Bagikan!

Masa Pakai Aki Mobil: Apakah Penting untuk Diketahui?

aki mobil

Aki adalah komponen yang sangat penting dari sebuah kendaraan, termasuk mobil. Peran aki adalah agar mesin dan berbagai komponen elektronik di mobil Bosque bisa hidup dan berfungsi. Tapi, aki juga punya batas umur. Biasanya, durasi masa pakai aki mobil berkisar di angka dua hingga lima tahun, tergantung pemakaian mobil.

Artikel ini akan mengupas tuntas durasi pakai aki mobil sesuai garansi dan tips merawatnya. Simak untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai durasi pakai aki mobil!

Lama Masa Pakai Aki Mobil Sesuai Garansi di Pasaran

Masa penggunaan aki mobil memang terbilang lama. Tapi, penting banget buat Bosque untuk tetap tahu durasi pakai aki mobil berdasarkan garansinya. Tujuannya agar Bosque selalu ingat untuk mengecek kondisi aki secara rutin. Nah, berikut adalah garansi masa aki mobil berdasarkan merek yang ada di pasaran, antara lain:

1. Yuasa

Yuasa adalah merek aki mobil yang berasal dari negara Jepang. Apakah Bosque tahu kalau merek aki mobil yang satu ini cukup terkenal di Indonesia?

Yuasa terkenal sebagai aki yang awet dan kuat. Atas dasar itu pula, Yuasa berani memberi garansi masa pakai aki mobil selama enam bulan setelah pembelian.

Kalau kita perhatikan, durasi garansi aki mobil Yuasa tidak sepanjang kompetitornya. Yuasa menggunakan timah hitam sebagai penyusun dasar sel aki yang membuatnya sebagai merek aki yang berkualitas.

Selain itu, Yuasa juga mengklaim kalau durasi produknya satu tahun lebih awet daripada produk lain.

2. GS Astra

Selain Yuasa, GS Astra juga merupakan merek aki yang berkualitas dan sangat terkenal di Indonesia. Kalau Yuasa adalah produk dari Jepang, GS Astra adalah merek keluaran asli Indonesia.

GS Astra sendiri memberikan garansi masa pakai aki mobil selama tiga bulan. Angka ini tentu lebih sebentar daripada Yuasa.

Namun, GS Astra menawarkan berbagai produk variatif di pasaran. Selain itu, merek oli ini juga lebih tahan terhadap panas dan guncangan dengan harga yang cukup terjangkau pula.

3. Bosch

Bosch adalah salah satu merek yang berani memberi garansi masa pakai aki mobil – selama dua tahun.

Merek aki mobil Bosch memiliki teknologi Alternator Management System (AMS), System Alloy, Absorbent Glass MAT (AGM), dan dilengkapi dengan pelapis yang berbahan kalsium.

Teknologi yang Bosch tawarkan inilah yang membuatnya berani memberi garansi selama dua tahun pasca pembelian. Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan mesin mobil lebih hemat BBM.

4. Amaron

Amaron adalah salah satu merek aki mobil yang populer karena kualitasnya yang bagus. Aki ini memiliki garansi masa pakai aki mobil hingga 18 bulan setelah pembelian.

Aki Amaron ini juga dikenal support dan cocok untuk berbagai mobil keluaran terbaru seperti Mazda Elite Series, Toyota Rush GR Sport, ataupun BMW seri 5.

Kalau Bosque punya mobil keluaran terbaru, Aki merek Amaron bisa Bosque jadikan pertimbangan. Selain itu, Amaron juga sudah menggunakan teknologi Silven X Alloy yang memungkinkannya bisa awet hingga lima tahun.

5. Delkor

Delkor adalah merk aki yang cukup terkenal karena kualitasnya terjamin. Sama halnya seperti Yuasa, Delkor juga punya garansi masa pakai aki mobil hingga 6 bulan lamanya. Walaupun garansinya tidak terlalu lama, namun Delkor cocok digunakan di negara suhu tropis seperti Indonesia.

4 Tips Merawat Aki Mobil Innova agar Awet

Di bawah ini ada empat tips jitu merawat aki mobil agar awet, antara lain:

1. Menggunakan Kendaraan secara Rutin

Tips pertama yang bisa Bosque lakukan untuk merawat aki mobil adalah dengan menggunakan mobil secara rutin. Mobil yang dikendarai secara rutin akan membuat aki dapat bekerja dengan normal. Jika Bosque berhalangan untuk menggunakan mobil secara rutin, Bosque cukup untuk sering memanaskan mobilnya saja.

2. Pastikan Isi Aki Selalu Penuh

Selain menggunakan kendaraan secara rutin, Bosque juga perlu memastikan isi aki selalu dalam kondisi penuh jika menggunakan aki basah. Periksa jumlah air aki secara berkala dan tambahkan air jika diperlukan.

3. Mematikan Alat Elektronik Saat Mesin Tidak Menyala

Mematikan alat elektronik saat mesin tidak menyala adalah salah satu cara yang bisa Bosque lakukan untuk meningkatkan masa pakai aki mobil. Langkah ini perlu Bosque lakukan terutama jika Bosque tidak akan menggunakan kendaraan dalam jangka waktu yang lama.

4. Memeriksa Tegangan Aki secara Berkala

Bosque bisa menggunakan voltmeter untuk mengukur tegangan aki secara berkala. Normalnya, tegangan aki harus berkisar di angka 12,6 hingga 12,8 volt. Lakukan pemeriksaan ini secara rutin.

cakra motor 11

Sudah Paham Pentingnya Tahu Masa Pakai Aki Mobil?

Aki adalah komponen yang mempunyai umur cukup panjang. Namun, hal ini kadang menyebabkan banyak orang abai untuk merawat aki dengan baik. Maka dari itu, penting untuk mengetahui masa pakai aki mobil agar Bosque siap siaga dalam merawat aki di mobil kesayangan.

Jika masa pakai aki sudah lewat, Bosque perlu menggantinya dengan aki baru. Cakra Motor 11 menawarkan aki berkualitas dengan jaminan garansi asli. Selain itu, bonus jasa pasang aki gratis menanti setiap pembelian aki secara online maupun offline. Belanja di Cakra Motor 11 dan dapatkan aki yang cocok buat mobil Bosque.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait