Bagikan!

Mengenal Oli Persneling Mobil Berserta Harga Terbarunya

oli persneling mobil

Oli Persneling Mobil – Oli persneling mobil merupakan jenis oli yang berhubungan langsung dengan sistem transmisi mobil. Oli jenis ini berperan dalam mendinginkan serta melumasi semua komponen transmisi yang ada di kendaraan anda. Itulah sebabnya, oli persneling mobil juga dinamakan oli transmisi mobil.

Oli persneling yang kondisinya masih bagus berdampak pada perpindahan gigi yang mudah dan ringan. Untuk mobil jenis matic atau yang menggunakan sistem transmisi otomatis, di dalam sistem transmisinya ada sebuah wajan yang digunakan sebagai tempat dari filter oli dan oli transmisi tersebut.

Sementara itu, mobil yang menggunakan sistem transmisi manual terdapat sebuah rumah yang berisi oli transmisi. Jadi, dengan adanya oli persneling mobil mobil ini, maka perpindahan gigi tidak berat. Selain itu, komponen yang ada di dalam sistem transmisi pun tidak mudah rusak.

Jadi, sangat penting untuk mendapatkan oli persneling mobil terbaik yang pas untuk mobil anda. Bukan itu saja, yang tidak kalah penting adalah mengetahui bahwa oli transmisi mobil ini perlu diganti. Lalu seberapa penting anda harus mengganti oli persneling tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya yang akan kami berikan kepada anda.

Pentingnya Mengganti Oli Persneling Mobil Secara Rutin

oli persneling mobil

Tidak jauh berbeda dengan oli mesin, oli persneling mobil juga harus diganti secara rutin. Sebagaimana yang sudah kami jelaskan bahwa oli persneling ini berfungsi untuk membuat perpindahan gigi menjadi ringan yang tentunya juga membuat berkendara menjadi nyaman. Bayangkan ketika anda mengendarai mobil yang sistem transmisinya kurang bagus, perpindahan gigi terasa kerasa dan dikhawatirkan komponen mesin bisa rusak.

Adanya oli persneling mobil ini berperan sebagai penghantar di dalam mekanisme perpindahan transmisi matic dan manual. Setidaknya ada beberapa alasan mengenai pentingnya mengganti oli persneling yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Menjaga Komponen Mesin

Oli persneling mobil berperan melumasi dan melumasi setiap komponen mesin agar tidak cepat rusak. Oli transmisi akan mencegah terjadinya gesekan yang ada pada setiap komponen yang terbuat dari logam. Namun perlu anda ingat bahwa kondisi oli persneling semakin lama kualitasnya akan semakin menurun.

Maka dari itu, anda jangan sampai telat ganti oli pernseling ini agar supaya komponen mesin tetap terlindungi secara maksimal. Kemudian, anda juga harus memilih oli yang sesuai agar oli tersebut mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Meningkatkan Kinerja Mesin

Selain untuk menjaga komponen mesin, oli persneling juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja mesin. Oli persneling yang tidak diganti secara rutin akan membuatnya semakin lama semakin mengental. Bahkan warnanya pun juga bisa berubah menjadi hitam.

Kondisi ini berdampak pada performa mesin yang semakin menurun karena oli persneling sudah tidak mampu menjalankan tugasnya seperti biasa. Selain itu, akibat yang terjadi jika telat ganti oli persneling adalah suara mobil anda akan terdengar kasar.

Permasaahan lain yang juga bisa anda hadapi yaitu mobil sulit dinyalakan atau di-starter. Untuk kondisi yang parah, mobil akan mengeluarkan asap tebal dari knalpot yang juga dibarengi dengan tarikan mobil yang berat. Untuk itu, anda jangan sampai telat ganti oli persneling agar tidak mengalami permasalahan seperti ini.

3. Menghindarkan Mesin Tercampur Kotoran

Sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa oli persneling yang lama tidak diganti akan mengental. Hal ini berakibat pada komponen transmisi pada mobil anda bisa mengalami kerusakan. Kemudain, mesin akan terkontaminasi kotoran yang mengakibatkan munculnya goresan dan juga karat.

4. Menghindarkan Mobil Turun Mesin

Mengganti oli persneling secara rutin juga mampu menghindarkan mobil anda agar tidak mogok. Komponen di dalam mesin adalah logam yang nantinya akan saling bergesekan. Jika kondisi oli kurang bagus, kemungkinan besar mesin kendaraan anda tidak mampu menjalankan tugasnya alias turun mesin.

5. Menghemat Bahan Bakar

Gesekan antar setiap komponen mesin yang semakin halus membuat mobil nyaman digunakan, terutama untuk perjalanan jauh. Oli persneling mobil yang tidak kunjung diganti akan membuat kinerja mesin semakin berat. Kondisi ini membuat mesin memerlukan sumber energi yang lebih besar yaitu bahan bakar mobil tersebut.

Jika anda tidak segera mengganti oli persneling mobil, anda bisa bayangkan berapa banyak biaya yang anda keluarkan untuk membeli bensin. Apalagi jika anda harus menempuh perjalanan jauh seperti mudik atau liburan ke luar kota. Kemungkinan besar uang bensin yang sudah anda siapkan malah kurang.

Oleh karena itu, anda harus mengganti oli persneling secara rutin. Anda cek kondisi oli transmisi sebelumm anda mengendarai mobil anda untuk perjalanan jauh. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari berbagai masalah akibat oli persneling mobil yang tidak diinginkan.

Ciri-Ciri Oli Persneling Mobil Yang Harus Segera Diganti

Beberapa ciri atau gejala yang menunjukkan bahwa sudah waktunya anda ganti oli persneling mobil adalah sebagai berikut:

  • Perpindahan gigi akan terasa berat. Bagi orang yang sudah lama mengemudikan mobil pasti bisa merasakan bahwa persneling mobil terasa berat. Jika anda mengalami masalah seperti ini, kemungkinan besar oli persneling sudah waktunya untuk diganti.
  • Konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros padahal mobil anda termasuk mobil yang irit bahan bakar.
  • Performa mesin akan semakin menurun. Untuk kondisi ini juga biasanya dirasakan oleh mereka yang sudah lama mengemudikan mobil.
  • Oli persneling memiliki warna hitam pekat dan kental. Kondisi ini bisa berakibat kotoran bisa tercampur dengan oli dan kemudian masuk ke sistem transmisi mobil anda. Akibatnya bisa menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan.
  • Lampu cek engine akan menyala. Ini menunjukkan bahwa ada bagian mesin yang perlu anda cek. Salah satunya yaitu mengecek kondisi oli persneling mobil anda.

Harga Oli Oli Persneling Mobil Terbaru

oli persneling untuk mobil

Informasi yang harus anda ketahui selanjutnya yaitu tentang harga dari oli persneling mobil. Di bawah ini kami sudah memiliki beberapa daftar harga oli persneling yang cocok untuk semua merk mobil. Oli persneling yang anda cari pastinya ada di sini.

No

Oli Persneling Mobil

Harga

1 CASTROL MTF GL4 80W90 24X1LT Rp. 65.000
2 ENEOS GEAR TOURING 75W90 12X1LT Rp. 65.000
3 ENOC ZENON ULTRA LSD GL5 80W90 GEAR OIL 12X1LT Rp. 100.000
4 FK MASSIMO GEAR GL5 80W90 24X1LT Rp. 90.000
5 FK MASSIMO GEAR LSD GL5 75W90 24X1LT Rp. 150.000
6 IDEMITZU EXTREME MTF 24X1LT Rp. 60.000
7 KENDAL GEAR LS 80W90 12X1LT v120.000
8 MOBIL 1 SYNTHETIC GEAR 75W90 12X1LT Rp. 240.000
9 MOBIL LUBE HD 80W90 12X1LT Rp. 90.000
10 MOBIL LUBE HD 80W90 4X4LT Rp. 240.000
11 PETRONAS GL5 80W90 16X1LT Rp. 75.000
12 SAINZ GEAR 75W90 LIMITED SLIP 24X1LT Rp. 100.000
13 SHELL SPIRAX S2G 80W90 12X1LT Rp. 65.000
14 SHELL SPIRAX S3 G80 12X1LT Rp. 90.000
15 TOP ONE SYNTHETIC GEAR 140 24X1LT Rp. 70.000
16 TOP ONE SYNTHETIC GEAR 90 24X1LT Rp. 70.000
17 TOTAL EP 85W90 18X1LT Rp. 60.000
18 UNITED GEAR S5 80W90 24X1LT Rp. 65.000

Harga oli persneling mobil di atas merupakan harga terbaru. Mungkin harga yang kami sebutkan bisa berbeda dengan harga yang dibandrol oleh toko oli mobil di tempat anda. Meskipun begitu, harga di atas tidak akan jauh berbeda karena memang sesuai dengan harga pasaran. Jadi, anda sekarang tinggal mencari oli persneling yang tepat untuk mobil anda. Pastikan anda datang ke tempat yang tepat agar anda mendapatkan oli yang berkualitas.

 

Baca Juga : 5 Toko Oli Gading Serpong Ternama

 

Waktu Untuk Ganti Oli Persneling Mobil

Lalu kapan waktu terbaik untuk ganti oli persneling mobil? Baik oli mesin atau oli persneling memang harus diganti. Hanya saja, waktu ganti kedua jenis oli tersebut berbeda. Secara umum, oli persneling atau oli transmisi harus digatni ketika sudah mencapai 40.000 km.

Perlu diingat bahwa oli persneling pada mobil manual biasanya lebih sering ganti oli dibandingkan mobil dengan sistem transmisi otomatis. Berkenaan dengan oli pada transmisi matic, biasanya ada beberapa mobil yang tidak perlu ganti oli transmisi. Hal ini karena oli tersebut sebelumnya sudah disegel karena digunakan untuk pemakaian seumur hidup.

Meskipun begitu, anda harus tetap mengecek kondisi oli tersebut apakah kondisinya masih bagus atau tidak. Untuk oli persneling yang tidak digunakan seumur hidup, pastikan anda menggantinya dengan rentan waktu yang tepat agar umur sistem transmisi mobil anda semakin panjang.

Bagi Bosque yang ingin beli mobil bekas misalnya, disarankan untuk mengganti semua cairan-cairan mulai dari oli mobil sampai pada oli transmisi atau oli perseneling agar kinerja mobil tetap prima.

Cakra Motor 11, Tempat Jual Oli Persneling Mobil Terpercaya

Berkaitan dengan toko oli persneling mobil, kami merekomendasikan Cakra Motor 11 sebagai toko pilihan untuk mendapatkan oli persneling yang anda cari. Toko ini sudah terkenal sebagai salah satu toko oli terbaik dengan produk yang dijamin keasliannya. Semua merk oli persneling yang anda cari bisa anda dapatkan di sini.

Selain menjual oli persneling mobil, Cakra Motor 11 juga menjual jenis oli mobil yang lainnya. Jadi, anda bisa menjadikan Cakra Motor 11 sebagai toko oli terbaik anda. Harga oli yang dijual di sini sudah termasuk biaya pemasangannya. Jadi, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Lalu mengapa kami merekomendasikan anda membeli oli persneling mobil di Cakra Motor? Berikut ini jawabannya:

  • Cakra Motor 11 merupakan toko oli dan aki mobil yang terpecaya. Di sini semua barang yang dijual merupakan barang baru dan bukan barang rekondisi atau barang bekas. Anda bisa mengecek sendiri kualitas produknya dengan datang langsung ke sini.
  • Cakra Motor 11 juga menjadi salah satu toko oli dan aki mobil yang memiliki tenaga mekanik berpengalaman. Mereka yang bekerja di sini adalah orang-orang pengalaman yang tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya sekedar ganti oli dan aki, anda juga bisa datang ke sini untuk keperluan servis segala merk dan jenis mobil.
  • Harga dari produk yang dijual di sini sesuai dengan kualitasnya. Namun bukan berarti harganya lebih mahal dibandingkan dengan toko yang lain. Bahkan harganya pun bisa lebih murah.

Anda bisa datang ke Cakra Motor 11 Cinere :

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan oli persneling mobil. Kesimpulannya, oli persneling mobil memiliki peran yang tidak kalah penting dengan oli mesin. Anda harus mengganti oli tersebut secara rutin dan cek secara berkala untuk oli transmisi yang sifatnya permanen.

Kemudian, jika anda ingin mendapatkan oli persneling dengan kualitas terbaik, anda bisa mendapatkannya di Cakra Motor 11. Jadi, silahkan anda datang ke Cakra Motor 11 terdekat dari tempat anda.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait