Mencegah Mobil Mogok Ketika Jarang Digunakan

mencegah mobil mogok dengan rutin memanaskannya

Menjaga mobil tetap prima wajib hukumnya, meskipun jarang digunakan, kali ini kita akan membahas cara mencegah mobil mogok ketika jarang digunakan. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Perkantoran atau PPKM Kembali diperpanjang, mungkin sobat Cakra Motor 11 sedikit sensitif mendengarnya, tetapi hal ini mau tidak mau harus dilakukan ya sobat. Tetapi meskipun kita tidak bepergian ke kantor, ke tempat hangout hingga ke pusat perbelanjaan, tetapi asset kendaraan itu tetap harus dijaga kualitasnya. Lalu bagaimana min menjaga kondisi mobil agar prima?

Dirumah aja akan membuat mobil kesayangan kita terpaksa diam di garasi rumah, buat Anda yang lalai dan tidak menjaga mobilnya, performa bisa saja menjadi turun, dan berbahaya bisa mogok! Kalau sudah tahu begini dengan adanya PPKM dan kita diwajibkan dirumah aja, maka kita perlu tahu cara mencegah mobil mogok ketika jarang digunakan seperti saat ini. Berikut cara mencegahnya.

Rutin Menyalakan Mesin Mobil.

mencegah mobil mogok dengan rutin memanaskannyaCara pertama dalam mencegah mobil mogok ketika jarang digunakan ketika PPKM adalah setiap hari rutin dipanaskan. Kenapa sih min perlu memanaskan mobil, mobil perlu dipanaskan secara rutin dimaksudkan agar semua elemen mobil, mulai dari komponen mesin, oli, hingga kelistrikan tetap prima dan bekerja seperti biasa. Coba kalau kita tidak memanaskan mobil, oli bisa saja lama mengendap, dan hal ini bisa berbahaya sekali kalau oli mengendap, lalu fungsi mesin tidak baik dalam berputar hingga kelistrikan pada aki menurun kualitasnya.

Mengingat bahaya mobil mogok itu bisa menguras pikiran dan tenaga, maka dari itu pencegahan perlu dilakukan. Ingat mencegah mobil mogok ketika jarang digunakan itu tidak sulit, pasalnya hanya 10-15 menit saja mobil dinyalakan. Anda bisa melakukan pekerjaan seperti biasa, untuk bekerja dirumah dan biarkan mobil menyala sebentar, meskipun tidak perlu setiap hari, minimal dua hari sekali harus dipanaskan atau dinyalakan.

Pengecekan Usia Aki Mobil.

Sangat berkaitan sekali pada pencegahan mobil mogok adalah faktor kelistrikan dari aki mobil. Aki terbilang penting dalam sebuah mobil, sulitnya jika aki bermasalah adalah kita sudah pasti bisa masuk ke dalam kondisi berbahaya yaitu mogoknya mobil. Aki mobil jika tidak bisa berfungsi, starter mobil pun tidak akan bekerja dengan baik, lantas pemahaman akan mengetahui usia aki pun terbilang penting ya sobat.

Sebetulnya rata-rata dari pemakaian aki itu bisa bertahan mulai dari 2 tahun hingga 4 tahun tergantung merk. Seperti contoh aki mobil amaron yang lebih terjangkau dengan umur aki bisa sampai dua tahunan, dan aki mobil varta yang memang lebih kompetitif dengan umur aki mobil yang bisa hingga 4 tahunan.

Pengecekan Lampu Indikator Mesin dan Bahan Bakar.

mencegah mobil mogok dengan cek engine checkJangan abaikan lampu indikator atau engine check ya sobat, karena kalau lampu ini menyala saat mobil hidup, berarti ada sesuatu yang sudah mulai tidak beres. Sistem komputerisasi mobil membaca hal ini dan menginformasikan pada pemiilik dengan cara menyala, dan tindakan selanjutnya adalah sesegera mungkin untuk melakukan service atau pengecekan.

Engine Check menyala bisa saja ada permasalan error pada sisi komputerisasi, kerusakan sensor hingga korsleting kelistrikan mobil. Ada hal lain yang juga bisa diperhatikan dengan baik adalah jangan membiarkan tangka bahan bakar mobil kosong. Salah satu cara mencegah mobil mobil ketika jarang digunakan adalah jangan membiarkan tanki mobil kosong.

Jangan biarkan si karat membandel menyelimuti dinding tanki mobil kita. Selain bisa menjaga performa mobil dengan tidak memelihara karat pada system pembakaran, kita juga tidak perlu khawatir untuk tinggal beberapa hari dirumah untuk memanaskan mobil.

Toko Oli Mobil dan AKi Mobil Terbaik di JakartaDirumah aja selama PPKM bisa kok ganti oli sendiri, tapi pastiin juga ya beli oli mobil yang asli di Cakra Motor 11, beli di Tokopedia dan Shopee disini.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait