Benarkah Mobil Diesel Tenaganya Lebih Kuat dan Irit Daripada Bensin?

apakah mesin diesel lebih kuat

Cakramotor11.com – Saat ini mobil masih didominasi dengan dua mesin berbahan bakar bensin dan juga diesel. Dua jenis mesin ini merupakan mesin yang sama baiknya namun dengan karakter yang berbeda, ditambah juga penggunaan bahan bakarnya juga berbeda antara solar dan juga bensin. Diluaran sana udah banyak banget nih bang ori temukan asumsi dan pendapat yang mengatakan bahwa kalau mobil diesel atau solar itu lebih bertenaga serta irit bahan bakar.

Apakah mobil diesel tenaganya lebih kuat?

apakah mesin diesel lebih kuat
Sumber: Toyota.astra

Dari sisi tenaga banyak praktisi otomotif dan juga pengamat yang merasakan yang yang kurang lebih sama. Dominan mengatakan mobil diesel memang punya tenaga lebih besar daripada mobil bensin. Karena tipe atau karakter mesin diesel ini punya tipe mesin long stroke sehingga bisa menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mobil berbahan bakar bensin dengan mesin square.

Namun tetap ada sedikit celah kekurangan dari sisi mesin diesel, yang sering masuknya udara ke sistem atau ruang pembakaran jadi bisa mengganggu proses pembakaran. Adanya udara yang masuk ini bisa menyebabkan bahan bakar susah terbakar dan mesin bisa sulit dinyalakan jika sedang kambuh. Kalau sudah begini, cara yang tepat adalah dengan mengeluarkan udara tersebut atau di bleeding.

Apakah mobil diesel bensinnya lebih irit?

bahan bakar solarKalau untuk hal ini memang balik ke hal umum dari cara perawatan mobil, sampai gaya berkendara pengemudi itu sendiri. Tetapi kalau dilihat memang mesin diesel punya kompresi yang tinggi jadi tenaga yang dihasilkan bisa lebih besar per cc bahan bakar. Sehingga karakter ini bisa memberikan sumbangsih efisiensi thermis yang lebih baik daripada mobil bensin. Ditambah kalori pada bahan bakar solar juga lebih besar daripada bensin, jadi setiap solar bisa memberikan tenaga yang lebih besar.

Bosque pilih yang mana?

Semua komparasi singkat ini tidak bermaksud untuk menyudutkan salah satu mesin. Pada dasarnya memang semua punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Seperti contohnya dalam hal emisi, mobil bensin lebih baik dari sisi emisi dan pembakaran alhasil output yang dihasilkan jauh lebih bersih.

Lalu hal yang sering dan umum dirasakan adalah mobil diesel lebih berisih dan lebih banyak getaran, berbeda dengan mobil bensin lebih halus. Serta mobil bensin juga punya akselerasi yang cepat dan responsive serta ringan dan cocok digunakan untuk sehari-hari.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait