Pertanyaan yang sering ditanya adalah bolehkah mencuci filter udara mobil? Tentu boleh namun harus tepat caranya sobat. Membersihkan filter udara mobil akan kita bahas dalam artikel kali ini. Sudah banyak banget nih jenis dan merek filter udara di Indonesia, dengan beragam bahan juga. Ada yang dari kertas, kapas, busa, dan juga stainless steel. Masa penggunaan filter udara biasanya dibatasi pada jarak tempuh mobil, tetapi ada juga yang ingin melakukan penggantian lebih cepat karena sudah terlalu kotor.

Meskipun tergolong penggunaan filter udara ini lama, filter udara ini juga perlu dirawat secara rutin dengan dibersihkan. Supaya, fungsinya tetap terjaga dengan baik, ada orang yang membersihkan dengan oli, deterjen atau sabun, hingga hanya dengan air dan juga menggunakan angin.

Membersihkan filter udara dengan udara atau angin bertekanan tinggi bisa dilakukan dengan jarak mulai darai 30 cm. Apalagi untuk bahan stainless, jika terlalu dekat, tekanan angin akan membuat stainless yang terbilang tipis itu berubah bentuk atau bergeser.

Trik Membersihkan Filter Udara

Selain itu, jika sembarangan menyemprot udara atau angin bertekanan tinggi akan menimbulkan goresan. Ya memang tidak berpengaruh langsung terhadap mesin, tetapi dampaknya penggunaan filter udara ini jadi lebih singkat umurnya. Bagi yang berbahan dasar stainless juga bisa dibersihkan dengan menggunakan air bersih. Dengan air ini, filter udara ini bisa hilang dari oli yang membandel dan juga kotoran bisa hilang. Jika sobat sudah tahu cara membersihkan filter udara mobil, kini saatnya kita bahas mengenai tanda kalau filter udara sudah mulai kurang dalam fungsi dan juga harus diganti.

Tanda filter udara harus diganti:

  • Perhatikan Pada Jarak Tempuh

Selain kita membahas cara membersihkan filter udara mobil, kita akan membahas yang tidak kalah penting yaitu tanda dimana filter udara harus diganti. Injak gas terus akan membawa Anda ke banyak lokasi, dan akan membuat jarak tempuh semakin tinggi dan membuat filter udara semakin kotor. Semakin jauh Anda berkendara, filter udara semakin berat kerjanya, dimana filter udara harus bekerja keras menerima partikel-partikel yang masuk.

Berapa bulan sekali bersihkan filter udara mobil?

Filter udara disarankan diganti ketika sudah masuk ke 32.186 sampai 40.233 km ya sobat, eits tapi ini batas maksimal. Untuk pemakaian 16.000 sampai 24.000 jika sudah ingin menggantinya akan jauh lebih baik ya.

  • Tenaga Mobil Sudah Menurun

Jangan sampai kalian tidak peka terhadap tenaga mobil Anda sendiri ya sobat, pasalnya jika sudah mulai menurun, bisa jadi filter udara Anda sudah perlu diganti secepatnya. Periksa segera filter udara mobil Anda, jika sudah dirasa sangat kotor dan tidak mampu lagi menampung partikel yang masuk, kami sarankan jangan membersihkannya, langsung saja menggantinya. Tentu, membersihkan hanya beberapa kali saja ya dalam repetisi servis, jadi, gak rugi dong ganti filter udara jika sudah dirasa perlu.

  • Asap Keluar Dari Knalpot

Keluarnya asap dari knalpot bukan hanya ada masalah pada mesin, tapi bisa jadi filter udara Anda perlu diganti. Karena jika masa penggujnaannya sudah habis dan kotor, bisa menyebabkan kotoran masuk ke ruang pembakaran dan terjadi keluarnya asap mobil yang berwarna abu-abu hingga hitam gelap.

Jangan lupa beli Oli dan Aki mobil hanya di Cakra Motor 11 yang pastinya #sejutapersenoriginal.

Tags: , , , , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.