Bagikan!

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Terbaru 2023

Penyebab Oli Bocor Pada Mobil

Cakramotor11.com, Penyebab Oli Bocor Pada Mobil – Pelumas mobil itu harus cukup, tidak boleh kurang, namun juga tidak boleh terlalu banyak atau berlebih. Setidaknya dalam satu periode penggunaan oli, oli tersebut tidak boleh kurang dari batasnya. Jika pada kurun waktu yang masih singkat dari periode penggantian oli, tetapi pas di cek malah oli berkurang, bisa jadi oli mobil bocor atau rembes.

Kadang kita gak sadar ya, selesai ganti oli mobil pas sampai rumah dan besoknya terlihat ada genangan oli ringan. Meskipun terlihat tidak banyak, genangan ini jika tidak diatasi, malah bikin oli mobil bocor lebih banyak dan berakibat fatal pada perputaran mesin mobil. Yang tidak bisa dihindari jika tidak ada atau berkurangnya oli mesin secara drastis itu membuat gesekan pada komponen mesin mobil.

Apa penyebab oli bocor?

Sebetulnya penyebab dari bocornya oli mesin mobil itu sangat bervariasi, contoh saja seperti segel atau karet yang sudah harus diganti, gasket sudah rusak dan lain-lain. Ada juga beberapa hal lain seperti dibawah ini.

  • Rusaknya filter oli mobil.

Rusaknya dari filter ini menjadi penyebab paling umum dan sering terjadi pada mobil. Kita perlu tahu ya kalau filter oli ini punya fungsi sebagai penyaring kotoran serta debu yang ada dan masuk di dalam oli mobil, sehingga dia menjadi penanggung jawab dari suplai oli ke mesin sehingga kotoran tidak masuk ke mesin. Jadi kalau filter ini rusak dan dipakai terus-terusan, oli bisa rembes atau mengalami kebocoran, sehingga tekanan pada sistem pelumas gak imbang lagi dari oli keluar.

  • Gasket harus diganti.

Sama seperti komponen yang lainnya bosque, gasket ini juga perlu diganti jika sudah tidak baik performanya. Gasket merupakan komponen yang mengisi dari celah antara dua komponen yang berbeda serta mencegah kebocoran. Pada mobil, gasket ini cukup penting karena sifatnya tadi yang menjadi penyambung antara bagian yang berbeda, contohnya blok mesin. Jadi kalau komponen ini sudah termakan usia cukup lama, dia sudah tidak bisa lagi menjaga keeratan komponen, alhasil oli jadi rembes atau bocor keluar.

  • Oli yang berlebih (overfilling).

Kalau oli gak boleh kurang, berarti lebih boleh dong bang? Tidak dong, karena overfilling atau oli yang lebih dari kapasitas umumnya itu bisa membuat oli jadi rembes juga. Karena kapasitas tamping oli dan juga transmisi itu sudah sangat baik, jadi kalau ada tekanan pada sistem oli yang tidak sesuai maka jadi tidak seimbang jadinya oli bisa bocor atau rembes.

Lakukan pergantian oli rutin dan cukup.

Ganti oli di tempat yang tepat dan berpengalaman seperti Cakra Motor 11. Kami akan merekomendasikan jenis oli dan harga yang paling sesuai untuk kamu. Spesialis oli lebih dari 30 tahun serta sudah banyak review positif karena membeli oli dan aki di Cakra Motor 11.

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait