Cakra Motor Logo
Search
Close this search box.

Bagikan!

6 Mobil Diesel Paling Irit untuk Sehari-hari dan Harganya

refuel diesel

 

refuel diesel
 

Saat ini banyak orang mencari mobil diesel paling irit untuk dikendarai setiap hari. Mobil berbahan bakar solar tersebut merupakan solusi sejak pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM atau bahan bakar minyak bersubsidi. Sejak kebijakan ini, orang-orang cenderung memilih kendaraan roda empat yang bermesin diesel, Bosque.

Di Indonesia. udah ada beberapa mobil diesel dengan konsumsi bahan bakar irit. Mobil ini cocok buat mobil harian Bosque. Harganya pun beragam, mulai yang relatif terjangkau sampai yang sangat mahal.

Daftar Mobil Diesel Paling Irit

Mau tau apa aja nih mobil diesel yang konsumsi bahan bakarnya irit? Berikut beberapa mobil berbahan bakar solar terbaik yang tersedia di Indonesia.

1. Suzuki Ertiga 2017

Di posisi pertama ada Suzuki Ertiga 2017 yang merupakan mobil bermesin diesel dan punya performa yang andal untuk Bosque kendarai tiap hari. Mobil yang satu ini pake mesin diesel 1.3L.

Suzuki Ertiga 2017 cuman perlu konsumsi bahan bakar kurang lebih 20 km per liter. Angka itu bikin Suzuki Ertiga 2017 jadi mobil yang paling irit di kelasnya.

Emang dari segi mesin, mobil ini gak terlalu besar. Akan tetapi, Ertiga tetep bisa menghadirkan tenaga yang sesuai untuk mobilitas sehari-hari. Desainnya yang compact menjadikan mobil tersebut mampu bermanuver secara lebih mudah di daerah perkotaan.

Lalu berapa budget yang kudu Bosque siapkan untuk membelinya? Suzuki Ertiga 2017 bisa Bosque dapetin di harga sekitar Rp140.000.000,00.

2. Hyundai Santa Fe

Rekomendasi mobil bermesin diesel kedua yang terkenal irit yaitu Hyundai Santa Fe. Mobil ini jadi pilihan terbaik kalau Bosque lagi cari mobil diesel paling irit sekaligus bandel dan punya fitur canggih. Mobil ini juga punya tampilan eksterior dan interior yang elegan.

Santa Fe pake mesin 2.0L atau 2.2L. Mesin ini ngasih konsumsi bahan bakar antara 15 sampai 18 km per liter. Selain itu, performa mesin nya juga cukup andal. Perpaduan efisiensi dan daya menghadirkan mobil yang cocok untuk Bosque kendarai setiap hari.

Buat harganya sendiri emang masih relatif lebih mahal dari para pesaingnya. Tapi jangan khawatir Bosque, untuk fitur-fiturnya lebih canggih dibandingkan mobil yang lain. Bosque bisa mendapatkan mobil ini dengan harga sekitar Rp 570.000.000,00.

3. Kijang Innova Reborn

Mobil diesel paling irit yang satu ini tentu sudah gak terbantahkan. Peminatnya pun juga masih cukup banyak dan harganya masih stabil. Meskipun sudah ada Toyota Innova Reborn mesin bensin, tapi untuk versi mesin diesel tetap menjadi primadona.

Kalau Bosque tertarik buat beli, Bosque bisa pilih seri G maupun V. Selain itu, Bosque juga bisa pilih mau membeli Innova Reborn transmisi otomatis atau manual. Untuk konsumsi bahan bakarnya sudah terbukti irit.

Lalu untuk menempuh rute dalam kota, konsumsi bahan bakarnya yaitu 13 km per liter. Bagaimana dengan tenaganya ya Bosque? Meskipun irit, ternyata mesinnya tetap bertenaga dengan mesin 2GD-FTV yang mampu mengeluarkan 149 HP serta torsi maksimal 360 Nm lho!

Saat ini, Innova sudah tidak menyediakan versi terbaru karena telah menggantinya dengan Zenix yang menggunakan mesin hybrid. Selain itu, untuk harga Innova Reborn dengan mesin diesel sekitar Rp 240.000.000,00. Jika Bosque mau harga lebih murah, Bosque bisa membeli generasi sebelumnya.

4. Mobil Diesel Isuzu Panther

Siapa yang gak kenal mobil andalan Isuzu ini Bosque? Mobil legendaris berbahan bakar diesel ini masih memiliki peminat hingga sekarang. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, ternyata harga Isuzu Panther cukup stabil. Gak salah kalau Isuzu Panther masuk dalam daftar mobil diesel paling irit dan terjangkau.

Apalagi, dari segi perawatannya memang gak ngerepotin pemiliknya. Mobil tersebut dapat julukan sebagai “Rajanya Diesel” karena menawarkan konsumsi bahan bakar yang irit. Untuk generasi terbaru hadir dengan mesin 4 silinder dan berkapasitas 2.500 cc.

Sementara untuk tenaga yang dikeluarkan 80 PS dan torsi maksimal 191 Nm. Bagaimana untuk konsumsi bahan bakarnya? Isuzu Panther generasi terbaru hanya memerlukan 1 liter untuk menempuh jarak kurang lebih 12 km.

Lalu untuk harganya masih cukup terjangkau. Bosque bisa beli mobil ini dengan harga sekitar Rp 80.000.000,00 sampai Rp 100.000.000,00.

5. Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport juga masuk kategori mobil diesel paling irit. Mobil yang termasuk kategori Big SUV ini hadir dalam dua pilihan yaitu 4×2 dan 4×4. Bosque juga bisa pilih apakah mau membeli Pajero Sport transmisi manual atau otomatis.

Mesin yang digunakan Pajero Sport yaitu 4N15 2.4 Turbocharged serta Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 HP dan torsi 430 Nm. Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya 11 km per liter.

Sama seperti Hyundai Santa Fe, mobil ini masih dibanderol dengan harga relatif tinggi. Harga terbarunya sekitar Rp 547.000.000,00. Opsi lain kalau Bosque cari Pajero Sport yaitu bisa beli generasi sebelumnya dengan harga sekitar Rp 180.000.000,00.

6. Toyota Fortuner Diesel

Sebenarnya, Toyota Fortuner hadir dengan dua tipe bahan bakar yaitu bensin dan solar. Tapi, bukan rahasia lagi kalau Fortuner dengan mesin diesel punya peminat yang lebih banyak. Menyadari hal ini, kemudian Toyota memperkenalkan generasi terbaru dengan mesin yang lebih bertenaga.

Toyota Fortuner Diesel generasi terbaru hadir dengan kapasitas mesin 2.800 cm. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 201,1 HP serta torsi maksimal 499,1 Nm. Ternyata torsi sebesar ini bisa Bosque dapatkan di RPM yang relatif rendah yakni 1.600 sampai 2.800.

Buat konsumsi bahan bakarnya, Toyota Fortuner Diesel nawarin 9 km per liter pada rute dalam kota. Sementara untuk rute di luar kota mobil ini nawarin Bosque 11 km per liter. Lalu dari segi harga, Bosque bisa membelinya di angka mulai Rp 560.000.000,00.

Mobil Diesel Paling Irit Mana Favorit Bosque?

Mobil-mobil tersebut sangat cocok untuk menjadi daily car Bosque. Selain karena irit bahan bakar, mesinnya juga bertenaga dan bisa Bosque andalkan untuk bermanuver di jalan raya. Semoga bermanfaat ya Bosque.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait