merawat transmisi manual mobil

Hallo sobat Cakra Motor 11, apakah Anda sudah merawat mobil Anda dengan baik? Jika sudah, admin berikan jempol deh, tetapi kalau untuk yang baru mulai sadar kalau transmisi mobil itu harus dirawat, gapapa kok, kita kasih nih cara merawat transmisi manual mobilnya. Jadi sobat gak perlu takut dan bingung trial error merawat transmisi yang baik bagaimana.

Mobil bertransmisi manual sangat banyak, terutama di Indonesia, karena pengguna setianya terbilang banyak, di hal lain treatment dan harga pembeliannya terbilang lebih murah dari mobil matic. Kita semua tahu ya sobat kalau transmisi ini menjadi pusat penggerak mobil kita, jadi kita tidak boleh mengabaikannya. Cara merawat transmisi manual mobil tidak begitu sulit, kami rasa hal ini penting juga bagi Anda yang baru saja memiliki kendaraan roda empat dan ingin mengetahui cara merawat transmisi mobilnya.

Kami tahu, kalau Anda itu memiliki kesibukan yang super padat, dan menyerahkan semuanya pada layanan service saja. Tetapi ada beberapa acuan supaya mobil tetap sehat dan mencapai perawatan mesin mobil manual yang baik.

Cara Merawat Transmisi Manual Mobil:

  • Rutin secara berkala mengganti oli.

cara merawat transmisi manual mobil

Perawatan dan perbaikan transmisi manual bisa menjadi hajat rutin para pemilik kendaraan roda empat. Dengan mengetahui cara merawat transmisi manual mobil dengan baik, kita bisa membuat mobil jadi lebih awet. Bagian yang pertama adalah menggunakan oli transmisi yang berkualitas, cocok dengan mesin mobil dan harus ASLI. Ada yang mengatakan mengganti oli transmisi manual diantara 40.000k, dan ada juga yang menganjurkan setiap 2 tahun sekali. Tetapi jika tidak sampai 2 tahun, sudah mencapai 40.000km oli bisa langsung diganti, begitupun dengan km belum sampai 40.000km tetapi sudah masuk 2 tahun, oli juga harus diganti.

  • Pastikan memakai oli transmisi yang baik dan ORIGINAL.

Cara merawat transmisi manual mobil selanjutnya adalah menggunakan oli transmisi yang cocok dan ASLI. Gunakan oli transmisi manual mobil yang pas dan cocok dengan mesin. Karena pada dasarnya, untuk mempercepat dan memperhalus penggunaan transmisi, oli dengan bahan dasar full sintetis sangat disarankan. Dan viskositas olinya disarankan lebih encer, agar bisa masuk ke semua komponen mesin dan ke celah yang sangat sempit sehingga memberikan pengalaman perpindahan gear yang halus dan sekaligus memberikan proteksi yang maksimal.

Tidak sampai disana bosque, jika kita ingin beli mobil bekas misalnya, kita juga perlu tahu nih sejarah dari pergantian oli mobil dan transmisinya. Beli mobil bekas mudah dan cepat serta profesional bisa menghubungi Audrey Halim sebagai konsultan pembiayaan kendaraan Anda.

  • Penyetelan Kopling Dengan Baik.

transmisi manual mobil

Merawat transmisi manual mobil tidak susah, padahal salah satu yang paling mudah adalah melakukan penyetelan gear atau kopling yang pas. Kombinasi antara penempatan jarak dari pedal kopling juga harus diatur agar tidak terlalu tinggi sehingga malah membuat perpindahan gear jadi kasar dan secara tidak langsung membuat gear jadi tidak awet. Hal lain juga agar kopling tidak cepat aus, ketika gigi sudah masuk dan kendaraan bergerak, jangan lagi kaki Anda menyentuh pedal kopling, trik ini bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengurangi ausnya kopling mobil.

  • Menggunakan Onderdil Yang Asli.

Merawat transmisi manual bukan terbatas pada menggunakan oli mobil atau oli transmisi yang asli saja tetapi komponen atau onderdil mobil juga harus terjamin. Ketika melakukan pergantian onderdil, pastikan suku cadang tersebut bukan KW alias ASPAL. Suku cadang itu terjamin dalam mengurangi aus dan kerusakan, hal itu karena sudah adanya uji kelayakan dan percobaan bertahun tahun.

Beli Oli Transmisi Mobil yang ORIGINAL cuma di Cakra Motor 11, Free Biaya Jasa pergantian oli di lebih dari 5 lokasi bengkel kami. Belanja Oli Terbaik di Tokopedia kami disini.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait