Rekomendasi Ganti Busi Mobil Berapa KM? Terbaru 2023

rekomendasi ganti busi mobil

Cakramotor11.com, Rekomendasi Ganti Busi Mobil Berapa KM – Mobil merupakan alat transportasi yang sangat banyak digunakan, tidak sedikit dari kita yang memiliki mobil lebih dari satu unit. Mobil bisa bergerak dan mengantar kita ke banyak tempat itu dengan pemicu bahan bakar, namun, jika tidak ada salah satu komponen ini, pengapian dalam sistem kerja mobil tidak akan bekerja.

kapan ganti busi mobil

Komponen yang akan kita bahas kali ini adalah busi, dimana busi sama seperti oli nih bosque, dia punya masa pakai yang direkomendasikan. Jika sudah sampai pada waktu tertentu, busi mobil harus diganti, busi mobil bisa diganti dengan yang baru agar sistem proses pembakaran pada mobil tetap fresh. Rata-rata penggunaan maksimal dari busi itu maksimal 45.000 km, tetapi tidak hanya berpatokan pada km saja ganti busi itu, ada beberapa tanda lain untuk mengganti busi mobil.

Ciri-ciri busi perlu diganti:

  • Sulit distarter.

kapan ganti busi mobil

Hal pertama yang menjadi tanda-tanda busi sudah mulai menurun performanya adalah mesin sulit dinyalakan atau distarter. Busi memiliki masa pakai yang bisa saja disebelum waktu rata-rata penggantiannya itu sudah tidak bisa digunkan lagi. Penggantian busi mobil bisa dilakukan jika sudah sering terjadi tanda-tanda, apalagi jika sudah terjadi beberapa kali ini bisa membuat performa mesin mobil jadi berkurang.

  • Mesin terasa kurang responsif.

kendala busi mobil

Seiring berjalannya waktu, busi juga perlu dicek kondisinya, karena dia bisa menurun seiring berjalannya waktu. Adanya busi bisa membuat mobil berakselerasi dengan sempurna, namun jika kondisinya sudah tidak prima lagi, tarikan mesin malah terasa berat dan sulit untuk responsif. Jika sudah sering terjadi seperti ini, segeralah melakukan pengecekan bosque pada businya, supaya juga putaran mesin jadi kembali normal.

  • Warna busi menghitam / menjadi gelap.

Sebetulnya ketika kondisi busi sudah menjadi agak gelap seharusnya diganti, bahkan jika warnanya sudah kecoklatan itu juga sudah waktunya diganti. Busi yang sudah berwarna coklat atau hitam gelap bisa membuat pembakaran mobil tidak sempurna dan menyebabkan asap mobil jadi menghitam.

  • Pengaruh terhadap bahan bakar.

bensin mobil

Ketika busi mobil sudah aus dan tidak dalam performa terbaiknya adalah akselerasinya jadi lamban. Dan sering juga terjadi hal seperti terjadi lonjakan pada bagian mesin mobil ketika sedang berjalan. Serta yang paling merugikan adalah bensin menjadi boros atau konsumsi bahan bakar jadi meningkat lebih banyak daripada biasanya. Ini menandakan kondisi busi sedang tidak baik-baik saja loh bosque.

Kesimpulan & Saran Bang Ori:

Lakukan juga perawatan dan pengecekan busi mobil kamu setiap 10.000 km ya bosque, biar terpantau terus dan gak ke skip, berbahaya nanti jika tidak rutin dipantau bisa mogok dijalan. Jangan lupa juga rutin mengganti oli mesin kamu biar mesin segar dan juga tidak cepat panas karena menggunakan oli yang sudah lama secara terus menerus. Yuk ganti oli mobil kamu di Cakra Motor 11 sebagai spesialis oli mobil sudah lebih dari 30 tahun.

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait