Bagikan!

4 Rekomendasi Aki Toyota Avanza Terbaik untuk Start Lancar!

toyota avanza

Aki adalah salah satu bagian mobil yang membutuhkan perawatan berkala. Makanya, penting bagi Bosque untuk mengganti aki sesuai dengan waktunya. Nah, Bosque tahu nggak nih kalo sekarang ada banyak rekomendasi aki Toyota Avanza yang bisa jadi pilihan?

Sudah pasti tiap merek aki ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi harga pun relatif bervariasi, jadi Bosque bisa sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Nah, buat Bosque yang sedang mencari rekomendasi merek aki untuk mobil Toyota Avanza, simak artikel ini sampai akhir, ya!

4 Rekomendasi Aki Toyota Avanza Terbaik

Bosque nggak perlu pusing-pusing cari merek aki yang cocok untuk mobil Avanza. Di bawah ini ada 4 aki Toyota Avanza yang bisa jadi pilihan terbaik Bosque.

1. Amaron

Amaron bisa jadi rekomendasi aki Toyota Avanza yang Bosque pilih. Merek aki ini sangat populer di Indonesia, karena memiliki ketahanan yang tinggi. Selain harganya yang lumayan terjangkau mulai dari Rp850.000,00; kualitasnya juga nggak perlu diragukan lagi. Salah satu kelebihan aki Amaron adalah cenderung minim maintenance.

Bukan cuma itu aja, Amaron juga sudah dilengkapi Cold Cranking Ampere (CCA) sebagai tanda seberapa mampu komponen ini dalam memberi arus daya listrik ke mesin mobil dalam hitungan detik, ketika kondisi dingin. Jadi, semakin besar CCA-nya, maka semakin tangguh dan awet kualitas aki.

Makanya, jangan heran kalau Amaron ini cocok untuk mobil Toyota Avanza milik Bosque.

2. Sail

Rekomendasi aki Toyota Avanza berikutnya adalah Sail. Buat Bosque yang belum tahu, Sail adalah merek aki asal Tiongkok, yang banyak diminati pemilik kendaraan roda empat. Termasuk juga untuk mobil Toyota Avanza.

Harganya juga relatif terjangkau, sehingga ada banyak pemilik mobil yang memilih menggunakan merek aki ini. Namun, Bosque nggak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena aki Sail ini punya performa yang mumpuni.

3. GS Astra

Siapa sih yang nggak tahu merek aki yang satu ini? Ya, GS Astra ternyata juga bisa Bosque gunakan untuk mobil Toyota Avanza. Saat ini, merek aki GS Astra sudah tersedia dalam tiga macam aki NS30Z, yakni aki kering, aki basah, dan aki hybrid. 

Jadi, Bosque bisa bebas nih pilih salah satu tipe aki tersebut sesuai dengan kebutuhan mobil. Kisaran harganya juga sangat bervariasi mulai dari Rp700.000,00 an saja, lho.

4. Incoe

Rekomendasi aki Toyota Avanza yang terakhir berasal dari merek Incoe. Saat ini, Incoe menyediakan aki tipe NS40Z dengan kapasitas 35 Ah dan CCA 288. Tentu saja aki basah ini cocok untuk mobil Toyota Avanza Bosque.

Salah satu kelebihan merek aki ini adalah perawatannya yang lebih mudah, karena termasuk aki hybrid. Bukan cuma itu, aki Incoe juga sudah bersertifikasi SNI dan lolos standar Japan Industrial Standard (JIS). Jadi, Bosque nggak perlu khawatir lagi untuk pakai aki ini.

5 Cara Mengganti Aki Toyota Avanza

Setelah tahu rekomendasi aki Toyota Avanza, belum lengkap rasanya kalau Bosque belum tahu cara mengganti aki yang tepat. Panduan ini penting buat Bosque ketahui, karena berkaitan dengan penggunaan aki itu sendiri. Nah, berikut adalah panduan cara mengganti aki Toyota Avanza yang benar dan wajib Bosque tahu.

1. Tempatkan Aki secara Tegak Lurus

Hal pertama yang perlu Bosque lakukan sebelum mengganti aki adalah menempatkannya dalam posisi tegak lurus. Tujuannya biar aki tidak tumpah. Lalu, letakkan aki pada dudukannya secara perlahan dan pastikan jika sudah tepat tempatnya.

Jadi, aki dijamin tidak akan mudah goyang atau cairan di dalamnya tumpah. Kemudian, hal lain yang harus Bosque perhatikan adalah membersihkan terminal aki dari endapan kotoran sebelum dipasang kembali.

2. Pemasangan Kabel Positif

Cara selanjutnya adalah pemasangan kabel kutub positif terlebih dahulu. Berbeda halnya ketika melepas aki, di mana kutub negatif yang harus dilepas pertama kali. Kalau Bosque belum tahu, posisi kutub positif ini ada di dekat komponen berbahan logam.

Makanya, proses pemasangannya harus kabel positif dulu, biar tidak menciptakan percikan api.

3. Pemasangan Kabel Negatif

Setelah kabel positif terpasang, selanjutnya Bosque bisa pasang kabel negatif. Pastikan kedua kabel sudah terpasang sempurna dan tidak kendor, ya. Kenapa begitu? Karena pemasangan yang nggak benar, akan membuat mobil gak bisa menyala.

4. Pengecekan Kabel dan Klem

Selanjutnya, cek kabel dan klem serta memastikan semuanya sudah terpasang sempurna. Artinya, jangan sampai ada yang kendor atau bahkan gak terkunci.

5. Menyalakan Mesin Mobil

Tahapan terakhir dalam proses penggantian aki adalah menyalakan mesin mobil. Tujuannya biar Bosque tahu apakah aki sudah terpasang dengan sempurna atau belum. Jadi, jika mesin bisa hidup normal, maka proses pemasangan sudah benar. Begitu juga sebaliknya ya, Bosque.

cakra motor 11

Mana Pilihan Aki Toyota Avanza Terbaik untuk Mobil Bosque?

Jadi 4 rekomendasi aki Toyota Avanza terbaik yang bisa jadi pilihan buat Bosque adalah Amaron hingga Incoe. Selain melihat dari segi fungsi, Bosque juga bisa nih memilih aki sesuai dengan budget yang dimiliki.

Apalagi harga aki sekarang ini relatif bervariasi, kan. Jadi, Bosque tak perlu khawatir lagi jika harus mengganti aki secara berkala. Apalagi sekarang ada Cakra Motor 11, spesialis oli dan aki.

Nggak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena produk aki di Cakra Motor 11 sudah terjamin orisinalitasnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera cari aki untuk mobil Bosque di Cakra Motor 11 sekarang juga!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait