahui beberapa penyebab suara mesin mobil bisa jadi kasar, kini sobat perlu memastikan pelumas mobil yang digunakan berkualitas. Ada beberapa indikator oli berkualitas, pertama harganya masuk akal, tidak ada penjual yang menjual dibawah harga pasaran, jika ada yang menjual, Anda patut ragu dengan kualitasnya.

Toko Oli Mobil dan AKi Mobil Terbaik di Jakarta

Selanjutnya adalah, tanyakan pada penjual oli mobil tersebut, bisakan dia menjamin oli pelumas yang dijual adalah asli, dan terakhir cek apakah ada toko fisik atau bengkel fisik? Hal ini dirasa penting ya sobat, kalau kita tahu penjual punya toko atau bengkel, kita jadi lebih aman, kalau tidak ada, dan suatu saat ada masalah, kita mau mengadu kemana?

Cakra Motor 11 jadi tempat terbaik Anda membeli oli mobil, kami menjual 100% oli original bukan palsu, KW. Gratis biaya jasa pemasangan atau penggantian oli mobil di lebih dari 5 lokasi bengkel kami di Jabodetabek, termasuk ketika Anda membeli di marketplace kami seperti Tokopedia dan juga Shopee.  Klik dan beli sekarang manfaatkan GRATIS ONGKIRNYA….

Artikel Terbaru

Artikel Terkait