Bagikan!

Simak Yuk Penjelasan Parkir Paralel Mobil

penjelasan parkir paralel mobil

Bosque pasti sudah tahu kan apa itu parkir paralel? Nah, benar banget  parkir paralel itu adalah posisi parkir mobil yang biasa nya di gunakan pengendara mobil untuk memarkir kendaran mobil nya secara berurutan sejajar dari depan sampai belakang.

Seperti jika kalian sedang ingin memarkir kendaraan mobil posisi nya sedang di luar rumah,  di tempat kerja, di mall, atau di tempat halaman parkir, biasa nya pasti kita selalu menemukan keterbatasan tempat parkir yang akhirnya membuat kita untuk parkir paralel atau parkir dengan kondisi berjajar.

Jika bosque berada di dalam situasi kaya diatas, pasti tukang parkir nya mengarahkan mobil kita untuk parkir parelel. Maka dari itu bangmin mau share pengertian dan cara parkir paralel apa lagi kalau kamu pemula wajib baca ini sampe selesai ya.

Apa Sih Parkir Parelel Itu?

parkir paralel mobil di jalan raya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya parkir paralel itu adalah dimana posisi parkir mobil harus berjajar  atau berurutan depan belakang bersama salah satu mobil dengan mobil yang lainnya. Jadi mobil bosque itu parkir nya harus berhadapan sama mobil yang sedang parkir di posisi belakan nya mobil tersebut.

Bisa kita ketahui jika ingin memarkir kendara mobil dengan cara parkir paaralel itu butuh skil karna parkir parelel ini lebih sulit untuk pemula dibandingan kalian parkir biasa. Tapi jangan khawatir ya walau pun parkir paralel sulit pasti akan bisa karna terbiasa jika kita sering belajar untuk parkir paralel. Yuk simak Bangmin akan kasih tips biar Bosque khusus nya untuk pemula.

Cara Menghadapi Parkir Paralel

  1. Menjajarkan Posisi Kendara Mobil

Cara pertama yang harus Bosque simak kalau sedang parkir paralel adalah selalu ingat untuk menjajarkan posisi kendaraan mobil kalian. Jadi sejajarkan kendaraan mobil kalian sama kendaraan mobil yang lain yang sudah terlebih dahulu memarkir paralel, lalu ambil jarak dari sisi samping ya. Dan jangan lupa untuk selalu lihat ke arah kanan dan kiri kendaraan mobil saat kalian akan menjajarkan kendaraan mobil kalian.

  1. Mundurkan Kendaraan Mobil

Nah, jika kendaraan mobil kalian sudah sejajar dengan kendaraan mobil yang lain yang sudah terpakir, jangan lupa untuk ubah persneing ke P untuk berjalan mundur, dan putar kemudi kendaraan mobil kalian ke arah kanan sampe mentok ya, lalu mundurkan kendaraan mobil kalian perlahan sampai membentuk sudut 45 derajat. Jika kendaraan mobil kalian mundur, kamu tinggal melihat dari kaca spion.

  1. Meluruskan Setir Kendaraan Mobil

meluruskan setir mobil saat parkir paralel

Untuk meluruskan setir kendaraan mobil kalian, yang kalian harus lakukan adalah luruskan setir kendaraan mobil kalian, mundurkan kendaraa mobil kalian secara perlahan ya. Agar  kendaraan mobil kalian bisa masuk diantara kendaraan mobil yang lain yang berada  di depan atau di belakang.

Jangan lupa periksa kembali posisi parkir kendaraan mobil kalian dan selalu pastikan kendaraan di sekitar untuk berjaga jarak antar kendaraan yang lain yang sedang parkir. Hal ini dapat mencegah terjadi nya kerusakan yang tak terduga.

  1. Meluruskan Roda Depan Dan Setir Kendaraan Mobil

Jadi jika bosque sudah mendapatkan posisi parkir paralel yang benar opsi terakhir yang harus diterapkan adalah untuk meluruskan roda depan dan setir kendaraan mobil, yang harus diingat jangan meninggalkan kendaraan mobil dangan kondisi tidak lurus ya, karna dapat mengakibatkan keseimbangan kendaraa mobil kalian ketika sedang  berkendara nanti.

Jadi itulah cara parkir paralel dan pengertiannya yang bosque khusus nya pemula harus tahu ya, semangat untuk terus belajar berkendara dan parkir dengan baik dan benar.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait